Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Browser Opera Dukung Alamat URL Berupa Emoji

🏠📱🆔

Anom Penulis

Kebayang gimana kalau alamat website berupa emoji? Opera mendukungnya. Iya, kamu bisa mengetik alamat website alias URL dalam bentuk emoji di browser Opera.

Opera mengklaim bahwa mereka merupakan yang pertama yang menerapkan cara selain huruf dan angka di kotak alamat browser. Untuk penerapan URL ini, Opera bekerja sama dengan Yat, perusahaan yang memungkinkan kamu memakai emoji sebagai identitas.

Pihak yang berminat memakai alamat website dalam bentuk emoji bisa membeli identitas emoji itu di situs Yat. Kemudian mengarahkan emoji itu ke website mereka.

opera emoji url

Opera memberi contoh rapper Lil Wayne yang menggunakan emoji untuk mengarahkan pengunjung ke website perusahaan rekamannya. Sementara DJ Steve Aoki mengarahkan emoji pilihannya ke website resmi.

Penerapan alamat url berupa emoji ini Opera sebut sebagai usaha agar browser mereka tetap berada di garis depan inovasi. Sebelum ini Opera sudah menambahkan VPN di browser, akses cepat ke aplikasi pesan (WhatsApp, Telegram, dll), dan akses ke aplikasi musik (Spotify, Apple Music, YouTube Music, dll).

Dari sisi visual, pemakaian emoji sebagai alamat URL website memang kelihatan lebih simpel dan menarik. Tapi apakah bikin proses lebih sederhana?

Bagaimanapun kita sudah terbiasa memakai huruf atau angka. Lalu pengetikan alamat website populer pun sudah dibantu oleh saran pencarian dari browser apapun, melalui mesin pencari.

Lalu, belum tentu semua orang paham maksud emoji yang bersangkutan. Jangan-jangan malah tidak ada yang paham kalau itu alamat website?

Yah, tapi siapa tahu hal ini bisa memberi identitas unik tersendiri. Kalau kamu kepikiran nggak bikin alamat berupa emoji?