Cara Memakai Fitur ‘Sembunyikan Email Saya’ di iPhone

hide my email iphone

Melalui update iOS 15, Apple mengubah langganan iCloud menjadi “iCloud+” dan memberikan fitur tambahan seperti ‘Private Relay’ (Relai Pribadi) dan ‘Hide My Email’ (Sembunyikan Email Saya). Di sini kami bahas cara mengaktifkan dan memakai fitur ‘Sembunyikan Email Saya’ di iPhone.

Sebelum masuk ke tutorial, tentu ada baiknya mengetahui guna fitur ini. Seperti namanya, fitur ‘Sembunyikan Email Saya’ akan tetap menjaga privasi email pribadimu. Yaitu dengan menggantinya melalui alamat email palsu.

Dengan begitu, ketika kamu membuat akun layanan atau aplikasi, kamu bisa memanfaatkan email palsu tersebut. Sehingga layanan atau aplikasi bersangkutan tidak mengetahui email pribadimu.

Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Fitur ‘Sembunyikan Email Saya’

Sekali lagi, untuk bisa memakai fitur ‘Sembunyikan Email Saya’ di iPhone, kamu atau salah satu anggota keluarga harus berlangganan iCloud+.

Menggunakan ‘Sembunyikan Email Saya’

Ketika kamu mendaftar sebuah layanan atau aplikasi melalui browser Safari, iOS akan secara otomatis menawarkan memakai ‘Sembunyikan Email Saya’ melalui keyboard (biasanya akan muncul di sebelah kanan email pribadi).

  1. Tekan pilihan ‘Sembunyikan Email Saya‘ itu. Kamu akan melihat alamat “email palsu iCloud.”
  2. Tekan tombol ‘Lanjutkan‘ untuk mengaktifkannya.
  3. Kemudian kamu akan melihat informasi soal alamat tersebut, termasuk ke mana email dari layanan bersangkutan akan diteruskan. Tekan tombol ‘Gunakan‘ jika kamu memang ingin memakainya.

Nantinya, ketika kamu login layanan atau aplikasi bersangkutan, iOS akan menawarkan akun dengan alamat iCloud palsu itu melalui keyboard (sesuai nama akun yang kamu buat).

Seperti saya sebut di atas, sampai artikel ini ditulis, iOS menawarkan alamat email palsu iCloud secara otomatis. Tapi kamu bisa memilih untuk membuat sendiri alamat itu.

Cara Membuat “Alamat Palsu” iCloud

  • Buka ‘Pengaturan.’
  • Masuk ke akunmu.
  • Masuk ke pilihan ‘iCloud.’
  • Tekan pilihan ‘Sembunyikan Email Saya‘.
  • Kamu akan melihat alamat email baru.
    • Tekan ‘Lanjutkan’ jika puas dengan nama di alamat email itu.
    • Tekan ‘Gunakan alamat lain’ jika ingin menggantinya.
  • Kamu bisa memberi label dan catatan sebagai pengingat.
  • Tekan ‘Berikutnya’ dan tekan tombol ‘Selesai.’

Ada dua hal yang perlu kamu ketahui ketika kamu membuat alamat sendiri. Pertama, iOS tetap menentukan nama alamat email. Kedua, alamat tersebut tidak muncul di saran akun pada keyboard iOS (kamu harus copas dari halaman Pengaturan). Jadi agak repot.

Itulah cara memakai fitur ‘Sembunyikan Email Saya’ di iPhone. Fitur ini jelas merupakan salah satu fitur menarik, terutama jika kamu peduli dengan privasi. Yah, tentunya kalau kamu langganan iCloud+.

%d blogger menyukai ini: