Berbagi Momen Seru Lewat Video Klip Game di Clutch

clutch media sosial video seru game

Kalau kamu ingin pamer momen seru waktu main game, mungkin kamu bisa membaginya sebagai video klip pendek di aplikasi Clutch.

Kenapa video pendek? Yah, mungkin kamu cuma ingin menunjukkan satu momen seru saja. Mungkin ada satu kejadian lucu atau epic yang pantas diunggah. Bisa juga karena kuota internet terbatas untuk menggunggah video yang panjang.

Tentang Clutch

Clutch boleh kamu anggap sebagai Instagram-nya gamer. Di sini, para pemain bisa berbagi video klip pendek game yang mereka mainkan, membuat status kalau mereka sedang bermain, live streaming, follow gamer lain, dan juga chatting. Jadi ya, semacam media sosial untuk gamer berbasis video.

Seperti media sosial pada umumnya, ketika kamu membuka aplikasi ini (tersedia untuk Android, iOS, dan browser), kamu bisa melihat lini masa video dari gamer atau game yang kamu follow. Jadi misalnya kamu suka PUBG, ya kamu bisa follow topik game itu.

lihat video seru game di aplikasi clutch android
Halaman utama dan eksplorasi

Aplikasi ini juga punya halaman ekplorasi atau pencarian. Di sana kamu bisa melihat siapa yang sedang siaran langsung, bisa melihat game populer, bisa melihat video populer, kiriman pertama, trending, dll.

Seperti media sosial lain, Clutch juga punya halaman notifikasi, tempat kamu melihat siapa yang menyukai, memberi komentar, atau mengirim ulang video klip milikmu. Tentunya, juga ada halaman profil. Di sana kamu bisa melihat statistik singkat videomu (berapa view, berapa like, dll), biografi singkat, dan akun media sosial lain.

notifikasi dan profil di aplikasi clutch
Halaman notifikasi dan profil

Sebagai media sosial buat gamer, Clutch pun sadar akan banyaknya platform. Kamu bisa menentukan game apa dan platform tempat kamu bermain. Entah Xbox, PlayStation, Nintendo Switch, bahkan mobile. Misalnya, saya bisa membuat status sedang “playing Brawl Stars on mobile“.

Mengunggah Video Klip Game di Clutch

Seperti sudah saya sebutkan, aplikasi Clutch tersedia di smartphone (Android dan iOS) dan juga browser (PC/Mac). Tapi tidak hanya itu. Kamu juga bisa mengimpor video dari berbagai platform lain. Misalnya Xbox Live, Playstation, OneDrive (penyimpanan cloud), Twitch, dll. Jadi kamu bisa mengunggah video dengan bebas.

Aplikasi ini juga menyediakan fungsi editing sederhana. Misalnya Trim untuk memotong durasi video. Jadi kamu bisa menampilkan video berisi momen seru di game saja. Tidak bertele-tele.

unggah video
Pilih video dan potong durasi

Salah satu fitur seru yang ada di aplikasi ini adalah kamu bisa membuat videomu dalam slow-motion atau dipercepat. Jadi kalau ada adegan epic — misalnya no scope headshot — kamu bisa menampilkannya lebih wow lagi. Sayangnya, kita belum bisa mengatur bagian tertentu yang mendapat efek ini.

Kemudian, kalau mau, kamu juga bisa merekam suara sebagai komentar pengiring video. Termasuk picture-in-picture video selfie. Keuntungannya, kamu bisa memberi komentar lebih rapi daripada saat bermain (mungkin fokus bisa terganggu).

slow motion dan tambah suara
Kecepatan video dan tambah komentar

Clutch memang bukan satu-satunya aplikasi yang seperti ini. Masih ada beberapa lain, seperti Medal.tv atau RCADE. Yah, kamu juga bisa berbagi di YouTube dan Instagram. Namun, karena Clutch dan aplikasi sejenis memang hadir untuk gamer, maka kontenmu tidak akan tenggelam di antara video lain yang bukan game.

Nah, kalau ingin tahu lebih jauh atau ingin mencoba, silakan unduh aplikasinya atau kunjungi situsnya. Bisa dipakai di Android, iOS, atau lewat browser PC.

Coba Clutch

%d blogger menyukai ini: