Siap-siap Gigit Jari! Ini Dia Bocoran Fitur Android Q

Bagi kalian pengguna Android, sebentar lagi menyaksikan hadirnya versi Android terbaru yang disebut dengan nama Android Q. Tentunya akan banyak fitur menarik.

Menurut kabar yang telah beredar, Google sebagai nenek moyang Android mengatakan bahwa Android Q akan diluncurkan pada event Google I/O 2019 pada bulan Mei mendatang.

Beberapa sumber mengatakan, akan ada banyak fitur baru yang dihadirkan ke dalam sistem Android Q ini. Untuk menjawab rasa penasaran kalian, langsung saja ini dia beberapa bocoran mengenai fitur unggulan dari Android Q.

Dark mode

dark mode android q
Sumber gambar: XDA Developers

Yang pertama adalah hadirnya fitur Dark Mode. Dark mode merupakan salah satu fitur yang dinanti para pengguna Android.

Kabarnya, Google tak akan tanggung-tanggung dengan memasang fitur dark mode ini secara menyeluruh terhadap semua sistemnya. Google juga akan mengajak para pengembang aplikasi pihak ketiga untuk turut serta menerapkan fitur tersebut.

Dengan adanya fitur dark mode, maka seluruh bagian antarmuka termasuk berbagai aplikasi akan tampil dengan latar gelap, sehingga mata akan lebih terkontrol dengan pancaran cahaya dari layar.

Selain itu, fitur ini juga akan membuat konsumsi daya smartphone lebih hemat dibanding cahaya layar yang biasanya.

Mode desktop

mode desktop android q
Sumber gambar: XDA Developers

Bagaimana rasanya jika smartphone milikmu dapat menjadi layaknya sebuah komputer desktop untuk menunjang berbagai produktivitasmu?

Dengan menggunakan Android Q, kemungkinan besar proses mirroring tidak perlu lagi. cukup menyambungkan smartphone ke layar monitor terdekat, kemudian kamu akan disuguhkan dengan tampilan layar layaknya komputer pribadi.

Beberapa aktivitas seperti mengetik dokumen, mengatur berbagai sistem file, bahkan menonton film favoritmu akan semakin terpuaskan dengan adanya mode desktop ini.

Kaya akan personalisasi

personalisasi android q
Sumber gambar: XDA Developers

Android memang tak perlu diragukan lagi untuk masalah personalisasi. Para pengguna Android telah diberikan begitu banyak pilihan, mulai dari mengatur tampilan hingga membuat smartphone berperilaku sesuai kebiasaan penggunanya.

Pada Android Q, Google akan menambah fitur personalisasi baru. Seperti pilihan gestur untuk navigasi, pilihan aksesibilitas, serta pemilihan warna aksen pada interface-nya. Sehingga para penggunanya akan semakin bebas melakukan personalisasi.

Perubahan Tampilan dan Fungsi Beberapa Fitur

tambahan fitur android q
Sumber gambar: XDA Developers

Di Android Q kamu mungkin akan menemui beberapa perubahan. Seperti di notifikasi pemutar media bisa memunculkan pilihan audio (headset atau speaker), pilihan aksesibilitas baru, informasi baterai (estimasi waktu sampai baterai habis), perekam layar bawaan, tombol aksi di notifikasi (membalas cepat, buka tautan, dll), dan masih banyak lagi.

Dukungan 5G

Sumber Gambar : Samsung.com

Koneksi 5G akan segera hadir. Dalam waktu dekat-dekat ini kita mulai akan dibiasakan dengan hadirnya 5G untuk menunjang penggunaan koneksi internet yang jauh lebih baik.

Google yang telah menggandeng berbagai perusahaan telekomunikasi, akan siap tempur dengan menghadirkan Android Q yang mendukung konektivitas jaringan 5G sepenuhnya. Apalagi ponsel Android 5G mulai bermunculan.

Adanya dukungan layar lipat

Sumber Gambar : 9to5google

Sudah bukan rahasia lagi jika smartphone layar lipat akan menjadi tren baru di dunia teknologi. Smartphone layar lipat ini sangat cocok bagi mereka yang gemar mengkonsumsi berbagai macam layanan multimedia. Karena menyuguhkan desain dengan layar yang besar namun tetap dengan body yang ringkas.

Google tentunya paham akan potensi smartphone lipat ini. Mereka pun menata konsep yang lebih matang demi penampilan software memiliki pengalaman yang tak kalah mengasyikan. Mulai dari user interface hingga user experience telah dirancang sedemikian rupa agar bisa berjalan optimal pada deretan smartphone layar lipat nantinya.

Melihat berbagai macam fitur yang ditawarkan Android Q ini, apakah kamu semakin tak sabar menantinya?

    %d blogger menyukai ini: