Saat ini, makin banyak pelaku bisnis online di Indonesia. Tentu saja, kebanyakan dari orang Indonesia yang memilih bisnis online karena selain praktis dan cepat, para pelaku bisnis online bisa menjual produk/jasa yang biasa dikenal sebagai online shop.
Keberadaan online shop yang semakin banyak dikarenakan makin maraknya pelanggan yang gemar berbelanja online, terutama anak-anak milenial. Mulai dari awal melihat produk, melakukan pemesanan hingga bertransaksi dapat dilakukan secara online.
Selain itu, pada saat membuat online shop, para pelaku bisnis online pastinya akan mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon pembeli. Karena kebanyakan dari pelaku bisnis online ini tidak banyak memiliki customer service atau admin khusus untuk menangani pertanyaan dari calon pembeli. Seperti yang kita ketahui bahwa menjawab pertanyaan pelanggan secara cepat merupakan kunci dari sebuah bisnis online untuk dapat memiliki citra yang baik.
Melihat permasalahan tersebut, maka muncul beberapa startup yang menawarkan chatbot untuk mengatasi masalah lambatnya respon chat karena banyaknya pertanyaan yang tidak sebanding dengan jumlah customer service yang dimiliki.
Salah satu startup yang menawarkan solusi Chatbot adalah BOTIKA yang pada tanggal 1 Februari 2019 kemarin menggandeng LINE INDONESIA untuk memperkenalkan Chatbot untuk para pelaku bisnis online di seluruh Indonesia.
Acara yang diselenggarakan di Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta ini menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Ritsah Quranis (LINE INDONESIA), Ahmad Noor Arief (DAGADU) dan Galuh Koco Sadewo (BOTIKA).