Cara Buat Cadangan (Backup) WhatsApp dengan Enkripsi

backup encryptrion whatsapp
Anom Penulis

Kini cadangan percakapan WhatsApp sudah lebih aman dengan adanya enkripsi. Tapi bagaimana membuat backup WhatsApp dengan enkripsi itu? Kalau kamu belum tahu, silakan ikuti pemaparan ini.

Kita bisa membuat cadangan percakapan WhatsApp di cloud, tergantung perangkat. Kalau kamu pakai Android, maka Google Drive menjadi tempat penyimpanan data. Sedangkan kalau kamu menggunakan iPhone, tentu saja iCloud yang menjadi lokasi backup.

Awalnya, penyimpanan cadangan data ini tidak mendapat enkripsi. Namun pada tahun 2021, WhatsApp mengumumkan kalau akan menerapkan enkripsi pada cadangan data percakapan.

Hal ini akan membuat data percakapan yang tersimpan di cloud menjadi lebih aman. Karena data akan tersimpan dalam bentuk kode yang membutuhkan kunci untuk bisa melihatnya.

Nah, bagaimana membuat cadangan percakapan WhatsApp dengan enkripsi?

Cara mengaktifkan enkripsi pada backup WhatsApp

  1. Buka ‘Setting‘ WhatsApp
  2. Masuk ke pilihan ‘Chat‘.
  3. Masuk pilihan ‘Chat Backup‘.
  4. Tekan pilihan ‘End-to-end Encrypted Backup‘.
  5. Tekan ‘Turn On‘.
  6. Buat password (atau dengan kunci enkripsi) dan konfirmasi ulang ketika diminta.
  7. Tekan tombol ‘Create‘.

Harap kamu perhatikan. Jika kamu kehilangan password atau kunci enkripsi, maka cadangan datamu akan hilang. WhatsApp tidak bisa membantumu memulihkannya.

Lalu, proses di atas saya lakukan dengan aplikasi WhatsApp di iPhone. Tapi saya pikir prosesnya tidak akan jauh berbeda di ponsel Android. Yah, mungkin ada perbedaan tampilan.

Nah, itulah cara mengaktifkan enkripsi pada backup WhatsApp. Silakan cek aplikasi WhatsApp di ponselmu dan aktifkan jika belum. Jangan lupa, simpan password atau kunci enkripsi di tempat yang aman.

    %d blogger menyukai ini: