Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Bantahan Instagram Terkait Uji Coba Fitur “Regram” ke Linimasa

Indri Penulis

Beberapa waktu lalu, Instagram sempat dilaporkan atas kegiatan uji coba fitur repost/regram. Fitur tersebut memungkinkan pengguna, untuk membagikan postingan asli dari akun lain ke linimasa mereka.

Kabar tersebut pertama diekspos ke laman The Verge, Kamis (20/9/2018). Dalam laporan tersebut, mereka mengaku telah mendapat dua tangkapan layar (screenshoot).

popculture.id

Dua tangkapan layar tersebut berasal dari kiriman, yang di-repost menggunakan sebuah fitur khusus. Fitur ini bila dalam internet Instagram, disebut dengan ‘seamless sharing’.

Namun, sebagaimana yang telah dikabarkan oleh Mashable, Sabtu (22/9/2018), perwaklian Instagram justru membantah melakukan uji coba fitur repost.

Sedangkan The Verge, walaupun mereka mengaku telah mendapat tangkapan layar fitur repost dari sebuah akun bisnis, namun laporan tersebut tidak disertai dengan lampiran foto yang akurat.

Laporan sebelumnya, menjelaskan bila dalam fitur tersebut ada opsi ‘share to feed’. Opsi tersebut ada dalam menu dengan ikon titik tiga vertikal, yang terletak di sudut kanan atas setiap postingan.

Sumber Gambar : John Rosato

Selanjutnya, kiriman yang dibagikan ulang akan muncul ke dalam feed pengguna. Berita tersebut juga mengklaim, bahwa sebuah kiriman dapat di-repost sebanyak dua kali.

Selain itu, username pengguna yang akan membagikan postingan tersebut, juga akan muncul di atas postingan.

Fitur tersebut memang telah lama menjadi rumor. Dikabarkan fitur regram akan hadir di Instagram sejak awal tahun ini.

Namun pihak Instagram justru akhirnya hanya merilis fitur berbeda. Fitur tersebut adalah berbagi postingan dari feed ke story. Fitur ini telah dirilis pada bulan Juni lalu.

Sementara itu, sampai saat ini pengguna Instagram lebih memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga, untuk berbagai postingan asli ke linimasa mereka.

[irp posts=”55096″ name=”Facebook dan Instagram Sepakat Akan Blokir Pengguna Dibawah Umur”]

Co-Founder Instagram, Mike Krieger sempat mengatakan bahwa, apabila repost kiriman di feed Instagram kemungkinan tidak akan sesuai dengan pengguna.

Fitur ini bisa saja membuat orang-orang merasa jika konten feed Instagram mereka, tidak seperti yang mereka inginkan,” jelas Krieger.

Krieger bahkan pernah mengatakan, bila dalam internet Instagram, hadirnya fitur repost akan menjadi perdebatan banyak pihak.

Oleh sebab itu, keputusan akhir dari perusahaan Instagram adalah, mereka akan tetap fokus untuk menjaga feed, sesuai dengan akun yang mereka inginkan. Bukan melihat kiriman yang dibagikan dari orang tidak dikenal.

Tidak dirilisnya fitur regram ke dalam Instagram, berkaca pada kejadian serupa yang dialami Facebook dan Twitter.

Sebelumnya, Facebook dan Twitter telah menghadirkan fitur repost. Walaupun ada beberapa sisi positif, namun hal tersebut justru dapat memberi ruang bagi berita palsu (hoax).

Oleh karena itu, tidak heran bila hingga saat ini banyak berita hoax mudah menyebar di platform tersebut.

Walaupun begitu, tidak dapat dipungkiri bila banyak pengguna Instagram, yang menantikan fitur regram postingan dihadirkan dalam Instagram.

Namun sebagai alternatif, pengguna dapat mencoba beberapa aplikasi dari pihak ketiga untuk regram postingan di Instagram. Aplikasi regram tersebut antara lain:

Repost for Instagram

Aplikasi dapat digunakan secara gratis pada Android. Setidaknya telah ada 1 juta pengguna yang mengunduh aplikasi tersebut.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Pengguna hanya perlu login menggunakan akun Instagram pada aplikasi tersebut.

Selanjutnya akan muncul foto dan video, dari akun yang diikuti. Silakan pilih foto maupun video yang ingin di-repost. Di bawah foto atau video tersebut terdapat tombol untuk repost.

Download

Download

InstaRepost – Repost Instagram

Aplikasi ini mempunyai tampilan hampir mirip dengan Instagram. Selain itu, InstaRepost telah diunduh sekitar 500 ribu orang.

Tersedia sebuah tombol di bawah foto atau video. Tidak hanya itu saja, terdapat pula tombol untuk menyimpan foto atau video Instagram ke smartphone.

Download

Download

    %d blogger menyukai ini: