Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Bagaimana Cara Membuat Bio Instagram Yang Bagus

instagram bio iphone
Anom Penulis

Apa kamu bingung bagaimana membuat bio Instagram yang bagus? Tenang. Kamu tidak sendirian. Hal ini sering terjadi pada semua orang.

Perlu kamu perhatikan, apa yang kamu tulis di bio akan menentukan sejauh apa kesuksesan akun Instagram milikmu dalam jangka panjang.

Tidak mengherankan, karena bio adalah hal pertama yang orang lihat ketika mereka membuka profilmu. Pengunjung akan membuat asumsi berdasar kualitas informasi yang mereka temukan di sana.

Bio juga menjadi tempat kamu memperkenalkan siapa kamu pada pengunjung dan konsumen potensial. Pada dasarnya, kamu harus membuat bio tersebut berkesan dalam pandangan pertama. Hm, bagaimana melakukannya?

Sekali lagi, tenang. Di sini kami akan mengajakmu membahas:

  • Apa itu Bio Instagram
  • Apa yang membuat bio Instagram tampak bagus
  • Tip menulis bio Instagram yang baik untuk profilmu

Mari kita mulai.

Apa itu Bio Instagram?

Bio Instagram merupakan bagian dari halaman profil yang mencakup informasi singkat tentang dirimu atau bisnismu. Bio terletak di bawah username Instagram.

Meskipun beberapa orang menggunakan satu akun Instagram baik untuk kebutuhan personal dan bisnis, hal itu tidak ideal. Akan lebih baik jika kamu punya akun terpisah untuk konten personal dan bisnis.

gambar: Instagram

Pada umumnya, akun bisnis dan personal harus terlihat beda. Begini penjelasannya.

Pada bio untuk bisnis, kamu harus menulis dengan jelas informasi bisnis dan hal lain yang memungkinkan konsumenmu bertambah, dan juga memungkinkan hubungan terjalin antara kamu dan calon konsumen.

Sedangkan untuk bio personal, kamu bisa lebih fokus pada hal yang lebih pribadi dan apa yang kamu sukai.

Nah, pada bio akun bisnis, kamu bisa menambahkan deskripsi singkat soal bisnismu, alamat situs web, dan informasi kontak. Lalu, kamu juga bisa menambah hashtag dan emoji, jika hal itu bisa membuat informasimu lebih baik.

Harap kamu ingat, tulis bio Instagram tidak lebih dari 150 karakter. Jadi pastikan setiap kata berarti.

Karakteristik Bio Instagram Yang Bagus

Banyak pengguna Instagram hanya melihat sekilas pada bio dan foto sebelum mereka memutuskan apakah mau mengikuti atau tidak. Kalau bio milikmu keren, mereka akan melihat konten yang ada dan kemungkinan akan tertarik. Kalau tidak, kamu hanya akan jadi sebatas pengguna lain bagi mereka.

gambar: Instagram

Jadi, apa yang membuat sebuah bio Instagram kelihatan bagus? Yah, jawabannya mungkin subyektif. Tapi berikut beberapa faktor yang harus ada di bio Instagram.

1. Informatif

Bio Instagram yang bagus harus bisa menjelaskan dengan mudah siapa kamu atau bisnismu, dan apa unique selling preposition bisnis yang kamu jalankan. Kamu juga bisa menulis apa pencapaianmu dan siapa konsumenmu.

Kalau kamu seorang infuencer, kamu bisa menambahkan informasi produk, acara mendatang, kolaborasi, info terbaru, dan seterusnya.

Jika kamu menaruh informasi yang sesuai, maka pengunjung bisa penasaran untuk tahu lebih jauh. Dengan begitu, mereka akan melihat gambar, Story, dan juga reels milikmu.

2. Mudah Dibaca

Bio Instagram-mu harus mudah dibaca. Faktor ini lebih penting dari faktor yang lain. Kenapa? Karena tingkat perhatian orang di media sosial cukup pendek. Ketika mereka menyadari sudah cukup memahami bio-mu, mereka bisa lanjut ke hal lain.

Tentu, untuk membuat bio mudah dibaca, kamu harus menjaganya tetap pendek dan sederhana. Kamu bisa melakukannya dengan memakai bahasa sehari-hari, menggunakan poin, dan menerapkan jarak antar kalimat untuk memudahnya gampang dibaca.

Kamu juga bisa menggunakan simbol untuk memisah kata. Emoji akan sangat membantu memberi arti dan membuatnya sederhana.

3. Menarik

Punya bio yang menarik sangat penting untuk profil bisnis. Tujuannya adalah menarik orang pada produk atau layananmu. Menyelipkan humor bisa jadi salah satu pilihannya.

Namun hati-hati supaya jangan terlalu santai. Sebagai sebuah bisnis, kamu tetap harus punya kesan formal dan profesional.

Cara lain yang bisa kamu pakai untuk membuat bio menarik adalah dengan memberi informasi yang inspiratif atau detil info produk dan layanan secara singkat. Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan kalau kamu memang ahli di bidang itu, tanpa terlihat seperti iklan.

4. Singkat

Ingat, walau kamu harus membuat bio semenarik dan sejelas mungkin, kamu hanya punya ruang yang kecil untuk melakukannya.

Kamu harus menuang semuanya dalam 150 karakter, yang merupakan batas maksimal bio Instagram. Jadi, kamu harus bisa menulisnya secara singkat dan jelas.

