Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Bocoran Spesifikasi Chipset Tensor G2: Bakal Jadi Chipset 4nm!

Indri Penulis

Bocoran spesifikasi chipset Google Tensor G2 terungkap. Dengar-dengar chipset ini akan dibuat berdasarkan arsitektur 4nm Samsung.

Nama chipset Google Tensor generasi berikutnya terungkap beberapa waktu lalu. Kalau chipset pertama bernama Tensor, maka chipset yang kedua bernama Tensor G2.

popculture.id

Pertengahan September ini akhirnya bocoran spesifikasi chipset Google Tensor G2 mulai terungkap. Kabar ini dibeberkan oleh pengembang Kuba Wojciechowski yang menemukan data dari Geekbench dan sumber lainnya.

Chipset baru digadang-gadang akan mempertahankan core CPU X1 A76 dan A55 (dengan konfigurasi 2+2+4) seperti chipset generasi pertama.

Tensor G2 konon akan dibuat berdasarkan proses arsitektur 4nm Samsung (Tensor masih pakai arsitektur 5nm Samsung). Hal tersebut akan memberikan sedikit perbedaan dalam kecepatan clock CPU.

Berdasarkan data dari Geekbench, dua core Cortex-X1 punya batas yang dinaikkan 50MHz menjadi 2,85GHz. Sedangkan dua core Cortex-A76 mendapatkan peningkatan 100Mhz menjadi 2,35GHz.

Lebih lanjut, Wojciechowski memperkirakan kalau peningkatan kecepatan clock bisa menghasilkan peningkatan 10% (atau lebih) dalam kinerja multi-core, dan hampir tidak ada untuk single-core.

Wojciechowski menjelaskan kalau ini bukan hal yang buruk. Pasalnya Geekbench hanya mengukur kinerja puncak, bukannya kinerja berkelanjutan. Selain itu desain terbaru ARM juga sudah difokuskan untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi (walaupun dengan biaya penarikan daya serta panas lebih tinggi pula).

Dari semuanya, mungkin cuma CPU saja satu-satunya bagian dari Tensor G2 yang tidak banyak berubah. Sedangkan bagian lain akan berubah. Sebagai contoh, GPU Mali-G78 MP20 kabarnya akan diganti dengan Mali-G710 (yang juga ada di chipset Dimensity 9000).

ARM mengklaim kalau GPU baru 20% lebih cepat dan efisien daripada G78 untuk rendering grafis. Selain itu GPU ini juga 35% lebih cepat dalam tugas pembelajaran mesin. Peningkatan yang sebenarnya akan tergantung pada jumlah core dan frekuensi, sehingga masih perlu diuji coba.

Masih ada lagi. Tensor G2 kabarnya akan menampilkan modem S5300 5G terbaru dari Samsung. Modem tersebut dibuat berdasarkan NR Release 16. Modem ini menjanjikan kinerja, stabilitas dan efisiensi yang lebih bagus dibanding NR Release 15 generasi sebelumnya.

Walaupun bocoran spesifikasi chipset Google Tensor G2 santer beredar, tapi masih belum jelas kapan Google akan mengumumkan chipset Tensor G2 secara resmi.

    %d blogger menyukai ini: