Brawl Stars – Game MOBA Seru Tapi Bermasalah

brawl stars, game moba baru supercell
2

Supercell terkenal dengan game buatan mereka: Clash of Clans dan Clash Royale. Mereka merilis sebuah game MOBA baru dengan judul Brawl Stars, dan tersedia untuk iOS dan Android.

Sebelum rilis resmi ini, Brawl Stars sudah melalui masa soft launching di beberapa negara tertentu. Dari masa itu, jumlah instalasi game ini cukup luar biasa (lebih dari 3 juta). Tidak heran Supercell percaya diri merilisnya secara global.

Gameplay Brawl Stars

Brawl Stars merupakan game MOBA berbasis 3 vs 3. Permainan utamanya adalah Gem Grab yang menuntut dua tim pemain berebut permata dalam jumlah tertentu. Namun selain itu, permainan ini juga memiliki mode lain (disebut event). Ada Brawl Ball, Heist, BountySiege, dan Showdown yang berbumbu battle royale dan bisa dimainkan sendiri atau tim (2 orang). Ada juga event lain yang muncul bergantian.

event brawls stars

Game MOBA baru ini memiliki ritme permainan cepat (relatif imbang dengan Battle Bay). Terutama karena ukuran arena yang tidak besar. Ammo dan health cukup terbatas. Walau terisi otomatis, proses pengisian berjalan lambat (baru optimal ketika kita berhenti bergerak dan menembak)  

Jadi sebenarnya gameplay Brawl Stars ini cukup seru. Lumayan tidak membosankan karena mode permainan cukup beragam. Selain itu juga memberi ruang untuk permainan yang lebih taktis.

battle di brawl stars
Battle Gem Grab

Sayangnya, match making Brawl Star juga terkena penyakit seperti game MOBA lain. Karena berdasar trofi (poin hasil kemenangan), match making sering memberimu musuh dengan level yang berbeda. Artinya kekuatan yang berbeda pula.

Lalu, kalau kamu bermain dengan pemain random, kamu akan sering bertemu dengan pemain yang tidak mengerti tujuan mode permainan. Jadi walaupun kamu berjuang sekuat tenaga, tetap saja permainan tidak berjalan imbang. DItambah lagi, karena ini 3v3, kalau ada satu pemain tidak berfungsi, tim langsung jadi timpang.

Ada juga beberapa hal yang cukup menyebalkan lainnya. Tidak ada informasi ping untuk koneksi, tidak ada statistik setelah permainan (damage, dll), experience tidak terlalu berguna (hanya bonus koin untuk box), dll.

Brawlers

Dalam memainkan game ini, kamu bisa memilih dan memainkan satu hero. Di sini hero disebut dengan istilah Brawlers. Mulai dengan satu karakter, kamu bisa membuka brawlers lain seiring meningkatnya level.

Tiap brawler memiliki senjata yang berbeda dengan dua jenis serangan. Serangan biasa dan Super. Serangan super bisa kamu lakukan kalau indikator penuh (setelah berhasil menembak musuh beberapa kali). Tidak ketinggalan tiap brawlers juga bisa kamu naikkan levelnya. Tapi hanya lewat undian box, dan kenaikannya kecil.

brawlers brawl stars

Sejauh ini, rata-rata brawlers di game ini tidak seimbang dari sisi kemampuan untuk power level yang sama. Yah, sebenarnya tergantung mode permainannya juga. Tapi kamu akan menemui kalau tim yang menggunakan El Primo, Bull, atau Rosa akan sering mendominasi permainan. 

Hal ini akan nampak jelas ketika kamu bermain Heist, dan masing-masing tim langsung menyerang basis musuh. Yang memakai kedua brawlers itu akan lebih dulu menang. Tapi sekali lagi, tergantung dengan siapa kamu bermain. Ada juga pemain yang tidak bisa memanfaatkan kelebihan masing-masing brawlers.

Kontrol Yang Aneh

Brawl Stars menuntut koneksi internet yang cukup tinggi. Kalau ada sedikit drop pada ping, maka gerakan brawlers akan memantul (maju lalu mundur lagi) atau berhenti sama sekali. Bisa juga muncul peringatan dan permainan akan reload.

Hal ini menyebabkan gerakan dan serangan jadi sering terlambat atau tidak tepat. Apalagi untuk serangan yang membutuhkan gestur swipe, seperti Super. Misalnya, saat saya bermain sebagai Jessie dan melempar senapan mesinnya, seringkali ia jatuh bukan di tempat yang saya inginkan.

Hal ini ditambah buruk dengan tombol kontrol yang tidak konsisten. Tombol kontrol ini bisa bergerak sesuai posisi jari. Jadi kadang arah gerakan tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Memang ada setelan untuk mengunci posisi tombol. Namun, sejauh ini tidak berguna. Tetap saja, tombol kontrol kadang bergerak secara tak terduga. Yah, butuh waktu (dan koneksi cepat) untuk bisa menguasai kontrol dan gerakan brawlers.

Kesimpulan

Kesan pertama yang saya dapatkan adalah Brawl Stars menarik. Saya bermain game ini menggunakan ASUS Zenfone 5Z, Max Pro M2, dan Max Pro M1. Semua memberi pengalaman permainan yang serupa.

Saat ini game Brawl Star sudah cukup populer dan memiliki komunitas yang cukup kuat. Sayangnya tidak ada chat global untuk berkenalan sesama pemain. Hanya ada untuk teman atau guild. Sisi positifnya, tidak perlu membaca obrolan sampah dari pemain toxic.

Kalau kamu hobi main game MOBA dan penggemar game dari Supercell, Brawl Stars bisa jadi game yang cocok. Apalagi kalau kamu mencari permainan seru yang punya durasi singkat.

Sejauh ini, Brawl Stars adalah game yang seru dan menyenangkan. Hanya saja ada beberapa kendala yang mengganjal dan cukup bikin jengkel. Yah, tapi memang tidak ada permainan online yang sempurna. Yang penting bisa menghibur.

Download (Android)

Download iOS

Ringkasan
Brawl Stars adalah game yang menyenangkan, tapi punya banyak masalah. Lag, kemampuan brawler tidak seimbang, matchmaking buruk, kontrol kacau, bahkan ada progress wall.
Pro
Game seru
Cons
Lag
Brawler tidak seimbang
Matchmaking buruk
Kontrol tidak konsisten
Tidak ada info Ping
2