6 Bahaya WiFi untuk Kesehatan

Indri Penulis

Halo Urban People, istilah WiFi saat ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karena kini hampir semua perangkat elektronik bergantung dengan koneksi WiFi. Dimulai dari smartphone, laptop, tablet, TV, atau kulkas pintar juga bergantung pada WiFi.

Meskipun kegunaan WiFi ini sangat luas. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau WiFi bisa memberikan dampak negatif buat manusia. Terutama masalah kesehatan.

Penggunaan WiFi secara terus menerus tentu saja mengakibatkan tubuh manusia terpapar radiasinya juga. Ini bukan sekedar omong kosong belaka. Melainkan sudah ada banyak penelitian yang hasilnya seperti itu.

WiFi sendiri memang akan dapat memberikan berbagai bantuan seperti kepraktisan serta kecepatan transfer data ketika kita mengakses internet. Tapi dibalik sisi positifnya itu, kalian tetap harus bijaksana dalam menggunakan WiFi. Jadi nanti kalian tidak akan mengalami dampak berbahaya dari paparan radiasi WiFi ini.

Kami telah merangkum beberapa bahaya WiFi untuk kesehatan manusia. Berikut enam diantaranya.

Bikin Kalian Susah Tidur

Sumber Gambar : UT Health San Antonio

Paparan dari radiasi WiFi ini akan menyebabkan kalian insomnia alias susah tidur. Hal itu disebabkan oleh gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari WiFi akan dapat mempengaruhi gelombang yang ada dalam otak kalian. Jadinya kalian nanti bakal lebih sulit tidur.

Menyebabkan Pusing Kepala

Sumber Gambar : Hello Sehat

Paparan gelombang elegtromagnetik ternyata juga bisa menyebabkan kalian tiba-tiba pusing. Mungkin buat kalian yang sehari-hari sering bekerja atau menggunakan perangkat yang terhubung dengan WiFi, pasti sesekali pernah merasa kepala berat atau mungkin vertigo. Hati-hati, bisa jadi itu pengaruh  dari radiasi WiFi.

Menurunkan Fungsi Otak

Selama ini telah ada banyak ilmuwan di dunia yang melakukan penelitian tentang WiFi. Salah satunya adalah ilmuwan di Denmark.

Mereka sebelumnya pernah menguji radiasi 4G pada fungsi otak manusia pada tahun 2013 dengan memanfaatkan teknologi MRI. Dan hasilnya lumayan mengejutkan. Dimana otak manusia yang terpapar radiasi 4G justru langsung mengalami penurunan fungsi dan juga aktivitas di otaknya.

Bisa Menurunkan Kesuburan

Sumber Gambar : Friso

Ini bahaya yang sangat serius sebenarnya. Soalnya kesuburan wanita ternyata juga bisa terancam oleh paparan radiasi WiFi lho.

Jadi frekuensi yang dihasilkan oleh WiFi ini nanti bisa mencegah implantasi sel telur pada wanita. Bahkan juga bisa menyebabkan kehamilan abnormal. Mengerikan bukan?

Salah Satu Penyebab Kanker Payudara

Sumber Gambar : Hello Sehat

Walaupun hal ini sebenarnya masih perlu dikaji ulang, tapi ada fakta ilmiah yang menyebutkan jika gelombang elegtromagnetik dari WiFi dapat meningkatkan resiko pengembangan tumor.

Dulu pernah ada satu kasus dimana seorang perempuan berusia 21 tahun yang mengidap kanker payudara. Padahal sebelumnya, riwayat keluarganya sama sekali tidak ada yang terkena kanker payudara. Tapi fakta mengejutkan adalah letak sel kanker itu berpusat di area tempatnya biasa menaruh smartphone di bra.

[irp posts=”30915″ name=”Aplikasi Wifi Commander Membantu Melihat Jaringan HotSpot”]

Menurunkan Kualitas Sperma

Bukan hanya wanita saja yang kena dampak dari radiasi WiFi, pria juga bisa kena dampaknya. Jadi sebenarnya bukan hanya panas laptop saja yang bisa membunuh sperma. Tapi radiasi WiFi juga bisa mengurangi gerakan sperma. Sehingga bisa menyebabkan fragmentasi DNA nantinya. Walaupun hal ini juga bisa berlaku pada hewan dan tumbuhan.

Mengerikan sekali bukan ancaman dari radiasi WiFi? Tapi percayalah, kalau masalah yang ada pasti selalu diiringi dengan solusi.

Kalian bisa menanggulangi atau meminimalisir efek buruk WiFi dengan melakukan beberapa hal, misalnya saja dengan mematikan router WiFi jika tidak menggunakannya, menggunakan jaringan kabel, mengurangi pemakaian gadget, dan yang paling penting adalah jangan lupa selalu terapkan pola hidup sehat.

Nah itulah beberapa efek negatif yang ditimbulkan dari radiasi WiFi. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

    %d blogger menyukai ini: