BOTIKA: Bot Customer Service 24 Jam

nor

Saat ini, makin banyak pelaku bisnis online di Indonesia. Tentu saja, kebanyakan dari orang Indonesia yang memilih bisnis online karena selain praktis dan cepat, para pelaku bisnis online bisa menjual produk/jasa yang biasa dikenal sebagai online shop.

Keberadaan online shop yang semakin banyak dikarenakan makin maraknya pelanggan yang gemar berbelanja online, terutama anak-anak milenial. Mulai dari awal melihat produk, melakukan pemesanan hingga bertransaksi dapat dilakukan secara online.

Selain itu, pada saat membuat online shop, para pelaku bisnis online pastinya akan mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon pembeli. Karena kebanyakan dari pelaku bisnis online ini tidak banyak memiliki customer service atau admin khusus untuk menangani pertanyaan dari calon pembeli. Seperti yang kita ketahui bahwa menjawab pertanyaan pelanggan secara cepat merupakan kunci dari sebuah bisnis online untuk dapat memiliki citra yang baik.

Melihat permasalahan tersebut, maka muncul beberapa startup yang menawarkan chatbot untuk mengatasi masalah lambatnya respon chat karena banyaknya pertanyaan yang tidak sebanding dengan jumlah customer service yang dimiliki.

Salah satu startup yang menawarkan solusi Chatbot adalah BOTIKA yang pada tanggal 1 Februari 2019 kemarin menggandeng LINE INDONESIA untuk memperkenalkan Chatbot untuk para pelaku bisnis online di seluruh Indonesia.

Acara yang diselenggarakan di Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta ini menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Ritsah Quranis (LINE INDONESIA), Ahmad Noor Arief (DAGADU) dan Galuh Koco Sadewo (BOTIKA).

Ritsah Qurani LINE

Ritsah Quranis memaparkan bagaimana tren bisnis yang terjadi saat ini. Beliau juga memaparkan bagaimana LINE INDONESIA dengan produknya LINE@ mampu membangun loyalitas konsumen melalui fitur-fiturnya berupa Rich Image, Rich Video dan integrasi chatbot.

Pengguna LINE INDONESIA yang didominasi oleh anak-anak milenial ini sangat cocok bagi para pelaku bisnis online untuk menargetkan mereka sebagai konsumen. Selain itu, LINE @ juga bisa digunakan sebagai sarana berkomunikasi dengan pelanggan.

Pembicara selanjutnya yaitu Ahmad Noor Arief sebagai pemilik dari brand lokal DAGADU. Beliau memberikan pengalamannya menggunakan chatbot dari BOTIKA yang sudah terintegrasi dengan LINE @ yang diberi nama @masDab. Bagaimana chatbot ini bisa digunakan untuk melakukan pemesanan, bertransaksi, dan menjawab pertanyaan dari para calon pembeli.

Mas Arief DAGADU

Saya menjadi salah satu pengguna yang mencoba secara langsung berkomunikasi dengan akun @masDab ini untuk melakukan pemesanan kaos. Secara keseluruhan, saya berhasil memesan satu kaos hanya dalam beberapa menit saja.

Dari pengalaman saya, akan lebih asik lagi jika BOTIKA bekerjasama dengan LINE Pay. Jadi calon pembeli tidak perlu keluar dari aplikasi chat sehingga nantinya para pelanggan cukup melakukan pembayaran di aplikasi tersebut.

Pembicara terakhir ada Galuh Sadewo dan Pricilia yang menjelaskan bagaimana BOTIKA bekerja. Pembahasan secara teknis yang mencakup bagaimana kita bisa melakukan custom pertanyaan hingga jawaban agar bisa terlihat lebih personal.

Chatbot dari BOTIKA ini mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan calon pembeli secara cepat dan 24 jam non-stop. Jadi, jika ada calon pembeli yang menghubungi online shop kita di luar jam kantor, chatbot ini akan menjawabnya secara otomatis.

Selain layanan tersebut, sebagai pemilik bisnis, kita akan mendapatkan rekap data pelanggan. Sehingga kita bisa menganalisa untuk membuat bisnis kita lebih berkembang.

BOTIKA sendiri bisa digunakan secara gratis hingga 500 percakapan. Dan untuk selanjutnya, kalian bisa upgrade sesuai dengan paket yang telah tersedia. Selain LINE INDONESIA, BOTIKA juga mendukung beberapa platform seperti Whatsapp, Facebook Messager, dan Telegram.

Tertarik untuk mencobanya?

DAFTAR

%d blogger menyukai ini: