5 Aplikasi Screenshot PC yang Bisa Jadi Pilihan

aplikasi screenshot pc terbaik

Aplikasi screenshot apa yang kamu gunakan di PC? Apakah hanya menggunakan tombol print screen di keyboard? Berikut ini ada beberapa aplikasi screenshot PC yang layak jadi pilihan.

Sebenarnya, WIndows sudah memiliki Snipping Tool untuk membuat screenshot. Aplikasi ini pun sebenarnya sudah sangat memadai. Namun tidak ada salahnya melihat pilihan lain yang ada. Siapa tahu kamu lebih cocok dengan aplikasi lain.


BACA: Cara Menampilkan Layar atau Mirroring Android ke PC / Mac dengan Vysor


Biasanya, aplikasi screenshot lain menawarkan fitur yang lebih dari sekedar menangkap tampilan layar. Ada yang bisa menandai wilayah tertentu, mengirim ke media sosial, integrasi dengan layanan penyimpanan cloud, dll.

Lalu apa saja aplikasi yang layak dicoba? Mari kita lihat.

Lightshot

lightshot screenshot app

Lightshot merupakan aplikasi screen capture PC yang powerful. Kamu bisa memilih bidang yang mau diambil gambarnya, edit screenshot, upload ke internet, atau mencari gambar sejenis. Aplikasi Lightshot juga memiliki tampilan yang intuitif. Selain itu, aplikasi ini tersedia untuk berbagai platform. Tidak hanya Windows, tapi juga Mac dan berbagai browser (Chrome, Firefox, Internet Explorer, dan Opera).

Aplikasi Lightshot bisa kamu download gratis. Aplikasi ini juga tersedia untuk Mac.

DOWNLOAD

TinyTake

tinytake screenshot app pc

TinyTake tidak hanya berguna untuk membuat screenshot. Tapi juga berguna untuk merekam layar sebagai video.

Seperti aplikasi lain, TinyTake menawarkan membuat catatan di screenshot. Baik untuk gambar maupun video. Peralatan untuk menandai gambar yang dimilikinya cukup lengkap. Setelah selesai mengedit, kamu bisa membagi screenshot dengan siapapun menggunakan penyimpanan cloud TinyTake. Untuk video, kamu juga bisa mengirimnya ke YouTube.

TinyTake bisa digunakan secara gratis untuk keperluan personal, memiliki batasan rekaman 5 menit untuk video, dan batasan penyimpanan cloud sebesar 2GB. TinyTake juga tersedia untuk Mac.

DOWNLOAD

Screenpresso

aplikasi screenshot screenpresso

Screenpresso membantumu melakukan print screen dalam berbagai bentuk. Kamu bisa mengambil bagian tertentu layar, screenshot semua halaman website (termasuk saat scroll), dan termasuk merekam layar dalam bentuk video HD.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan peralatan image editor, widget (disebut workplace), dan kemampuan mengirim hasil print screen baik ke penyimpanan cloud Screenpresso, Google Drive, Microsoft OneDrive, Dropbox, Evernote, YouTube, OneNote, atau media sosial.

Screenpresso bisa diunduh gratis dengan batasan: Ada watermark Screenpresso untuk video capture, image editor terbatas, peralatan generator dokumen terbatas, dll.

DOWNLOAD


BACA: Cara Merekam Layar iPhone Tanpa Jailbreak


Clarify

aplikasi screenshot clarify

Clarify menawarkan membuat screenshot dengan cepat dan dengan berbagai variasi cara. Baik dengan tombol capture, shortcut di keyboard, atau ikon di toolbar. Seperti lainnya, kamu juga bisa mengambil gambar layar hanya sebagian saja.

Namun fitur paling menarik dari Clarify adalah aplikasi ini bisa membuat setiap screenshot menjadi urutan daftar. Hal ini memudahkan kalau kamu membuat tutorial dengan langkah-langkah berurutan. Fitur ini cocok untuk kamu yang hobi blogging.

Juga seperti aplikasi sejenis, Clarify memiliki fitur menambah catatan, border, dan peralatan edit gambar sederhana lain.

Aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk merekam layar dalam bentuk video. Clarify juga tersedia untuk Mac.

DOWNLOAD

ShareX

aplikasi screenshot terbaik sharex

ShareX merupakan aplikasi screenshot yang powerful. Sudah beredar selama 9 tahun, ShareX termasuk aplikasi yang memberikan begitu banyak fitur.

Kamu bisa membuat screenshot layar fullscreen, halaman website, monitor yang aktif (kalau menggunakan banyak monitor), wilayah tertentu, dll. Selain itu kamu juga bisa memilih tindakan setelah membuat screen capture. Apakah copy ke clipboard, melihat di Explorer, print, membuat catatan, image editor, langsung upload, dll.

Dukungan tujuan pilihan upload file pun beragam. Mulai dari Imgur, Google Photos, Twitter, Flickr, Pastebin, berbagai layanan cloud, dll. Kamu juga bisa menggunakan URL shortener pilihanmu, misalnya: bit.ly, goo.gl, vurl.com, dll.

ShareX bisa diunduh dan digunaan dengan gratis.

DOWNLOAD


BACA: 5 Aplikasi Transfer File Cepat Antar Perangkat


Itulah beberapa aplikasi screenshot yang layak jadi pilihan. Dengan pilihan aplikasi di atas, kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan kesukaanmu. Kalau kamu tetap lebih suka menggunakan Snipping Tool ya juga tidak apa-apa. Paling tidak, kamu tahu kalau ada alternatif lain.

Ada komentar?