Browser Firefox Kini Punya Fitur Terjemahan

Anom Penulis

Kabar baik buat kamu yang menggunakan browser Firefox. Karena kini Firefox punya fitur terjemahan. Sebuah fitur yang diharapkan sejak lama oleh para penggunanya.

Ya, karena — jujur saja — dalam hal ini Firefox cukup tertinggal dari para saingannya. Google Chrome, misalnya, sudah memiliki fitur terjemahan sejak lama. Begitu pun Microsoft Edge. Kedua browser ini mampu menerjemahkan seluruh halaman secara otomatis.

Hm, bisa kita maklumi sebenarnya. Karena baik Google dan Microsoft memang punya aplikasi terjemahan. Google Translate dan Microsoft Translator. Berbeda halnya dengan Mozilla.

Sebelumnya, pengguna Firefox harus mengandalkan add-on terjemahan untuk bisa melakukan alih bahasa. Itu pun masih brbasis seleksi teks. Belum seluruh halaman website.

Firefox Translations

Jadi, kini Firefox sudah punya fungsi terjemahan untuk website. Mmm… ya, semacam itu. Karena saat ini fitur ini masih beum hadir secara bawaan. Firefox Translations masih hadir dalam bentuk add-on.

Tapi add-on ini berbeda dengan yang lain. Ketika kita memasangnya, Firefox Translations duduk di dalam kotak alamat (onmibox) di sebelah tombol Favorit, bukan di barisan add-on (toolbar). Jadi rasanya lebih natural.

Ketika kita membuka sebuah website berbahasa asing (misalnya Jerman), Firefox akan langsung mengeluarkan peralatan terjemahannya. Kita bisa memilih beberapa tindakan yang akan kita ambil.

Saat ini, masih ada beberapa kelemahan dari sistem penerjemah di Firefox. Misalnya, proses terjemahan masih memakan waktu, walau tidak lama. Kemudian, pengenalan bahasanya masih terbatas pada bahasa tertentu (misalnya belum bisa menerjemahkan huruf Cina).

Lalu, selain dua hal di atas, Firefox juga belum memiliki pilihan terjemahan ke bahasa tertentu. Sejauh ini masih terikat dengan bahasa yang kita pilih untuk browser. Yang sejauh ini (sejauh saya coba), belum bisa kita pakai untuk menerjemahkan halaman website ke Bahasa Indonesia.

Perkembangan Lebih Baik

Yah, walau masih punya kelemahan, paling tidak ada perkembangan ke arah yang lebih baik. Minimal kita bisa menerjemahkan ke bahasa Inggris.

Kehadiran fungsi terjemahan di Firefox ini menurut saya cukup penting. Karena dengan fitur ini Firefox bisa cukup seimbang dalam aksesibilitas dengan browser lain yang berbasis Chromium.

Dengan begitu, memberikan pilihan yang cukup seimbang pada pengguna yang ogah pakai Google Chrome atau browser lain. Yah, bukan berarti Firefox minim fitur. Bagaimanapun sekarang Firefox sudah punya alat screenshot bawaan (tanpa perlu add-on atau ekstensi), sementara Chrome belum punya.

Jadi, yah… memang penambahan fitur yang menarik. Untuk yang tertarik, kamu bisa memasangnya melalui halaman add-on Firefox.

    %d blogger menyukai ini: