Tips Mengatasi Charger Laptop yang Tidak Mau Mengisi Daya

Status ‘plugged in, not charging’ menandakan laptop terhubung ke charger, tapi tidak mau isi daya. Berikut ini cara mengatasi laptop tidak mau mengisi daya.

Saat mengisi daya laptop, kalian akan melihat status ‘plugged in, charging.’ Hal ini menandakan laptop terhubung ke charger dan sedang mengisi daya.

Namun secara tiba-tiba status itu berubah menjadi ‘plugged in, not charging.’ Hal ini menandakan laptop tidak mengisi daya sama sekali.

Charger yang tidak mau mengisi daya tentu menjadi masalah serius. Sebab hal ini dapat mempengaruhi produktivitas laptop.

Sumber Gambar : PC Mag

Berikut ini cara mengatasi charger laptop yang tidak mau mengisi daya:

Pasang Kabel Charger dengan Benar ke Laptop

Ada beberapa charger laptop yang sensitif. Charger tipe ini biasanya harus dipasang dengan benar ke laptop agar mau mengisi daya.

Pastikan adaptor sudah terhubung dengan kabel sambungannya. Selain itu, sambungan kabel jack ke laptop dengan benar.

Apabila charger telah terdeteksi di laptop, akan muncul status ‘plugged in’ di layar. Status ini menandakan laptop terhubung ke charger, namun tidak mengisi daya.

Jika charger yang digunakan kurang stabil, sambungkan kabel jack dengan benar sampai mengisi daya. Kalian bisa gunakan lakban agar kabel jack menempel stabil di laptop.

Diamkan Adaptor Panas Beberapa Saat

Adaptor yang terlalu lama digunakan biasanya cepat panas. Jika sudah panas, coba cabut adaptor dari laptop, dan biarkan adaptor dingin.

Charger yang terlalu panas bisa merusak dirinya sendiri. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat berimbas ke kualitas baterai laptop.

Jika adaptor sudah tidak panas, lanjutkan proses charging. Lakukan hal ini demi kebaikan charger dan baterai laptop kalian.

Periksa Konektor, Voltase dan Ampere Charger

Periksa besaran konektor, voltase dan ampere charger. Periksa ketiga hal tersebut, apakah sama atau lebih besar dari laptop.

Mungkin kalian kebetulan menggunakan charger yang cocok untuk semua laptop. Jika iya, pastikan voltase dan komponen lain sama dengan laptop.

Charger yang berbeda dengan laptop biasanya menghambat proses pengisian. Perbedaan merek tidak masalah, asalkan voltase, ampere dan konektor sesuai laptop dan baterai.

Jangan Sampai Kabel Terlilit

Ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan pengguna laptop. Meskipun terlihat sepele, namun sesekali perhatikanlah keadaan kabel charger.

Kabel charger yang terlilit dapat menimbulkan kerusakan. Terlebih jika kalian menggulung kabel saat charger masih panas (baru dicabut dari laptop).

Kesalahan di atas dapat membuat charger tidak mau mengisi daya. Jika sudah terlanjur, regangkan kabel adaptor, tunggu dingin dan hubungkan lagi ke laptop.

Pinjam Charger Teman

Jika cara di atas sudah dicoba namun belum membuahkan hasil, coba ganti charger. Hubungkan charger tersebut ke laptop, dan lihat apa yang akan terjadi setelahnya.

Apabila charger laptop mau mengisi daya, maka masalah memang ada di charger kalian. Namun jika charger pinjaman masih tidak mengisi daya, berarti masalah ada di baterai laptop.

Kalian bisa membeli charger baru untuk laptop. Namun saya sarankan, belilah charger laptop yang original atau sesuai merek.