Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

BeReal – Media Sosial Baru “Anti Filter” Buat Tunjukin Dirimu yang Sebenarnya

Indri Penulis

BeReal adalah media sosial baru yang menunjukkan ke dunia ‘siapa dirimu yang sebenarnya.’ Cek ulasan ini untuk mengetahui cara kerjanya.

Sebagai pengguna media sosial, kamu sering nggak sih merasa minder melihat penampilan fisik orang lain yang kelihatan ‘wow’ di sana? Mmm.. Contohnya seperti kulitnya yang terlihat putih bersih, hidungnya mancung, matanya lebar, kakinya jenjang, dll. Pernah nggak kaya gitu?

popculture.id

Kalau saya pribadi sih sebagai cewek kadang merasa seperti itu. Tapi kalau dipikir-pikir, nggak semua penampilan ‘wow’ di media sosial adalah ‘tampilan yang sebenarnya’ kok. Apalagi sekarang berbagai media sosial seperti Instagram dan TikTok sudah dibekali filter dan fitur pengeditan. Muka buluk pun bisa berubah kinclong setelah terkena filter.

Kadang saya juga bertanya-tanya, ada nggak sih media sosial tempat orang yang ‘nggak bisa berbohong’ soal penampilannya? Maksudnya, di sana foto-foto yang tersebar asli alias tanpa filter dan editan.

Voila, dan ternyata ada lho media sosial seperti yang saya bayangkan. Nama media sosial adalah BeReal, dan dia sekarang sedang menjadi perbincangan panas di dunia maya. Penasaran, yuk kita lihat apa itu BeReal dan bagaimana cara kerjanya.

Apa Itu BeReal?

Sesuai namanya, BeReal adalah platform media sosial baru yang menunjukkan kepada dunia tentang ‘siapa kamu yang sebenarnya.’ Aplikasi ini memungkinkan orang untuk melihat versi asli dari diri mereka sendiri, secara harfiah.

media sosial bereal

BeReal dibuat oleh Alexis Barreyat. Aplikasi ini mendesak orang-orang untuk menghentikan pengeditan pada wajah dan penampilan mereka, serta mendorong agar orang-orang mau menampilkan diri mereka apa adanya.

BeReal sebenarnya berbasis aplikasi berbagi foto layaknya Instagram, cuma bedanya aplikasi ini nggak menyediakan fitur edit / filter seperti yang ada di Instagram atau media sosial lainnya.

Bagaimana Cara Kerja BeReal?

Di BeReal, kamu cuma diberi waktu ‘1 kali dalam sehari’ untuk memposting foto. Itu pun waktunya nggak bisa kamu pilih sendiri. Kamu akan diberi waktu secara acak untuk mengunggah foto.

media sosial bereal

Jadi misalnya kamu lagi tiduran, tiba-tiba BeReal bakal memberi notifikasi agar kamu mengunggah foto saat itu juga. Tinggal terserah kamu, mau mengunggah foto atau nggak. Kalau nggak mau, berarti kamu baru bisa mengunggah foto keesokan harinya.

Kalau mau mengambil foto, dalam sekali pengambilan foto, kamu akan dikasih waktu 2 menit untuk menjepret foto. Kalau hasilnya kurang maksimal, kamu bisa mengulang proses pengambilan foto (asalkan durasinya belum lebih dari 2 menit). Tapi perlu kamu tahu, pengikutmu akan diberi tahu kalau kamu telah mengambil beberapa kali jepretan.

Bagaimana Cara Pakai BeReal?

Bikin Akun

BeReal tersedia untuk Android dan iOS. Untuk mulai menggunakannya, unduh aplikasi di Play Store atau App Store. Setelah itu, masukkan nomor telepon, nama lengkap, tanggal lahir, dan username-mu untuk membuat akun.

Tunggu beberapa saat, dan kamu akan menerima SMS verifikasi di nomor telepon yang dicantumkan tadi. Masukkan kode tersebut untuk aplikasi BeReal untuk melanjutkan proses registrasi.

