Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Bocoran Prosesor Desktop Intel Gen-13 Dukung Hingga 24 Core & Cache 36MB

Indri Penulis

Bocoran terbaru mengungkapkan bahwa Intel siap meluncurkan prosesor Intel Gen-13 (Raptor Lake), dan kira-kira seperti ini spesifikasi prosesor tersebut.

Kabar terbaru kali ini berasal dari BiliBili (via Neowin). Dalam salah satu postingan terbarunya, BiliBili mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan sedikit gambaran tentang spesifikasi prosesor Intel Gen-13.

popculture.id

Menurut gambar tersebut, Intel Gen-13 akan menampilkan hingga 24 core dan cache 36MB. Selain itu mayoritas model nantinya akan mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam gambar di atas, Intel Gen-13 S-Series dan K-Series telah terungkap. Masing-masing dari mereka hadir dengan TDP 65W dan 125W. Kita bahas mulai dari Intel Core i9 dulu  yang kali ini akan memiliki total 14 core (8 core performa (P) dan 16 core efisien (E)). Karena prosesor ini mendukung lebih banyak core, otomatis dia juga akan memiliki lebih banyak cache yakni 36MB (Intel Core i9-12900 Gen-12 hanya 30MB).

Beralih ke model lainnya yang juga mendapat peningkatan. Prosesor Intel Core-i7 Gen-13 akan memiliki 16 core (8P + 8E), berbeda dengan Intel Core-7 Gen-12 yang memiliki 12 core (8P + 4E). Sementara itu, mayoritas model Intel Core-i5 Gen-13 akan memiliki 14 core (6P + 8E).

Dilihat-lihat, peningkatan yang dihadirkan Intel Gen-13 S-Series dan K-Series memang nggak main-main (kecuali Intel Core-i3 yang tetap tidak berubah dalam hal jumlah core dan cache). Kita bandingkan dengan generasi pendahulunya. Intel Gen-12 S-Series dulu memiliki 6 core (semua P core), sedangkan K-Series hanya memiliki 10 core (6P + 4E).

Hal yang sangat disayangkan dari tabel di atas adalah tidak ada gambaran mengenai seberapa tinggi kecepatan clock boost yang dimiliki oleh setiap model prosesor.

Walau begitu, setidaknya kita sudah memiliki sedikit gambaran mengenai calon prosesor generasi terbaru dari Intel. Sampai sekarang belum diketahui kapan prosesor ini akan rilis. Tapi kalau jadwalnya kembar Intel Gen-12, maka peluncuran prosesor Intel Gen-13 akan dilakukan bulan Oktober mendatang.

    %d blogger menyukai ini: