Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Canon EOS R5 C Resmi Hadir dengan Fitur Videografi yang Lebih Canggih

Indri Penulis

Canon resmi meluncurkan kamera terbaru Canon EOS R5 C. Dia adalah versi lebih canggih dari kamera Canon EOS R5 yang rilis 2020 lalu.

Wahai penggemar kamera, masih ingatkah kamu dengan kamera Canon EOS R5 yang rilis tahun 2020? Kamera tersebut masuk ke pasar Indonesia pada Juli 2020 dengan harga Rp 47 jutaan.

Canon EOS R5 memang sangat bagus untuk memotret gambar diam. Sayangnya kamera ini tak dibekali kemampuan perekaman video yang mumpuni. Membuatnya kurang cocok dipakai buat videografer.

Nah awal tahun 2022 ini, Canon akhirnya meluncurkan versi EOS R5 yang lebih canggih. Dinamai “Canon EOS R5 C,” kamera ini menawarkan fitur fotografi dan videografi yang sama-sama berkualitas tinggi. Kalau begitu, mari langsung saja kita lihat fitur-fitur menarik yang dimiliki kamera Canon terbaru 2022 ini.

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas, EOS R5 C tak hanya mirip dengan EOS R5 dari segi namanya saja. Kamera ini rupanya juga mengadopsi desain bodi yang hampir sama dengan EOS R5.

Walau bodinya hampir sama dengan EOS R5, namun EOS R5 C mengemas fitur berbeda dan tentunya lebih canggih. Kamera ini dibekali fitur pendingin aktif yang memungkinkan dia untuk merekam video 8K pada 30fps dalam waktu tak terbatas.

Tak hanya itu, kalau kamu mencolokkan kamera ke power supply eksternal,EOS R5 C otomatis bakal mengaktifkan mode perekaman 8K 60fps.

Masih soal perekaman video, EOS R5 C menawarkan total 3 mode perekaman yang terdiri dari 8K DCI RAW, RAW 12-bit 8K dan XF-AVC 10-bit 4K. Kamera ini juga dibekali dua slot kartu memori – satu CF Express Type-B dan satu SD UHS-II -, membuatnya bisa merekam video secara bersamaan ke dalam format dan resolusi yang berbeda.

Baca Juga:  Sony ZV-1F: Kamera Spesial Buat Vlogger & Konten Kreator

Lebih lanjut, kamera EOS R5 C juga mendukung perekaman kamera beresolusi 4K dan 1080p. Kalau sebelumnya kamu merekam video 4K lalu menurunkan resolusi ke 4K atau 1080p, rekaman akan di-oversampling dari 8K untuk meningkatkan kualitas dan mengurangi noise.

Nah yang nggak kalah menarik, EOS R5 C juga mendukung mode 4K pada 120fps dengan perekaman suara dan autofokus Dual Pixel. Kamera ini juga dibekali teknologi EOS iTR AF X untuk melacak posisi kepala dan wajah objek lho.

Sumber : Canon

Lanjut ke fitur lainnya. Kamera EOS R5 C telah mendukung adaptor mikrofon Tascam CA-XLR2d-C. Dukungan ini memungkinkan kamera merekam audio hingga 4 saluran. EOS R5 C juga memungkinkan pengguna untuk boot ke mode R5 atau Cinema EOS.

Dalam hal pemotretan gambar diam, EOS R5 C mengandalkan sensor 45MP full-frame dan prosesor Digic X. Untuk mode pemotretannya, kamera ini mengadopsi hampir semua mode pemotretan dari EOS R5.

Sumber : Canon

EOS R5 C mampu memotret gambar hingga 20fps. Kamera ini juga mendukung fitur pendeteksi mata, pelacak hewan dan kendaraan. Kamera ini secara native juga mendukung lensa pemasangan RF serta lensa EF menggunakan adaptor.

Dalam membidik gambar, EOS R5 C mengandalkan layar artikulasi 3,2” dan jendela bidik OLED 0,5”. Kamera ini juga dibekali 13 tombol navigasi yang tersebar di seluruh bodinya.

Terakhir, kamera ini mendukung fitur jarak jauh Browser (harus dipasangkan dengan aksesoris WFT-R10B), yang memungkinkan kamera bisa dikontrol penuh lewat web ponsel atau tablet. Kalau dipasangkan aplikasi Content Transfer Mobile, kamera ini bisa menyalin file dari kamera ke ponsel dengan mudah.

Sementara itu, EOS R5 C akan tersedia pada bulan Maret 2022 dengan harga $4.500 atau sekitar Rp 64,5 juta. Kami belum tahu apakah kamera ini bakal masuk Indonesia atau tidak. Tapi karena EOS R5 dulu dijual di Indonesia, semoga saja EOS R5 C bernasib sama.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Sony ZV-1, Kamera Sony Terbaru di Indonesia Harga Rp 9 Jutaan

Itu tadi spesifikasi, fitur unggulan dan harga yang ditawarkan kamera EOS R5 C. Kalau mau melihat penampakannya dengan lebih jelas, kamu bisa tonton video yang dibagikan Canon berikut ini.

Atau, kamu juga bisa nonton video di bawah ini. Video ini bakal memperlihatkan behind the scene Kevin Clerc saat membuat film petualangan menggunakan EOS R5 C.