Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Fitur Reels Sekarang Sudah Ada di Aplikasi Facebook Android & iOS

Indri Penulis

Meta resmi meluncurkan fitur Reels ke aplikasi Facebook. Fitur tersebut kini bisa diakses di aplikasi Android & iOS di lebih dari 150 negara.

Sebagai pengguna media sosial, kamu pasti familiar banget sama TikTok ya. Aplikasi yang di awal kehadirannya sering dicap ‘alay’ ini, kini telah menjelma menjadi salah satu raksasa media sosial di dunia.

popculture.id

Saking booming-nya TikTok saat ini, nggak heran kalau platform lain mulai menjiplak fitur-fiturnya. Salah satu contohnya adalah Instagram yang meniru TikTok lewat fitur Reels-nya. Walau fiturnya belum selengkap TikTok, tapi basis pengguna Reels bisa dibilang sangat besar lho. Apalagi dia memang gabung jadi satu di aplikasi Instagram.

Nah menariknya, sekarang fitur Reels nggak cuma bisa diakses di Instagram lho. Karena baru-baru ini Meta resmi meluncurkan fitur Reels ke aplikasi Facebook Android dan iOS. Dilansir dari The Verge, fitur tersebut akan diluncurkan di lebih dari 150 negara (untuk sementara ini baru tersedia di aplikasi Facebook AS).

Selain memperluas akses Reels, Meta juga menambahkan fitur pengeditan baru ke dalam Facebook Reels. Contohnya sekarang pengguna Facebook Reels akan bisa ‘me-remix’ video orang lain (duet bareng mereka) dan mengunggak klip berdurasi hingga 60 detik layaknya Instagram Reels. Pengguna Facebook Reels juga bisa menyimpan draf.

Meta rencananya akan menambahkan alat kliping video baru dalam beberapa bulan mendatang. Fitur tersebut akan memudahkan konten kreator jika ingin menerbitkan video rekaman langsung/berdurasi panjang ke Facebook Reels.

Tak berhenti sampai di situ, Meta juga telah menambahkan lebih banyak opsi iklan ke Facebook Rees. Setidaknya ada dua format iklan baru yang hadir di Facebook Reels.

Format pertama adalah banner iklan yang muncul dalam bentuk semi-transparan di bawah Facebook Reels. Sedangkan format yang kedua adalah stiker iklan statis yang bisa ditempatkan kreator di mana saja.

Meta mengatakan jika mereka nantinya akan memberi konten kreator akses ke program penempatan iklan otomatis, dan meluncurkan fitur Star (cara buat penggemar agar bisa langsung berdonasi ke konten kreator).

Lebih lanjut, Meta juga membeberkan dalam beberapa minggu lagi, pengguna akan bisa membagikan Reels ke lebih banyak tempat di Facebook (termasuk ke Stories dan tab Watch).

    %d blogger menyukai ini: