Ini Dia 5 Bocoran Fuchsia, OS Terbaru Google yang Akan Gantikan Android

Android dan Chrome OS merupakan operasi sistem dari Google paling terkenal. Namun terlihat belum puas juga, nampaknya Google akan meluncurkan sistem operasi ketiga, yang diberi nama Fuchsia.

Pada awalnya, Fuchsia diperkenalkan di tahun 2016 hanya sebagai sebuah baris perintah tunggal. Tapi saat ini, Fuchsia telah berhasil menarik minat banyak orang. Termasuk para pengguna Android.

Untuk sedikit menjawab rasa penasaran kalian, berikut adalah beberapa bocoran mengenai Fuchsia, sistem operasi terbaru dari Google.

Apa itu Fuchsia?

Sumber Gambar : SiliconANGLE

Secara umum, Fuchsia merupakan sistem operasi yang bisa berjalan di berbagai perangkat seperti pada smartphone, tablet maupun laptop.

Fuchsia terdiri dari dua UI yang saling terhubung, yaitu “Armadillo” dan “Capybara”. Untuk orientasi UI mobile maupun desktop, Fuchsia masih mempertahankan desain Material sebagai ciri khas Google.

Nilai estetika yang dimiliki Fuchsia menjadi fokus terbesar dari OS yang satu ini. Intinya, Fuchsia adalah bentuk upaya Google mendapatkan yang terbaik dari Chrome OS dan Android, dalam sebuah sistem operasi yang lebih efisien dan menarik.

Tidak dikembangkan dengan kernel Linux

Sumber Gambar : Android Headlines

Berbeda dengan Chrome OS dan Android yang dikembangkan dengan kernel Linux, kali ini Fuchsia dikembangkan menggunakan microkernel yang bernama Zircon.

Zircon sendiri merupakan kernel buatan Google yang dapat menyuguhkan begitu banyak fungsi dasar dengan cepat dan ringan.

Pada sekitaran inti Zircon memiliki sejumlah lapisan yang dengan cara tertentu akan menjadi pondasi dari Fuchsia sendiri.

Beberapa lapisan tersebut meliputi Garnet (yang mengelola tugas sekunder), Peridot (yang bertugas untuk memahami UI), serta Topaz (yang bertanggung jawab atas tampilan antarmuka).

Mampu menjalankan aplikasi Android sekaligus

Sumber Gambar : mtlabonline.com

Sesuai faktanya, Fuchsia diciptakan mungkin sebagai bentuk usaha Google untuk menggantikan Android. Namun bukan berarti Google akan melupakan Android begitu saja.

Kabarnya, Fuchsia juga turut mendukung aplikasi berbasis Android. Hal ini diketahui dari versi khusus Android Runtime yang telah ditambahkan ke dalam Fuchsia.

Dengan ditambahkannya versi Android tersebut ke Fuchsia, Google berharap Fuchsia akan bisa berjalan lebih mudah.

Rumor terkait fitur yang lainnya

Sumber Gambar : ZDNet

Kabarnya Fuchsia akan memiliki sistem keamanan yang jauh lebih baik dari Android, yaitu dengan adanya enkripsi yang tertanam di dalamnya.

Selain itu, nantinya Fuchsia juga akan lebih baik dari  Googe dalam hal beradaptasi dengan berbagai ukuran layar, sekaligus akan membangun integrasi yang cerdas dimana semua perangkat pintar akan diberdayakan.

Sistem operasi terbaru dari Google ini juga dapat memecahkan banyak masalah, di samping membuka lebih banyak peluang untuk kemajuan Google di masa depan nantinya.

Kapan akan dirilis?

Sumber Gambar : Android Police

Hingga saat ini, semua pendapat yang merujuk pada tanggal rilis Fuchsia menyebutkan, jika Fuchsia akan resmi digunakan pada tiga tahun kedepan untuk rumah pintar.

Sedangkan untuk perangkat  yang lebih banyak seperti smartphone dan laptop, akan tiba dua tahun berikutnya.

Jika semua pendapat itu benar, maka kemungkinan besar Fuchsia akan baru mulai debut seutuhnya untuk perangkat mobile pada tahun 2024 mendatang.

Namun dari semua pendapat tersebut, tak menutup kemungkinan jika Fuchsia akan diperkenalkan untuk pertama kalinya pada event I/O 2019 yang akan datang.

Nah, itu dia beberapa bocoran mengenai Fuchsia OS yang perlu kalian ketahui. Apakah kalian sudah tak sabar menggunakannya?