Cari Teman

Kalau sama sekali belum punya teman, klik tombol “Add Friends” di tab “My Friends.” Setelah itu klik tombol “Search in Phone Contacts.” Setelah itu beri izin agar BeReal bisa mengakses kontakmu. Tapi kamu bisa klik “Don’t Allow” jika tidak mau BeReal mengakses kontakmu.

Kamu juga bisa menambah teman \dengan memasukkan username mereka ke kolom pencarian. Kalau tidak, klik tabDiscovery” dan di sana kamu akan melihat postingan BeReal semua orang di dunia. Untuk menambah teman, klik salah satu profil orang lain dan tekan tombol “Add Friend.

Ambil dan Posting Gambar

BeReal akan memintamu mengambil gambar ‘tepat setelah’ kamu membuat akun. Aplikasi ini akan mengirimimu notifikasi untuk mengambil gambar. Klik notifikasi tersebut dan ambil dua gambar (dari kamera belakang dan depan) dalam waktu 2 menit.

Kalau sudah, tambahkan caption dan pilih apakah kamu ingin menampilkannya ke teman atau semua orang. Terakhir, klik “Send” untuk memposting foto tersebut. Semua gambar yang kamu kirim akan terlihat di bagian “History” (bisa diakses dengan mengklik ikon pengguna di sudut kanan atas beranda).

Kamu bisa melihat BeReal orang lain di bagian “Discovery.” Jika mau menanggapi postingan, klik RealMoji yang ada di pojok kiri bawah postingan. Setelah itu pilih emoji yang mau kamu tambahkan, dan jepret ekspresimu sesuai dengan gambar emoji yang tertera.

Menghapus BeReal

Nggak puas sama gambar yang diposting? Hapus aja. Tapi ingat ya, BeReal cuma memungkinkan kamu menghapus satu gambar per hari.

Caranya hapusnya gampang kok, klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas postinganmu dan pilih “Delete my BeReal.” Lalu di jendela berikutnya, pilih alasan kamu menghapus foto dan tekan tombol “Delete my Be.”

Apa Sih yang Bikin BeReal Menarik?

Tentu poin utama yang bikin BeReal menarik adalah konsepnya. Konsep utama aplikasi ini adalah mengajak penggunanya untuk memposting foto mereka apa adanya alias tanpa editan/filter apapun.

Untuk mewujudkan konsep itu, BeReal nggak cuma tidak membekali platform-nya dengan berbagai tools pengeditan. Lebih dari itu, aplikasi ini juga cuma bisa kamu pakai untuk mengunggah foto ‘satu kali dalam sehari.’ Itu pun waktunya acak, alias kamu nggak bisa memilih sendiri waktu untuk memposting foto.

Satu lagi yang nggak kalah menarik, kamu juga bisa mengirim reaksi berupa foto asli dirimu sendiri, bukannya gambar animasi reaksi seperti di platform lain. Hal ini membuat sensasi pemakaian BeReal jadi semakin nyata.

Yah kalau dipikir-pikir, aplikasi ini menurut saya cocok banget buat memulihkan kesehatan mental. Apalagi buat orang-orang yang mungkin sering merasa minder setelah melihat penampilan ‘wow’ orang-orang yang ada di media sosial lain.

Di sini kamu bisa bebas menunjukkan siapa dirimu yang sebenarnya, tanpa perlu minder dengan orang lain. Kenapa? Ya, karena mereka juga sama. Nggak ada yang bisa dibohongin deh pokoknya.

Oya, kalau saya pikir-pikir, BeReal sepertinya cocok juga buat aplikasi cari jodoh. Karena foto yang diunggah tanpa editan, kamu nggak perlu khawatir bakal tertipu pas bertemu dengan gebetan BeReal-mu nantinya. Gimana, setuju nggak? Hahaha.

    %d blogger menyukai ini: