MIUI 11 akan Tergantikan! Seperti Ini Bocoran Terbaru MIUI 12

Era MIUI 11 sepertinya akan berakhir dan digantikan dengan MIUI 12. Apalagi baru-baru ini beredar bocoran tentang tampilan MIUI 12.

Pengguna ponsel Xiaomi tentunya tidak asing dengan istilah MIUI. Ini adalah skin Android milik Xiaomi yang punya beberapa versi. Sampai sekarang versi terbarunya masih dipegang oleh MIUI 11.

MIUI 11 diluncurkan tahun lalu, dengan membawa berbagai fitur menarik. Memasuki tahun 2020 ini, sepertinya Xiaomi berencana untuk menghadirkan penerus MIUI 11, yakni MIUI 12.

Baru-baru ini Xiaomi kedapatan menunda pengembangan beta MIUI 11. Itu artinya, Xiaomi sepertinya akan lebih fokus ke pengembangan MIUI 12.

Penundaan MIUI 11

MIUI beta selama ini kerap memberikan petunjuk soal fitur baru yang akan datang. Setiap tahun, Xiaomi bakal membagi antara beta dan pembaruan. Tapi nampaknya tahun ini agak berbeda.

Sekarang ini, fokus Xiaomi sepertinya akan tertuju ke MIUI 12. Hal ini dibuktikan dengan pemberhentian pengembangan beta MIUI 11 China.

Dikutip dari MIUI Community, pada bulan Maret 2020, seorang admin sudah mengumumkan kalau beta MIUI 11 China akan dihentikan. Admin juga mengkonfirmasi kalau MIUI 11 build no. 20.2.26 bakal jadi beta terakhir.

Sekilas Tampilan MIUI 12

Yang seru, dalam beberapa versi beta aplikasi yang hadir forum resmi komunitas MIUI di Cina, terdapat perubahan yang diduga sebagai bagian dari MIUI12. Ada tampilan yang agak berbeda dari MIUI 11. Bocoran pertama memperlihatkan desain MiSettings yang berubah.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Di MIUI 12, MiSettings punya pengaturan Refresh rate dan Fokus tab. Kedua fitur ini terletak dalam Apps’ screen time. Oya, di dalamnya juga ada gambar grafik untuk memantau penggunaan ponsel secara harian atau mingguan.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Sementara ini, hanya bocoran tentang tampilan MiSettings saja yang baru keluar. Mungkin ke depan bakal muncul bocoran-bocoran lain yang lebih menarik.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Tapi perlu kalian ingat, desain UI bisa berubah setiap waktu. Apalagi ini hanya versil awal. Bisa jadi Xiaomi bakal membuat beberapa perubahan lagi sebelum resmi merilis MIUI 12. Ahem, Xiaomi juga kelihatannya menyadari bocornya tampilan Setting tersebut dan menghapus tampilan baru di APK MiSetting beta.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, situs GizmoChina mengumumkan daftar ponsel yang bakal kena pembaruan MIUI 12. Lumayan banyak sih ponselnya. Ada Mi 10, Mi 10 Pro, Redmi K30, dan ponsel lainnya bisa kalian cek langsung di daftar.

%d blogger menyukai ini: