Cara Cek Kondisi Baterai Laptop Windows 10

Mungkin ada di antara kamu penasaran dengan bagaimana melakukan cek baterai pada laptop Windows. Nah, silakan simak tutorial berikut ini.

Di Windows (dalam hal ini Windows 10), kamu memang bisa mengatur penggunaan baterai. Termasuk melihat pemakaian baterai di tiap aplikasi jika kamu melihatnya di ‘Setting’.

Tapi di sana tidak ada informasi detil mengenai kondisi baterai laptop sebenarnya. Sehingga kamu tidak bisa memperkiraan usia pemakaian laptop lebih jauh. Cukup menyebalkan ya?

Tenang. Sebenarnya ada cara untuk melihat informasi kondisi baterai laptop secara detil. Namun caranya memang tidak semudah klik tombol.

Lalu bagaimana cara melihat kondisi baterai laptop?

Cara Cek Baterai Laptop di Windows 10

  1. Klik kanan tombol ‘Windows‘.
  2. Pilih ‘Windows PowerShell (Admin)‘.
  3. Di aplikasi PowerShell itu, ketik: powercfg /batteryreport /output "C:\battery-report.html" (atau copas tulisan itu).
  4. PowerShell akan membuat laporan kondisi baterai dan menyimpannya di komputermu.
  5. Buka File Explorer dan menuju ke This PC > OS (C:).
  6. Di drive C itu, cari dan buka file ‘battery-report‘ (file dalam bentuk HTML dan bisa dibuka di browser).

Di laporan itu, kamu bisa melihat informasi kasitas baterai asli (design capacity) dan kapasitas maksimal saat ini (full charge capacity), juga jumlah total siklus pengisian daya selama ini (cycle count).

Selain itu, ada pula laporan detil mengenai riwayat pemakaian baterai, baik penggunaan terakhir dan perkiraan waktu pemakaian. Lengkap, baik dalam bentuk tabel dan grafik. Jika baterai laptop milikmu sudah tidak sehat atau ada kendala, laporan ini juga akan memberi peringatan.

Kalau kamu memakai laptop dengan hati-hati demi menjaga baterai tetap awet, mungkin kamu akan melihat proses penurunan performa yang wajar (bertahap, tidak drastis). Tapi kalau kamu melihat ada penurunan kapasitas yang drastis, bisa jadi ada masalah atau kamu punya kebiasaan buruk (misalnya tidak mencabut kabel daya setelah baterai penuh).

Nah, itulah cara melakukan cek kondisi baterai pada laptop Windows 10. Semoga bisa membantu. Jangan lupa, kebiasaanmu dalam memakai laptop bisa menentukan umurnya.

%d blogger menyukai ini: