Cara Menghapus “Recommended” Dari Start Menu Windows 11

start menu windows 11 without recommendation
Anom Penulis

Windows 11 membawa perubahan yang cukup signifikan dari segi tampilan. Salah satunya adalah bentuk Start Menu baru. Tampilan Start Menu baru ini terbagi dua, yaitu jajaran aplikasi yang disematkan (Pinned) dan saran file yang sering kamu buka (Recommended). Tapi kalau kamu mau, kamu bisa menghapus bagian ‘Recommended’ itu dari Start Menu Windows 11.

Kenapa Boleh Dihapus?

Tiap orang pasti punya kebiasaan tersendiri dalam membuka aplikasi dan file. Ada yang suka memasang shortcut file di desktop, ada yang suka membukanya lewat File Explorer, ada pula yang suka membukanya dari dalam aplikasi bersangkutan.

Dengan begitu, tidak semua orang suka membuka file dari bagian itu. Lalu jujur saja, tidak semua saran file yang muncul di bagian ‘Recommended’ Start Menu Windows 11 itu memang file yang kita butuhkan.

Sebagai contoh, ada beberapa file mock-up yang suka saya pakai, tapi penggunaannya tidak terlalu sering. File ini tidak muncul di bagian ‘Recommendation’ tapi jelas saya pakai. Contoh lain, ada ketikan yang mungkin hanya kita buat beberapa kali dan tidak kita buka lagi, tapi file itu muncul di Start Menu.

Bisa Dihapus Jika Tidak Butuh

Nah, jika kamu merasa tidak membutuhkan bagian rekomendasi di Start Menu, kamu boleh saja menghapusnya. Apalagi jika kamu hapus, ada ruang lebih untuk meletakkan aplikasi yang sering kita pakai.

Namun sayangnya, pengaturan Start Menu Windows 11 belum menyediakan pilihan ini secara bawaan. Jadi kita perlu menggunakan trik tertentu.

Cara Menghapus Recommendation dari Start Menu

  1. Download dan install aplikasi ExplorerPatcher di GitHub.
  2. Setelah kamu install, tampilan Taskbar akan berubah menjadi seperti di Windows 10. Klik kanan di Taskbar dan klik ‘Properties‘.
  3. Untuk mengembalikan penampilan Taskbar seperti semula, masuk ke menu Taskbar dan pada pilihan ‘Taskbar Style‘ pilih ‘Windows 11 (default)’.
  4. Untuk menghapus bagian ‘Recommended’, masuk ke ‘Start Menu’ dan centang ‘Disable the Recommended section’.
  5. Jika sudah, klik ‘Restart File Explorer (‘)‘ di bagian kiri bawah.

Kalau kamu buka Start Menu, sekarang bagian rekomendasi file sudah tidak ada lagi. Sayangnya, Start Menu belum bisa menyesuaikan ukuran, jadi mungkin ada bagian kosong. Namun kamu bisa mengisinya dengan menyematkan (pin) aplikasi lebih banyak.

Nah, silakan coba cara ini jika kamu memang ingin menghapus bagian ‘Recommended’ di Start Menu. Btw, kalau kamu ingin Taskbar terlihat seperti di gambar, kamu bisa baca artikel cara mengubah Taskbar Windows 11 seperti macOS.

    %d blogger menyukai ini: