Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Beberapa Fitur Asik Dari Update Windows 11 2022 (22H2)

Gambar: Microsoft
Anom Penulis

Microsoft meluncurkan update Windows 11 2022 atau dikenal juga dengan nama versi 22H2. Di dalam pembaruan ini hadir beberapa fitur menarik, misalnya pilihan Start Menu atau File Explorer baru.

Update ini merupakan pembaruan besar pertama bagi Windows 11 yang rilis tahun lalu. Windows 11 sendiri sudah menghadirkan perubahan besar pada sistem operasi terbesar untuk komputer ini. Jadi tentunya sangat menarik melihat pembaruan fitur apa saja yang hadir.

popculture.id

Pengaturan Start Menu

Kini kamu bisa mengatur aplikasi yang disematkan ke Start Menu dalam folder. Jadi kamu bisa mengelompokkan jenis aplikasi jika kamu mau.

Selain itu, kamu juga bisa memilih apakah ikon aplikasi yang kamu sematkan hadir lebih banyak dari Rekomendasi File atau sebaliknya. Tapi kamu tetap tidak bisa menghapus salah satu bagian seluruhnya.

Kamu tetap harus menggunakan cara khusus jika ingin menghapus bagian Rekomendasi di Start Menu Windows 11.

Lalu ada dukungan gestur baru untuk pengguna layar sentuh. Kamu bisa swipe ke atas dari batas bawah untuk memunculkan Start Menu dan swipe ke bawah untuk menyembunyikannya lagi.

Begitupun geser ke samping untuk membuka Daftar Aplikasi, geser dari sudut kanan untuk membuka Quick Setting, dan geser dengan 3 jari ke kanan/kiri untuk melihat riwayat aplikasi.

Snap Layout untuk Layar Sentuh

Microsoft juga membuat akses ke fitur Snap Layout lebih mudah untuk pengguna layar sentuh. Kini kamu bisa menggeser aplikasi ke atas untuk mengakses pilihan Snap Layout.

Pengaturan Fokus dan Do Not Disturb

Microsoft juga memperkenalkan sesi Fokus (Focus Session) dan fitur Jangan Ganggu (Do Not Disturb) untuk mengurangi gangguan saat pengguna bekerja di komputer mereka.

Ketika Do Not Disturb aktif, Windows akan membisukan notifikasi dan menyembunyikan label di ikon Taskbar. Selain itu, fitur ini juga berhubungan dengan aplikasi Jam dan bisa mengingatkan kamu untuk istirahat.

Drag & Drop di Taskbar Kembali

Ya. Pada saat melakukan debutnya, Windows 11 tidak memungkinkan kita menaruh file lewat ikon aplikasi di Taskbar. Kini fungsi itu kembali. Kita bisa menggeser file dari satu aplikasi ke ikon aplikasi lain di Taskbar untuk memindah dan membukanya.

Pembaruan untuk Gaming

Microsoft juga merilis beberapa fitur baru untuk keperluan gaming di update Windows 11 2022 ini.

Ada Controller Bar yang memungkinkan pengguna yang memakai kontroler untuk mengakses mini launcher untuk membuka game. Controller Bar ini akan muncul jika kamu membuka Xbox Game Bar dengan kontroler.

Selain itu, Microsoft juga mengoptimalkan Auto HDR untuk Game. Kini ada aplikasi kalibrasi HDR (HDR Calibration). Aplikasi ini akan mengukur kemampuan monitor dan menyesuaikan tampilan HDR sesuai data tersebut. Dengan begitu, tampilan game lebih konsisten.

Efek Video untuk Kamera

Kini Windows bisa menerapkan beberapa efek ketika kamu menggunakan kamera. Seperti misalnya membuat kabur latar belakang, mempertahankan posisi berdasar tatapan mata, dan mengurangi gangguan suara.

Namun tentu saja fitur ini akan tersedia sesuai perangkat dan komponen yang mendukung. Misalnya GPU. Tentu, beberapa aplikasi konferensi video juga sudah mendukung fitur seperti ini. Tapi mendapatkannya secara bawaan di Windows juga tidak kalah menarik.

Tab di File Explorer

Update Windows 11 2022 ini juga membawa fitur yang banyak diminta oleh pengguna, yaitu kehadiran Tab di File Explorer. Tapi menurut Panos Panay, fitur ini baru akan benar-benar meluncur pada bulan Oktober.

tab file explorer windows 11

Selain fitur-fitur di atas, update Windows 11 2022 juga membawa banyak perubahan di berbagai sisi. Misalnya penampilan visual untuk tuas di Quick Setting, tampilan di halaman Setting, aplikasi Foto, dll.

Nah, kalau kamu sudah siap untuk update, silakan unduh pembaruan Windows ini.

    %d blogger menyukai ini: