opera vpn

Opera VPN Hadir Kembali, Kini Di Browser Android

Opera pernah memiliki aplikasi VPN gratis di ponsel. Namun aplikasi itu kemudian ditarik dari peredaran. Namun kini Opera VPN kembali hadir sebagai fitur di dalam browser untuk ponsel.

Kalau kamu seorang pengguna browser Opera, kamu tentu tahu kalau fitur tersebut ini tetap ada di browser Opera untuk PC. Aplikasi VPN di ponsel lah yang ditarik.

Rupanya Opera tetap mempertimbangkan fitur itu untuk perangkat bergerak. Setelah melalui masa uji coba alias beta, fitur ini hadir di browser untuk Android. Tepatnya versi 51.

vpn gratis opera

Ada beberapa hal yang menarik dari fitur VPN ini. Seperti sebelumnya, fitur ini hadir gratis. Kamu bisa menggunakannya tanpa membayar dan tanpa aplikasi atau plugin tambahan.

Kemudian, Opera juga menyebutkan kalau mereka tidak menyimpan catatan akses situs web (log) dari fitur tersebut. Seperti kita ketahui, ketika sebuah layanan hadir secara gratis, seringkali kita lah yang menjadi produknya. Biasanya melalui dan untuk iklan.

Untuk menggunakan fitur VPN di browser Opera, kamu tinggal melakukan dua langkah. Tekan tombol Setting dan tekan tombol untuk mengaktifkan fitur ini. 

Apabila kamu masih belum mengenal VPN, kamu bisa membaca artikel tentang VPN dari kami. Setelah itu, kamu bisa juga membaca tips memilih VPN yang baik.

Nah, kalau kamu memerlukan fitur ini, kamu boleh coba Opera VPN di versi 51 browser tersebut. Kalau kalian sudah menggunakannya, silakan cek apakah ada update terbaru. Kalau belum, silakan unduh dari Play Store.

Download (Android)

More Stories
Windows 10 Gratis untuk Insider