Beberapa Fitur Unggulan MIUI 10 yang Harus Kalian Ketahui

MIUI 10 adalah versi terbaru dari ROM Android Xiaomi. Simak artikel berikut ini, untuk mengetahui berbagai fitur unggulan MIUI 10.

MIUI 10 telah membawa berbagai fitur baru ke smartphone MIUI 10. Sebelumnya, ada beberapa smartphone Xiaomi yang terkena pembaruan MIUI 10.

Sejak pertama dirilis, MIUI 10 mendapat banyak respon positif dari pengguna. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa ini adalah pembaruan MIUI terbesar dalam sejarah Xiaomi.

Lalu apa saja fitur yang disajikan oleh MIUI 10? Berikut ini ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh MIUI 10.

Sumber Gambar : Soya Cincau

Beberapa Fitur Unggulan dari MIUI 10

Gestures

Salah satu hal yang paling menarik dari MIUI 10 adalah adanya dukungan gestures (gerakan). Pengguna yang akrab dengan MIUI ROM tentu tahu, bahwa Xiaomi pernah merilis gestures di MIUI 9.5.

Sayangnya, dukungan tersebut hanya tersedia di pasar China. Sedangkan dukungan gestures yang ada di MIUI 10 bisa dinikmati pengguna secara global.

Tidak seperti perangkat Android lainnya, gestures MIUI 10 mirip seperti iOS. Kalian bisa swap ke tepi kiri layar untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Recents Menu Baru

Dalam MIUI 10, Xiaomi mendesain ulang Recents Menu. Sekarang, saat kalian swap dan berhenti di Recents Menu, aplikasi akan ditampilkan dalam pola ubin mosaik pada halaman gulir vertikal.

Selain lebih bagus, kalian bisa melihat lebih banyak aplikasi sekaligus. Kalian juga bisa menekan dan menahan aplikasi untuk melakukan tindakan berbeda, seperti menguncinya di background.

Android P-like Volume Slider dan Notifikasi Berwarna

MIUI 10 tidak hanya mengambil inspirasi dari iOS. Namun sistem operasi ini juga mengambil inspirasi dari Android P.

Kali ini, Xiaomi benar-benar merombak penampilan notifikasi dan volume slider. Tampilan dari fitur tersebut saat ini bahkan mirip Android P.

Sekarang, bayangan notifikasi menampilkan latar belakang putih tebal untuk Quick Settings Panel. Selain itu, pengguna dapat menyesuaikan dering, media dan volume alarm secara individual.

Mode Picture-in-picture

Mode ini pertama diluncurkan oleh Android 8.0 Oreo. Tapi untuk beberapa alasan, Xiaomi tidak menghadirkan fitur tersebut ke MIUI 9, dan baru ditambahkan saat peluncuran MIUI 10.

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan kegiatan lain, tanpa perlu pindah aplikasi. Misal, pengguna bisa membalas teks sambil tetap menonton video dalam mode PIP.

Autofill Support

Fitur ini juga diadaptasi Xiaomi dari Android Oreo. Dan untuk beberapa alasan, Autofill baru ditambahkan ke MIUI 10.

Autofill memiliki banyak manfaat bagi pengguna. Kalian bisa masuk secara aman ke aplikasi, tanpa perlu mengingat kata sandi.

Fitur AI

AI adalah kata kunci terbaru dalam dunia teknologi. Dan saat ini, hampir semua produsen smartphone berlomba-lomba menggunakan teknologi ini ke produknya.

MIUI 10 memiliki fitur bernama AI Preload. Dengan fitur ini, ponsel Xiaomi memiliki kemampuan untuk mengurangi waktu muat aplikasi menjadi β€˜nol.’

Selain itu, ada juga fitur β€˜AI Potrait Mode.’ Fitur ini memungkinkan ponsel menggunakan AI untuk mengambil gambar dengan efek bokeh.