Brave Search – Mesin Pencari Alternatif Google Dengan Fitur Privasi

Brave menetapkan langkah selanjutnya memperjuangkan internet dengan privasi lebih. Mereka menantang Google dengan meluncurkan mesin pencari Brave Search.

Sebelum ini mereka sudah terkenal memiliki aplikasi browser yang fokus pada privasi dengan nama sama, Brave. Browser ini bahkan juga punya fitur menelusuri internet lewat TOR sehingga lebih pribadi (walau privasinya kurang dari memakai browser TOR sendiri).

Melalui pengumuman di situs resmi, Brave meluncurkan versi beta untuk mesin pencari mereka. Brave Search hadir sebagai pilihan di browser mereka (desktop, iOS, Android) dan bisa kamu akses dengan peramban apa pun di search.brave.com. Mesin pencari ini menggunakan teknologi dari Tailcat, perusahanaan yang Brave akuisisi pada bukan Maret 2021.

Brave menyebutkan kalau saat ini sudah ada 100.000 pengguna memakai mesin pencari baru itu. Sedangkan browser Brave sendiri disebut sudah memiliki 32 juta pengguna aktif.

Dalam pengumumannya, Brave menyebutkan beberapa karakteristik yang membuat mesin pencari mereka berbeda.

  • Privasi: Tidak melacak dan tidak membuat profil pengguna.
  • Pengguna jadi prioritas pertama: Kepentingan pengguna hadir lebih dulu, bukan perusahaan iklan dan data.
  • Independen: Brave memakai indeks pencarian tersendiri dan tidak bergantung pada penyedia layanan lain.
  • Pilihan: Nantinya akan ada pilihan untuk pencarian berbayar bebas iklan dan pencarian dengan iklan.
  • Transparan: Tidak ada bias pada algoritma dan metode pencarian melalui kurasi komunitas.
  • Integrasi: Hubungan antara browser dan mesin pencari berlangsung lebih cepat.
  • Terbuka: Teknologi pencarian Brave nantinya juga akan bisa dipakai mesin pencari lain.

Privasi memang menjadi isu populer belakangan ini. Salah satu kasus adalah Apple meluncurkan transparansi untuk aplikasi di iOS (yang bikin gerah Facebook). Kasus lain adalah kebijakan agar pengguna bisa menentukan cookie dari sebuah situs.

Di area mesin pencari sendiri, yang paling populer saat ini untuk menjaga privasi adalah DuckDuckGo. Apakah Brave Search nantinya akan jadi salah satu pilihan populer? Yah, semua tergantung pilihanmu sebagai pengguna.

Tertarik?

%d blogger menyukai ini: