Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Battery Saver di Windows Phone 8.1

Anom Penulis

Masih dengan petualangan preview developer Windows Phone 8.1. Sudah cukup panjang perjalanan kita. Sekarang ijinkan saya membahas fitur Battery Saver di Windows Phone 8.1. Kenapa harus dibahas? Karena fitur ini berhubungan dengan salah satu fitur yang ditiadakan.

Battery saver adalah sebuah aplikasi yang membantu kita mengontrol penggunaaan baterai ponsel kita. Battery saver akan membatasi fitur atau aplikasi yang bekerja di latar belakang saat baterai ponsel kita tinggal sedikit.

popculture.id

Di battery saver ini kita bisa melihat sedikit lebih jauh soal kondisi baterai kita saat ini. Berapa persen, perkiraan waktu sampai habis, dan waktu dari terakhir di-charge. Memang informasi ini tidak terlalu akurat. Karena bagaimanapun kondisi baterai tergantung pada kegiatan yang kita lakukan dan kekuatan sinyal yang kita punya.

Kegiatan yang kita lakukan tentunya berhubungan dengan aplikasi yang berjalan. Baik yang aktif maupun yang bekerja di latar belakang (background). Nah, kalau di Windows Phone 8 ada pilihan background task di setting, di Windows Phone 8.1 fitur tersebut digabung di battery saver. Kalau kamu buka battery saver dan swipe kanan, maka akan terlihat halaman usage yang menunjukkan aplikasi apa saja yang menggunakan baterai.

Selebihnya tidak jauh berbeda dengan fungsi background task. Kita bisa memilih aplikasi apa saja yang kita ijinkan berjalan di background supaya tidak menyedot baterai. Kalau mau, kita juga bisa memilih untuk mengijinkan sebuah aplikasi tetap bekerja bahkan saat battery saver berjalan. Tapi kurang dianjurkan sih.

Sejauh yang saya lihat, kinerja battery saver di preview developer Windows Phone 8.1 masih belum maksimal. Ada aplikasi yang sudah saya hentikan berjalan di background, masih menunjukkan konsumsi baterai yang tinggi untuk kerja background.

    %d blogger menyukai ini: