Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Cara Cek Tagihan Listrik Awal Bulan Secara Online Lewat HP, Lebih Praktis

Indri Penulis

Ingin tahu bagaimana cara cek tagihan listrik yang mudah? Perkembangan teknologi saat ini sudah canggih. Kita bisa memeriksa tagihan listrik melalui smartphone alias hp secara online.

Listrik memang menjadi kebutuhan pokok semua orang saat ini. Tanpa listrik, semua hampir semua kegiatan akan tertunda.

Misalnya pekerjaan di sebuah pabrik tempat setiap mesin membutuhkan listrik sebagai daya penggerak. Jika tidak ada listrik, maka mesin tersebut tidak bisa beroperasi.

Selain itu, listrik pasti dibutuhkan setiap rumah. Di rumah, listrik berguna untuk menghidupkan berbagai peralatan elektronik dan lampu sebagai penerang.

Lalu apakah kalian bisa bayangkan jika tidak ada listrik? Listrik padam hanya beberapa jam saja sudah sangat menghambat pekerjaan, apalagi sampai tidak ada listrik.

Kini hampir seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati akses listrik. Namun penggunaan listrik ini tidak bisa dinikmati begitu saja, sebab masyarakat harus membayar tagihan listrik.

Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online di HP

Ada dua cara yang bisa kalian tempuh untuk memeriksa tagihan listrik bulan ini. Baik lewat aplikasi atau website.

1. Lewat Aplikasi PLN Mobile

Kalian bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile baik untuk Android (Play Store) maupun iPhone (App Store). Di aplikasi ini terdapat fitur untuk cek tagihan rekening listrik, riwayat pemakaian kwh listrik, dll.

Cara cek tagihan listrik lewat aplikasi PLN

  • Buka aplikasi PLN Mobile.
  • Tekan tombol Token & Pembayaran.
  • Masukkan Nomor ID pelanggan (IDPEL).
  • Tekan tombol Periksa.

Akan lebih baik jika kalian mendaftarkan atau menambah nomor ID pelangganmu di aplikasi. Jadi kalian bisa secara rutin memeriksa, tanpa harus selalu memasukkan nomor ID pelanggan PLN.

Lalu, seperti yang kalian lihat, di sana juga termasuk untuk Token atau yang Non Tagihan Listrik. Selain itu, kalian juga bisa mengajukan pengaduan jika ada masalah.

2. Lewat Website

Tagihan listrik juga bisa kalian periksa melalui website. Kalian bisa melakukannya lewat aplikasi browser di ponsel.

Cara memeriksa tagihan listrik melalui website PLN:

Catatan: Kelihatannya layanan via website saat ini sedang bermasalah.

3. Lewat Aplikasi Mobile Banking

Kita kini sudah bisa membayar tagihan listrik melalui aplikasi mobile banking. Dengan begitu, hal ini juga bisa menjadi salah satu cara cek tagihan listrik secara online lewat hp.

Caranya bisa berbeda tergantung bank apa yang kalian gunakan. Namun, jika kalian sudah mendaftarkan nomor ID Pelanggan, seharusnya kalian bisa cek apakah ada tagihan listrik yang harus dibayar bulan ini. Di sini kami mencontohkan dengan BCA.

Cara cek tagihan listrik melalui aplikasi BCA Mobile.

  • Masuk ke aplikasi BCA Mobile.
  • Tekan pilihan m-Payment.
  • Tekan Publik/Utilitas.
  • Pilih PLN untuk nama perusahaan.
  • Pilih IDPEL dari Daftar Pembayaran (daftarkan jika belum)
  • Tekan Send.
  • Akan muncul jumlah tagihan yang harus dibayar.

Tentu, karena kalian melihat tagihan listrik ini di aplikasi bank, maka kalian juga bisa langsung membayarnya. Enak kan?

Cara Cek Tagihan Listrik Biasa

1. Lewat Telepon

Cara pertama adalah dengan melakukan panggilan telepon. Cara ini sangat mudah, karena kalian hanya perlu menghubungi customer service PLN.

Untuk melakukan panggilan ke call center PLN, cukup telepon ke 123. Jangan lupa untuk mencantumkan kode daerah.

Misalnya kalian tinggal di Jakarta, maka telepon ke (021)-123. Selanjutnya akan ada petunjuk dari operator. Kalian hanya perlu mengikuti petunjuk tersebut.

Jangan khawatir pulsa cepat habis, sebab panggilan ini dikenakan tarif telepon normal. Panggilan ke call center bisa dilakukan kapan pun, sebab PLN melayani selama 24 jam.

2. Lewat SMS

Tidak hanya via telepon, kalian juga bisa memeriksa tagihan listrik via SMS. Ada dua pilihan yang bisa digunakan untuk cara ini.

Pertama, kalian bisa memeriksa tagihan untuk pemakaian listrik selama satu bulan. Kedua, yaitu memeriksa tagihan listrik secara realtime.

Jika menggunakan cara ini, maka kalian harus berlangganan setiap bulan untuk mendapat informasi tagihan listrik. Berikut cara periksa tagihan listrik via SMS:

Cek Tagihan Listrik per Bulan

Kirim SMS dengan format: REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Contoh, REK 99901276577 kirim ke 8123.

Cara Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik

Kirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (Spasi) 12 digit ID Pelanggan, kirim ke 8123. Misal, PLN ON 99901276577 kirim ke 8123.

What’s Next

Sekarang kalian sudah tahu cara cek tagihan listrik secara online dan offline lewat hp. Seiring kemajuan jaman, semuanya memang bisa lebih mudah kita lakukan. Terutama karena sebagian besar layanan kini punya aplikasi.

Nah, karena sudah mudah, kalian bisa memantau terus rekening listrikmu. Termasuk supaya jangan sampai terlambat. Selamat mencoba.