4 Tips & Cara Atasi Ponsel Android Tidak Bisa Charge Daya

Indri Penulis

Apakah ponsel Android milikmu tidak bisa charge daya? Jika iya, kamu mungkin bisa coba tips dan cara mengatasinya berikut ini.

Smartphone adalah benda yang paling penting buat manusia. Tanpa smartphone, manusia nggak bakal bisa melakukan apa pun. Mau komunikasi dengan orang lain nggak bisa, bekerja nggak bisa, sampai mengakses hiburan pun mungkin nggak bisa. Ngeri ya?

Bahkan saking pentingnya benda yang satu ini, kadang si pemilik sampai nggak bisa lepas dari charger. Ya, charger adalah benda yang harus dibawa ke mana-mana. Jaga-jaga kalau smartphone kehabisan daya, mereka bisa langsung di-charge.

Tapi gimana jadinya kalau smartphone, khususnya smartphone Android tidak bisa charge daya? Kamu pernah atau justru sekarang sedang mengalami masalah itu? Wah, selamat ya. Pasti rasanya menjengkelkan banget.

Hahaha. Tapi tenang, kali saya bakal kasih tips dan cara mengatasi ponsel Android yang tidak bisa charge daya. Jangan bete dulu, mending praktikkan beberapa tips di bawah ini.

Sumber : Android Gadget Hacks

Restart Ponselmu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan saat ponselmu nggak bisa charge daya adalah dengan me-restart-nya. Sebab biasanya alasan kenapa ponsel nggak mau mengisi daya saat dicolokkan adalah ada sedikit gangguan koneksi.

Restart ponsel akan mematikan semua layanan latar belakang dan bisa menyelesaikan masalah pengisian daya pada ponselmu. Tak hanya itu, restart juga dapat menyegarkan komponen inti ponselmu, jika salah satu dari mereka mogok saat melakukan tugas.

Aktifkan Safe Mode

Kalau setelah melakukan cara pertama, tapi masih nggak berhasil, sekarang coba aktifkan Safe Mode pada ponselmu. Kenapa harus begitu?

Karena pada dasarnya, Safe Mode adalah mode yang bakal membatasi ponselmu ‘hanya dengan’ perangkat lunak yang awalnya dikirimkan. Itu artinya, aplikasi pihak ketiga yang kamu unduh tidak akan bekerja dalam Safe Mode.

Jika setelah mengaktifkan mode ini ponselmu mau mengisi daya, maka masalah pengisian daya yang terjadi sebelumnya bisa dipastikan gara-gara aplikasi pihak ketiga.

Setelah mengetahui hal ini, coba deh ingat-ingat apa saja aplikasi yang kamu unduh baru-baru ini. Kalau misalnya ada aplikasi yang mencurigakan, uninstall saja mereka dan setelah itu restart ponselmu.

Bersihkan Port Charger

Bagi sebagian orang, membersihkan port charger mungkin adalah aktivitas yang ‘jarang banget’ dilakukan. Ya, saya pribadi sebenarnya sama seperti itu sih. Pasalnya bagian ini hampir nggak pernah terlihat kotor. Hahaha.

Tapi ternyata jarang membersihkan port charger juga bisa menimbulkan masalah pengisian daya lho. Sebab kita nggak pernah tahu, siapa tahu di dalam port ada debu atau kotoran yang menempel. Sehingga hal tersebut akan mengganggu masuknya arus listrik ke ponsel.

Terus gimana cara membersihkan port charger? Cara yang paling aman dan mudah adalah menggosok area dengan lembut menggunakan kapas kering. Jangan gunakan kapas atau kain lembab, karena dikhawatirkan hal tersebut justru akan merusak port.

Coba Kabel atau Adaptor yang Berbeda

Cara yang kelima ini mungkin selalu yang pertama dilakukan pemilik ponsel, saat ponsel mereka nggak mau mengisi daya.

Ya, kalau kamu sudah mempraktikkan dua cara sebelumnya dan ponsel masih nggak mau mengisi daya, cobalah menggunakan kabel charge atau adaptor yang berbeda. Sebab bisa saja kabel charge-mu longgar, atau adaptornya memang sudah nggak berfungsi.

Untuk mengetahui masalahnya, kamu tinggal coba pakai kabel atau adaptor lain. Kalau setelah itu ponselmu mau mengisi daya, berarti masalah ada pada kabel atau adaptormu. Mending ganti yang baru saja kalau begitu.

Itu tadi beberapa tips mengatasi ponsel Android yang nggak mau mengisi daya. Kalau kamu punya laptop dan mengalami masalah yang sama, kamu juga bisa baca tips mengatasi laptop yang nggak mau di-charger.

    %d blogger menyukai ini: