Cara Blokir dan Lapor SMS Spam Agar Tidak Mengganggu Kehidupan

sms spam

Sering dapat SMS pinjaman modal usaha, undian, sampai judi yang mengganggu? Ada cara agar bisa blokir dan laporkan SMS spam itu agar tidak mengganggu lagi. Ingin tahu? Simak ya.

Walau SMS sudah cukup lama kita tinggalkan dengan kehadiran WhatsApp, ternyata sarana komunikasi ini masih jadi pilihan untuk menebar usaha penipuan. Hampir semua orang pernah menerima SMS soal penawaran pinjaman, jadi pemenang undian, bahkan sampai main judi.

Nah, kalau kamu merasa terganggu, kamu bisa melakukan cara di bawah ini agar terhindar dari SMS spam. Jangan lupa laporkan juga SMS spam itu.

Blokir dari Aplikasi Pesan

Di sini aplikasi yang kami gunakan adalah aplikasi Pesan dari Google. Mengingat smartphone Android bisa memiliki aplikasi berbeda sesuai merk, fitur blokir ini bisa ada dan bisa juga tidak tersedia di aplikasi Pesan di smartphone-mu.

Kalau kamu tidak menemukan fitur blokir SMS di aplikasi Pesan di smartphone Android, silakan unduh aplikasi Pesan Google di Play Store.

Psst, aplikasi Pesan dari Google ini sekarang bisa pakai data seluler juga dan bisa kamu pakai lewat browser komputer.

Cara Blokir SMS Spam

  1. Ketika menerima SMS spam, tekan pesan itu agak lama.
  2. Tekan ikon ‘Blokir’ ๐Ÿšซ yang ada di sudut kanan atas.
  3. Tekan tombol ‘OK’ untuk konfirmasi tindakan ‘Blokir & laporkan spam’.
    • Jangan lupa centang pilihan ‘Laporkan spam’.
  • blokir sms spam

Lalu bagaimana kalau tidak sengaja memblokir SMS penting dari nomor terpercaya? Tenang, kamu bisa mencabut blokir pesan itu dari aplikasi.

Cara Batalkan Blokir Pesan

  1. Tekan ikon ‘Menu’ โ‹ฎ di sisi kanan kotak pencari.
  2. Tekan pilihan ‘Spam & diblokir’ dari menu.
  3. Buka pesan yang ingin kamu pulihkan.
  4. Tekan ‘Batalkan pemblokiran’ dari kotak pemberitahuan.
  • batalkan blokir sms

Laporkan SMS Spam ke BRTI

Kamu juga bisa lapor SMS spam ke Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Salah satu cara untuk membuat aduan BRTI di situs resmi dengan fitur obrolan/chat yang ada. Kamu harus mengisi beberapa informasi untuk melakukannya.

Tapi kalau kamu ingin cara yang lebih gampang, kamu bisa mengajukan aduan SMS ke akun @aduanBRTI. Melalui fitur DM, beri detil informasi yang dilengkapi dengan tangkapan layar alias screenshot.

%d blogger menyukai ini: