Begini Cara Cek Apakah Akun Tokopedia Bocor atau Tidak

Jutaan akun Tokopedia kabarnya telah bocor! Dari pada penasaran, begini nih cara cek apakah akun Tokopedia kalian ikut bocor atau tidak.

Tokopedia adalah salah satu platform e-commerce populer di Indonesia. Platform ini telah membantu jutaan orang untuk melakukan aktivitas jual beli secara online.

Sayangnya baru-baru ini ada kabar miring yang menerpa Tokopedia. Kabarnya, 91 juta akun Tokopedia dilaporkan bocor dan dijual ke Dark Web.

Kabar tersebut otomatis membuat semua pengguna Tokopedia panik. Nah dari pada panik, mending kalian coba cara cek apakah akun Tokopedia bocor atau tidak.

Sumber Gambar : Debate

Cara Cek Akun Tokopedia yang Bocor

Jadi awalnya, kasus ini diketahui lewat akun Twitter @underthebreach. Akun tersebut mengklaim kalau dirinya sebagai penyedia layanan pengawasan dan pencegahan keboroan data dari Israel.

Akun tersebut mengatakan kalau peretasan sudah terjadi sejak 20 Maret 2020. Sedangkan data yang bocor antara lain User ID, email, nama lengkap, tanggal lahir, nomor HP, jenis kelamin, dan password.

Tidak sampai di situ, data 91 juta pengguna Tokopedia ini dijual dengan harga cukup tinggi. Yakni sebesar $5.000 atau sekitar Rp 75 juta.

Lalu bagaimana cara memeriksa akun Tokopedia yang bocor? Sebenarnya kalian bisa memanfaatkan beberapa situs untuk melakukan hal ini. Sebagai contoh, di sini saya memakai Avast dan Google.

Oya, cara di bawah ini tidak hanya bisa dipakai untuk memeriksa akun Tokopedia ya. Kalian juga bisa pakai situs di bawah ini untuk memeriksa akun e-commerce dan media sosial lho.

Avast

Kalian mungkin mengenal Avast sebagai salah satu antivirus terbaik. Ya tidak salah sih. Tapi selain antivirus, Avast juga punya situs web mereka sendiri lho.

Situs ini bisa kalian pakai untuk memeriksa email Tokopedia, apakah pernah bocor atau tidak. Caranya, cukup bukan URL β€˜www.avast.com/hackcheck.’

Sumber Gambar : Avast

Setelah itu, kalian cukup masukkan email ke kolom yang disediakan. Selanjutnya, Avast akan mengirim laporan hasil pencarian email kalian. Kalau email pernah bocor, kalian bisa lihat tanggal kebocoran secara detail.

Google

Mungkin beberapa dari kalian hanya tahu kalau Google cuma mesin untuk menemukan informasi. Masih sedikit orang yang tahu kalau Google juga bisa dipakai untuk memeriksa akun bocor.

Jadi sebenarnya Google itu memiliki fitur pemeriksaan password. Nah, fitur ini telah disinkronkan dengan Android dan Chrome. Untuk memakai fitur ini, kalian cukup kunjungi β€˜passwords.google.com.’

Sumber Gambar : Google

Setelah itu, kalian cukup memasukkan kata sandi email. Selanjutnya Google akan menampilkan hasil pencarian mereka. Kalian bisa tahu, apakah kata sandi pernah bocor atau tidak.

%d blogger menyukai ini: