Berbagai Istilah di TikTok yang Harus Diketahui Pengguna

Sebagai pengguna TikTok, apa kalian mengerti semua istilah yang ada di dalamnya? Supaya tidak katrok, simak berbagai istilah yang ada di TikTok berikut ini.

TikTok adalah aplikasi fenomenal dengan jutaan pengguna. Aplikasi ini digunakan orang untuk me-remix video dengan berbagai macam lagu.

Mungkin sebagian pengguna hanya mengetahui TikTok untuk mengedit video. Pengguna biasanya jarang memperhatikan istilah-istilah sepele yang ada di TikTok.

Tidak ada salahnya untuk mengetahui berbagai istilah yang ada di TikTok. Sebab hal tersebut bisa menambah pengetahuan, dan kalian tidak dicap ‘katrok’ oleh pengguna lain.

Sumber Gambar : PC Quest

Berbagai Istilah yang Ada di TikTok

Profile

Hampir semua media sosial pasti memiliki Profile. Profile digunakan untuk mengenalkan diri ke pengguna lain. Saya rasa kalian pasti sudah tahu tentang Profile.

Untuk membuat Profile, kalian hanya perlu memasukkan email atau nomor telepon. Sementara itu, Profile bisa dikustomisasi dengan foto atau nama tampilan (berbeda dengan nama pengguna).

Community

Community adalah tempat pengguna TikTok membuat komunitas. Jadi pengguna bisa membuat konten, berbagi atau menginspirasi orang lain.

Pengguna bebas bergabung ke komunitas mana pun sesuai minat. Demi keamanan, TikTok melarang komunitas yang berisi konten berbahaya, aktivitas seksual, cyberbullying, dll.

Creators

Pengguna TikTok dikenal dengan sebutan ‘creators.’ Sebab mereka telah berkontribusi untuk membantu pengalaman mendalam di komunitas.

Melalui konten yang dibuat, pengguna bisa berbagi pengalaman dan ide mereka. Inilah alasan kenapa pengguna TikTok disebut sebagai creators.

Fans

Jika dilihat dari namanya, kalian pasti sudah tahu arti ‘Fans.’ Ya, ini adalah sebutan untuk pengguna yang menyukai konten orang lain. Mereka bisa menjadi fans dan mengikuti profil pengguna lain.

Comments

Comments atau komentar adalah aktivitas memberikan pendapat ke konten orang lain. Jadi setelah melihat konten orang lain, kalian bisa salurkan pendapat melalui komentar.

Private Messaging

Fitur ini digunakan untuk berkomunikasi langsung ke pengguna lain. Selain bertukar pesan, Private Messaging juga bisa dimanfaatkan untuk bertukar konten secara pribadi.

‘For You’ Feed

‘For You’ bisa kalian temukan di beranda. Ini adalah tempat berkumpulnya video baru. Video tersebut direkomendasikan berdasarkan pengguna, pembuat, dan video yang kalian suka.

Duets

Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna kolaborasi dengan orang lain. Kalian hanya bisa berduet dengan orang yang memberikan izin duet dengan pengguna lain.

Reactions

Reactions adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk merespon video orang lain. Pengguna bisa memberikan reaksi kagum, terharu, terhibur, dll.

Report

Ini merupakan fitur untuk melindungi komunitas dan pengalaman menggunakan TikTok. Kalian bisa melaporkan profil pengguna, video, hingga obrolan yang bersifat negatif.

Beberapa konten bisa dilaporkan jika mengandung pelecehan, cyberbullying, dan perbuatan negatif lainnya.

Digital Wellbeing

Ini adalah fitur manajemen waktu. Fitur Digital Wellbeing terletak di samping mode restrict. Jadi dengan mode ini, kalian bisa membatasi penggunaan aplikasi dari 40, 60, 90, hingga 120 menit per hari.

Jika sudah mencapai batas waktu, kalian harus memasukkan password untuk menghapus pengaturan. Oya, saat diaktifkan, mode restrict juga akan menyaring konten negatif dari feed ‘For You.’