Bagaimana Membuat Instagram Bio Yang Profesional dan Bagus

Sekarang mari kita lihat langkah demi langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Buat Profil Bisnis

Kalau tujuanmu mempromosikan bisnis lewat Instagram, tentu kamu harus menggunakan setelan bisnis di Instagram.

Pengaturan ini memungkinkan kamu mengakses berbagai fitur tambahan yang tidak tersedia untuk penggua biasa. Pada akhirnya, fitur ini akan meningkatkan engagement dan membantumu menambah penjualan.

Jadi, hal pertama yang harus kamu lakukan (kalau belum) adalah mengubah akunmu jadi akun bisnis.

Cara mengubah ke akun bisnis:

  1. Buka profil dan klik ikon di pojok kanan atas
  2. Tekan ‘Pengaturan’
  3. Lalu tekan ‘Akun’
  4. Di bagian bawah, tekan ‘Ubah Jenis Akun’
  5. Tekan ‘Lanjutkan’
  6. Pilih kategori bisnis dan tekan ‘Selesai’
  7. Tekan ‘OK’ untuk konfirmasi.
  8. Kemudian tekan ‘Bisnis’.

Gunakan Kata Kunci di Nama

Karena nama Instagram-mu bisa dicari, maka kamu sebaiknya menulisnya dengan menyertakan kata kunci populer yang berhubungan dengan bisnismu. Kotak nama berbeda dengan username dan akan menghabiskan 30 karakter pertama di bio Instagram-mu.

gambar: Instagram

Cari kata kunci yang kira-kira dipakai oleh calon konsumen waktu mencari secara online. Kamu juga bisa mencari apa emoji yang populer dan menggunakannya jika perlu dan pantas.

Contohnya, jika kamu seorang fotografer pernikahan, kamu bisa menulis: “Fotografer Pernikahan di Jakarta”. Hal ini akan memastikan akunmu muncul ketika ada yang mencari fotografer pernikahan di Jakarta.

3. Pilih Username yang Mudah dan Jelas

Username milikmu juga harus mudah diucapkan dan dipahami. Lalu, kamu juga harus memastikan username berhubungan dengan nama bisnismu.

Tapi, kalau kamu tidak bisa memakainya jika sudah ada yang menggunakan, coba buat yang lain dengan sesuatu yang menarik dan menggambarkan bisnismu.

Sebagai contoh, kalau kamu menjalankan bisnis kurir makanan di Instagram, tapi nama “Cepat Makan” sudah dipakai, maka kamu bisa memilih “Gampang Makan” atau “Segera Makan”.

4. Pakai Gambar Resolusi Tinggi

Sebelum bio, gambar profil adalah hal pertama yang orang lihat. Mereka akan segera melihat foto profil dan bio dalam jangka waktu beberapa detik.

Untuk itu, kamu harus memastikan gambar yang jelas dan tajam di sana. Untuk bisnis, menggunakan logo perusahaan sangat direkomendasikan.

Artinya logo bisnismu juga harus berkualitas tinggi. Desain juga harus menggambarkan bisnismu. Tapi jika bisnis ini lebih bersifat personal (bukan perusahaan), seperti musisi atau seniman, kamu bisa pakai fotomu sendiri yang jelas.

5. Menulis BIO

Nah, inilah pusat dari profil Instagram-mu. Bio Instagram yang kamu tulis akan memberikan efek yang panjang bahkan walau dilihat hanya beberapa detik.

Bio harus dengan mudah menggambarkan apa bisnismu, apa layanan atau produknya, dan kenapa mereka harus memilihmu. Selain itu, bio juga sebaiknya meyakinkan orang untuk mengikuti akunmu dan jika mungkin mengunjungi situs web bisnismu atau melihat kontenmu lebih jauh.

Berikut beberapa tips membuat bio Instagram:

  • Tulis bidang jasa: Jika kamu bergerak dalam profesi industri tertentu, atau kamu dikenal memberikan jaa tertentu, maka penting untuk membuatnya jelas di bio Instagram. Ini akan membuatmu lebih terhubung dengan audiens yang tepat.
gambar: Instagram
  • Sebut keahlian dan pengalaman: Menyebut keahlian dan pengalamanmu akan membantu meningkatkan kepercayaan target audiens, memberi mereka pandangan lebih dalam pada penawaranmu.
  • Pancing untuk mengambil tindakan: Entah itu untuk mengikutimu atau membeli produkmu, kamu harus memberitahu mereka apa yang bisa mereka lakukan setelah membaca bio.
gambar: Instagram
  • Gunakan link di bio: Meletakkan link di bio memberikan kesempatan kamu mengarahkan pengunjung ke website, toko online, atau tempat penting lainnya.
gambar: Instagram

Kesimpulan

Memiliki bio Instagram yang baik menghasilkan banyak keuntungan. Merek bisnismu tidak hanya akan mendapat sorotan sebaik mungkin, tapi juga memberikan kesempatan lebih baik dalam menawarkan produk atau jasa pada audiens yang lebih luas.

Ingat, bio Instagram bukan untuk bicara panjang lebar soal usahamu. Audiens ingin tahu apa yang mereka dapatkan ketika mengikutimu. Jadi beritahu mereka sejelas mungkin apa manfaat mengikuti akun Instagram bisnis-mu.

Tapi, si atas semua itu, buatlah bio yang mudah diingat dan menarik. Jangan takut membuatnya unik dan menyenangkan.