Bocoran: Tablet ASUS dengan Chrome OS dengan Pena Stylus

ASUS kelihatannya akan meluncurkan sebuah produk tablet hybrid — dengan sandaran dan penutup yang juga sekaligus keyboard — yang menggunakan Chrome OS. Paling tidak itulah yang terlihat dari bocoran informasi di internet.

Tablet hybrid adalah salah satu bentuk perangkat bergerak yang menjadi mainstream setelah Microsoft meluncurkan Surface. Tablet seperti ini ditujukan sebagai perpanjangan fungsi mendekati laptop. Bahkan Apple, yang dulu menolak gagasan stylus, pun membuat iPad Pro.

Bocoran ini muncul di situs toko Saturn dari Jerman. Tablet hybrid ASUS dengan Chrome OS ini memiliki nama model ChromeBook CM3000.

Desain tablet ASUS CM3000 ini nampak sangat khas tablet hybrid. Punya layar berukuran relatif besar, punya sandaran yang bisa dibuka-tutup, ada penutup layar yang berfungsi juga sebagai keyboard, dan memiliki dukungan pena stylus.

Tablet ini cukup mirip dengan Lenovo Duet. Termasuk menggunakan chipset MediaTek MT8183, yang mirip dengan chipset Helio P60T di Lenovo Duet. Di samping itu, spesifikasi lainnya menyebutkan RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan eMMC 64GB.

Layarnya berukuran 10,5 inci dengan resolusi 1920×1200 (rasio 16:10) dan punya tingkat kecerahan sampai 320 nits. Gambar bocoran juga menunjukkan kalau layar ini mendukung penggunaan stylus.

Dari gambar itu, terlihat kalau tablet ini memiliki slot untuk pena stylus. Namun sandaran yang ada nampaknya berupa aksesoris terpisah yang bisa dipasang-lepas seperti bagian keyboard. Dari foto-foto yang ada, kelihatannya ada dua tipe sandaran berbeda, baik untuk posisi miring atau tegak.

Di situs Saturn itu, harga tablet ASUS ChromeBook CM3000 ini adalah €449. Entah apakah harga itu sudah jadi harga pasti atau belum. Nampaknya agak terlalu tinggi bila dibandingkan dengan Lenovo Duet yang mirip.

Lalu tidak tahu juga bagaimana ketersediaannya. Bisa jadi tidak masuk Indonesia. Terutama kalau melihat perbandingan produk ChromeBook atau yang berbasis Chrome OS antara situs ASUS Indonesia dan Amerika.

%d blogger menyukai ini: