Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Breez: Aplikasi Cuaca Minimalis

Anom Penulis

Ada banyak aplikasi cuaca di Windows Phone. Banyak yang menarik. Salah satunya adalah Breez. Kenapa menarik? Karena Breez adalah aplikasi cuaca minimalis. Sebelumnya, kamu pernah mengulas The Forecast dan Simply Weather yang juga minimalis. Apa yang ditawarkan oleh Breez?

Fitur Breez

  1. Ramalan cuaca 24 jam (kondisi cuaca dan suhu)
  2. Melihat cuaca di satu kota untuk 3 hari (saat ini dan 2 hari mendatang)
  3. Mendukung ramalan cuaca di banyak kota
  4. Mendukung gestur pada penggunaannya
  5. Animasi pada cuaca tertentu
  6. Pin ke startscreen
  7. Mendukung 3 ukuran live tile

Tidak banyak ya fiturnya? Memang, aplikasi Breez hanya memberikan kita info utama saja. Info yang benar-benar kita butuhkan. Jujur saja, untuk kebutuhan praktis, apa ada yang benar-benar melihat statistik cuaca?

popculture.id

Nah, yang menarik dari Breez adalah gesturnya. Bagaimana kita mengoperasikan aplikasi ini, itu yang asik.

Seperti bisa dilihat di gambar di atas, tampilan Breez hanya berisi informasi saja. Itu saja? Tentu tidak. Pada cuaca tertentu, misalnya gerimis, Breez akan menampilkan animasinya. Tentunya tetap dengan desain minimalis. Lalu, seperti yang sudah kami sebut di fitur, Breez bisa menampilkan ramalan cuaca 24 jam. Untuk melihatnya, kita menggunakan gestur jari kita. Swipe ke atas, dan waktu akan bergerak maju. Warna background akan berubah seiring berubahnya waktu. Sedangkan kalau kita swipe ke bawah dan tahan, akan muncul ramalan cuaca untuk 3 hari dalam bentuk ikon. Kalau kita lepas jari kita, ramalan cuaca itu akan menghilang lagi ke atas.

Tampilan awal Breez akan menampilkan cuaca di lokasi kita berada. Kalau kita ingin menambah informasi cuaca kota lain, swipe ke kanan saja. Nanti akan muncul kolom pencarian, lengkap dengan saran pencarian saat kita mengisi. Gestur swipe ke kanan dan ke kiri merupakan gestur untuk berganti-ganti lokasi.

Kalau kita tap layar, maka Breez akan memberi kita beberapa pilihan. Pin ke start screen, setting, dan rating aplikasi. Di bagian setting, kita bisa mengatur satuan (Celcius atau Fahrenheit), efek (animasi), dan membaca lokasi. Breez mendukung 3 ukuran live tile dengan flip untuk informasi berbeda (kecuali tile small). Hanya saja, tile ukuran small ini kurang fungsional dengan ukuran font yang terlalu kecil.

Ada satu hal lagi yang menarik. Kalau kita pinchclose layar, Breez akan menampilkan semua kota yang kita tambahkan. Tampilannya mirip seperti fitur multitasking Windows Phone. Bedanya, layar Breez menampilkan 2 baris layar (jumlah kolom menyesuaikan). Di samping itu, ada layar kosong dengan tanda plus kalau kita mau menambah lokasi. Lalu, kalau kita taphold salah satu layar, akan muncul tanda silang di pojok untuk menghapus/menutup kota tersebut. Cukup ironis, karena fitur seperti ini banyak diminta untuk diterapkan di layar multitasking Windows Phone.

Kalau tertarik dengan aplikasi ini, bisa menuju Windows Phone Store dan men-download-nya secara gratis. Tersedia di region Indonesia, dan hanya tersedia untuk Windows Phone 8 saja.

    %d blogger menyukai ini: