Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Cara Aman Berbelanja Elektronik Online

Tanpa kita sadari, saat ini hampir semua kegiatan dilakukan secara daring atau online. Mulai dari belajar, bekerja, berobat, transaksi keuangan, bahkan hingga berbelanja. Kemudahan demi kemudahan kita rasakan dalam membeli produk dalam jaringan. Kita tidak perlu capek atau lelah berkeliling di jalan apalagi pada masa pandemi seperti sekarang.

Namun, perlu diketahui bahwa berbelanja online juga harus ada cara dan triknya. Terutama ketika kalian ingin membeli barang elektronik yang memerlukan banyak pertimbangan keamanan.

popculture.id

Hal ini disebabkan karena barang elektronik sama halnya dengan benda pecah belah yang cukup rentan. Kerusakan bisa saja terjadi pada saat pengemasan maupun dalam perjalanan pengiriman.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara agar belanja online menjadi terasa lebih aman nyaman dan aman.

Saat ini sudah bermunculan situs-situs aman dan terpercaya yang bisa kalian kunjungi untuk berbelanja produk elektronik.

Toko-toko merek tertentu juga menyediakan fasilitas pembelian online contohnya seperti Samsung, Phillips, bahkan Apple. Tidak perlu khawatir, kalian bisa menemukan berbagai merk produk elektronik ternama di sini. 

Apakah Aman Berbelanja Elektronik Secara Online?

Berbelanja produk apapun secara online, tentu akan memiliki risiko. Besar atau kecilnya risiko tersebut tergantung pada pengetahuan dari si pembeli. Untuk itu, sebagai calon pembeli, kita harus mengetahui apa saja yang harus diperhatikan ketika akan membeli produk elektronik.

Mulai dari pemilihan toko, pemahaman akan spesifikasi produk, mengatasi serangan godaan promo atau diskon, pemilihan jasa pengiriman dan lain sebagainya.

Jika ini adalah pengalaman pertama kalian, ada baiknya melakukan survei atau mencari informasi lebih jauh. Belanja online memang menyenangkan dan mudah. Namun, kemudahan itu juga datang bersama kesulitan jika kita belum memahaminya.

Nah, agar proses belanja aman dan barang pesanan sampai ke rumah dengan selamat, ada baiknya untuk mengikut beberapa tips-tips berikut:

Tips Berbelanja Elektronik Online

Berbelanja di Platform Terbaik

Platform atau e-market adalah pilihan tepat jika ingin berbelanja online. Hal itu dikarenakan proses transaksi keuangan lebih aman dan akan terbebas dari tindakan penipuan. Pastikan kalian tidak mentransfer uang di rekening pribadi yang dikirim dari nomor selalu platform tersebut.

Di beberapa pasar online memberi pilihan pelepasan uang barang jika produk sampai dan dalam keadaan baik. Jangan lupa untuk merekam proses unboxing atau kejadian ketika membuka paket barang elektronik yang dibeli. Bukti video bisa dikirim ke penjual jika ternyata mereka mengirimkan barang cacat.

Biasanya e-market yang terpercaya akan menghadirkan katalog-katalog dari toko atau mall terkemuka yang berkualitas. Kalian dapat berbelanja produk elektronik berkualitas tentunya dengan keamanan dan kenyamanan yang jauh berbeda dengan platform biasa.

Keunggulan lain adalah, toko-toko barang elektronik tersebut akan memastikan pengiriman aman dan memilihkan jasa pengiriman terbaik dan bertanggung jawab. Sehingga tidak perlu merasa was-was, tetapi video unboxing tetap diperlukan jika ingin mengajukan komplain yang tentunya akan dilayani dengan cara yang profesional.

Membaca Review dan Spesifikasi dengan Teliti

Ya, bacalah review pembeli sebelumnya dengan saksama. Hal ini dapat memberikan informasi tentang bagaimana kualitas toko online tersebut beserta produk yang diinginkan. Bahkan ketika ada promo diskon, dan lain sebagainya, kita harus benar-benar mempelajari syarat dan ketentuan yang berlaku. Jangan sampai justru kecewa karena terlalu tergesa-gesa memutuskan untuk membeli.

Pilih Jasa Pengiriman yang Tepat dan Aman

Jeli memilih jasa pengiriman yang tersedia juga penting. Barang elektronik harus dikirim dan dikemas dengan sangat hati-hati.

Jika jasa pengiriman yang dipilih ternyata memiliki review buruk, bisa-bisa produk yang diidam-idamkan justru rusak dalam perjalanan. Oleh karena itu, pilihlah jasa pengiriman yang berkualitas dan bisa menjaga barang elektronik aman sampai ke tempat tujuan.

Situs Belanja Elektronik Online Terpercaya

Begitu banyak situs yang menyediakan produk elektronik yang dapat dibeli secara online. Namun, tidak semuanya bisa kita kunjungi dan langsung melakukan transaksi tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Banyaknya kasus penipuan online mengharuskan kita untuk berhati-hati.

Maka, pilihlah situs yang berasal dari website besar bukan sekadar blog biasa. Hal ini dikarenakan untuk memiliki sebuah website diharuskan membayar secara kontinyu agar situs tersebut terus ada dalam jaringan pencarian online.

Sementara itu, blog biasa dapat dibuat secara gratis dan biasanya tampilan tokonya juga agak aneh dan terlihat asal, bahkan komentar-komentar pembeli terlihat dibuat-buat.

Pastikan kita membaca juga membaca review dan membaca rekomendasi orang lain mengenai situs tersebut. Hal ini membuktikan bahwa situs atau toko online tersebut memiliki pelanggan tetap atau pembeli yang setia.

Tentu saja hal itu disebabkan karena mereka puas dengan pelayanan dan kualitas dari situs itu.

    %d blogger menyukai ini: