7 Barang yang Terancam Punah dan Tergantikan oleh Smartphone

Indri Penulis

Internet of Things (IoT) telah diawali dengan mulainya tergantikan era featured phone oleh smartphone. Sementara itu, perkembangan pesat di era teknologi terkait IoT memang sangat memudahkan hidup manusia.

Bahkan karena mudah dan praktisnya teknologi saat ini, ada banyak hal yang dulu digunakan, kini ditiadakan. Beberapa benda tersebut saat ini telah digantikan fungsinya dengan smartphone.

Berikut telah kami rangkum, 7 barang yang terancam punah karena tergantikan oleh smartphone:

Buku Bacaan

Sumber Gambar : Pixabay

Sejak dunia mengenal Bookmate dan Scoop, banyak orang menjadi tidak pernah membeli buku di toko buku. Selain itu, ada alasan lain mengapa banyak orang enggan membeli buku.

Buku memang dapat memenuhi ruangan. Semakin banyak buku yang dipunyai, maka ruangan akan semakin penuh. Selain itu, buku relatif lebih berat ketika dibawa.

Apabila menggunakan Scoop, maka ketika kalian membeli buku sebanyak apapun, akan tetap gampang ketika dibawa. Selain itu, pengguna dapat membaca buku kapan pun dan dimana pun.

Walaupun begitu, ada pula beberapa orang yang masih gemar membeli buku. Tidak dapat dipungkiri, buku bacaan memang mempunyai nilai yang khas.

Surat

Sumber Gambar : Kopi Ireng

Semenjak internet berkembang pesat, surat konvensional memang sudah mulai tergantikan dengan email. Bukan hanya itu saja, bahkan ucapan hari raya saat ini telah banyak disebar melalui media sosial.

Sementara itu, komunikasi dengan kerabat jauh akan lebih mudah dan murah. Hal ini disebabkan ada banyak aplikasi chatting serta media sosial yang ada dalam smartphone.

Beberapa media sosial yang dapat memudahkan komunikasi antara lain BBM, WhatsApp, Line, dan lainnya. Media sosial tersebut membuat jarak menjadi sangat dekat.

Album Foto

Sumber Gambar : Cetak Foto Album Kolase

Semenjak mengenal Facebook dan Instagram, mungkin banyak foto kenangan bersama orang-orang akan diunggah kesana.

Selain itu, sejak smartphone dibekali dengan kamera berkualitas bagus, membuat banyak orang semakin eksis dalam media sosial.

Selain itu merepotkan, semua foto akan dapat disimpan dimana pun. Foto-foto tersebut lebih awet, dan tidak rusak seperti halnya kalian mencetak foto.

[irp posts=”49749″ name=”4 Benda yang Pernah Menjadi Kebanggaan Para Gamers 90an”]

Walkman

Sumber Gambar : Turbo Squid

Walkman banyak digunakan mereka yang hidup di tahun 90-an. Pada waktu dulu, Walkman menjadi barang yang mewah.

Hal ini disebabkan karena Walkman merupakan alat pemutar musik, yang dapat dibawa kemana saja. Namun saat ini, Walkman telah tergantikan oleh smartphone.

Saat ini orang akan lebih mudah untuk mengunduh lagu, kemudian menyimpannya dalam jumlah yang sangat banyak di dalam smartphone.

Televisi

Sumber Gambar : Gerimis Titisan Hujan

Pada waktu dulu, mempunyai televisi merupakan suatu kebanggaan. Selain dapat mendapatkan banyak berita informatif, televisi juga menayangkan banyak hiburan.

Namun saat ini, banyak orang yang hampir tidak pernah menonton televisi lagi, terlebih anak muda. Mereka lebih suka streaming YouTube atau Netflix untuk melihat acara yang diinginkan.

Selain dapat menghindari resiko berebut remote televisi dengan anggota keluarga lain, streaming juga lebih praktis.

Hal ini karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Selain itu, bila mengincar acara tertentu, pengguna dapat mengunduh acara tersebut, dan menonton di smartphone lain waktu.

Koran

Sumber Gambar : Tutur Visual dan Infografik

Waktu dulu, koran mungkin menjadi sumber informasi utama masyarakat. Namun saat ini, koran sudah mulai tergantikan dengan berbagai website berita. Website-website berita tersebut dapat diakses dengan mudah melalui smartphone.

Bahkan banyak media ternama yang mencetak koran, saat ini mulai menyadari akan hal ini. Hal tersebut membuat mereka lebih memperhatikan layanan berita online, serta aplikasi berita yang mereka punya.

[irp posts=”54657″ name=”Mereka Yang Menolak Punah Di Tengah Perkembangan Teknologi Digital”]

Buku Catatan

Sumber Gambar : Alat-alat Kantor

Mungkin saat ini di sekolah, pelajar masih menggunakan buku catatan. Namun hal ini hampir tidak pernah berlaku dalam kantor.

Penggunaan buku catatan dalam kantor tentunya tidak akan efektif. Karena akan dibutuhkan banyak buku catatan nantinya.

Saat ini banyak orang yang membuat catatan dalam smartphone atau laptop. Dengan begitu, semua informasi yang mereka dapatkan, tidak perlu disimpan ke dalam berlembar-lembar kertas atau buku.

Selain itu, buku juga bisa menambah beban bawaan dan bisa rusak. Dengan menggunakan buku catatan elektronik, akan membuat banyak catatan bisa diakses dengan mudah.

Itulah 7 barang yang hampir punah karena tergantikan oleh smartphone. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

    %d blogger menyukai ini: