Membuat Screenshot Mudah Di Google Chrome Dengan Lightshot

buat screenshot dari chrome

Membuat screenshot memang semudah menekan tombol print screen. Tapi kalau kamu ingin fitur lebih, kamu bisa menggunakan aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi Lightshot.

Lightshot adalah sebuah aplikasi screenshot PC yang menawarkan fitur cukup banyak. Yang menarik, aplikasi ini bukan hanya bisa diunduh dan dipasang di PC saja. Tapi juga bisa ditambahkan di browser sebagai plugin.

Nah, kali ini membahas bagaimana menggunakan Lightshot untuk membuat screenshot dari browser. Untuk itu, kamu harus mengunduh dan memasangnya terlebih dulu dari Chrome Web Store.

Kalau sudah, mari kita telusuri caranya.

Cara Membuat Screenshot dengan Lightshot
  1. Buka situs web yang ingin kamu tangkap gambarnya.
  2. Klik tombol Lightshot di sebelah kanan kotak alamat URL.
  3. Lightshot akan membuka tab baru berisi tangkapan layar.
  4. Buat bidang yang ingin kamu ambil gambarnya dengan klik, tahan, dan geser kursor di layar.
  5. Atur posisi potongan dengan menggeser sisi kiri/kanan dan atas/bawah kotak.
  6. Pilih alat edit (coretan, garis, panah, kotak, tulisan) dari menu di sebelah kanan.
  7. Kalau sudah, kamu bisa memilih untuk menyimpan atau mengirimnya. Pilih di menu di sebelah bawah (untuk simpan tekan ikon disket).

membuat screenshot dengan lightshot

Walau tidak secepat menekan tombol print screen, plugin ini amat membantu. Apalagi kalau kamu ingin menambahkan beberapa hal lain di screenshot itu. Cukup pakai alat edit di sini dan tidak perlu buka aplikasi lain.

Ya, tentunya kalau kamu ingin mengedit lebih banyak atau lebih detil, kamu membutuhkan aplikasi editor foto yang lebih mumpuni. Tapi kalau untuk sekedar membuat screenshot dan edit ringan, plugin Lightshot ini sudah mencukupi.

Tentunya, kalau kamu ingin memakainya untuk layar desktop, kamu bisa mengunduh aplikasi Lightshot untuk sistem operasi bersangkutan. Caranya tidak jauh berbeda.