Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

2 Cara Crop Video di Clipchamp, Sama Mudahnya

crop video clipchamp
Anom Penulis

Dengan banyaknya format ukuran gambar dan video di media sosial, kemungkinan besar kamu akan berurusan dengan proses edit yang namanya crop. Kali ini kami membahas dua cara crop video di Clipchamp, aplikasi editor bawaan Windows.

Apa itu Crop?

Crop (cropping) adalah proses memotong ukuran dimensi video. Misalnya dari 1920×1080 pixel menjadi 1080×1080 pixel. Dengan kata lain, crop mengubah bentuk atau memperkecil bidang tampilan.

Ini berguna misalnya jika kamu mau melakukan posting di beberapa media sosial berbeda. Misalnya dari video YouTube yang berukuran 1920×1080 (HD) menjadi video iklan di Instagram berbentuk bujur sangkar 1080×1080.

Selain itu, cropping juga berguna jika kamu mengatur layout klip video bersama dengan beberapa obyek lain. Misalnya empat klip video berbeda di dalam satu tampilan.

Cara Crop Video di Clipchamp

Sebagai aplikasi editor video — yang kini jadi bawaan Windows — Clipchamp juga punya cara untuk memotong ukuran dimensi tersebut. Paling tidak ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

Crop dengan tool

Clipchamp memiliki tool atau alat untuk cropping. Tool ini akan memotong dimensi video sesuai keinginan atau kebutuhanmu.

Crop tool cocok kamu pakai jika ingin menampilkan obyek lain (teks, gambar, atau video) di dalam proyek yang kamu kerjakan.

Cara memakai tool crop Clipchamp:

  1. Klik klip video yang ingin kamu crop.
  2. Tekan tombol crop yang ada di menu (sebelah kiri).
tombol crop aplikasi clipchamp
tombol crop aplikasi Clipchamp
  1. Akan muncul kotak lain, selain kotak dimensi video. Ubah ukuran kotak kedua untuk menentukan tampilan crop.
  2. Geser kotak video untuk menyesuaikan posisi video di bidang kerja.
  3. Jika sudah sesuai, tekan tanda centang.
mengatur ukuran crop dan posisi video
atur ukuran crop dan posisi video

Kamu sudah melakukan cropping. Kini kamu bisa mengatur posisi video hasil crop itu di bidang kerja. Kamu bisa menambahkan teks, gambar, video, dll untuk menemaninya. Kamu bisa juga memperbesar dan memperkecil klip video tersebut.

Baca Juga:  Tutorial Edit Video CapCut Untuk Pemula di Smartphone
hasil crop

Crop dengan mengubah rasio

Mengubah rasio akan merubah bidang kerja editing. Saat ini Clipchamp menyediakan beberapa rasio bidang gambar, yaitu: 19:6 (widescreen), 6:19 (portrait), 4:5 (social), 2:3 (vertical), dan 21:9 (cinematic).

Cara ini lebih cocok kalau kamu memang ingin melakukan crop cecara keseluruhan. Karena tentu saja, mengubah rasio berhubungan dengan bidang tampilan.

Cara crop dengan mengubah rasio:

  1. Buka atau buat proyek video.
  2. Klik tombol rasio yang ada di sebelah kanan atas (di bawah tombol Export).
  3. Pilih salah satu rasio, sesuai yang kamu butuhkan
pilihan rasio gambar aplikasi clipchamp
pilihan rasio Clipchamp
  1. Klik klip video, lalu tarik titik di pojok untuk menyesuaikan ukurannya.
  2. Geser video jika perlu menyesuaikan posisinya.
sesuaikan ukuran dan posisi

Gunakan Tool & Rasio

Tentu, kamu bisa menggunakan keduanya. Apalagi jika kamu menaruh beberapa klip video berbeda dan menargetkan media sosial yang berbeda pula.

Kamu bisa memotong keseluruhan klip dari 16:9 menjadi 1:1, lalu memotong klip lain sesuai keinginan, dan menumpuknya. Semua tergantung kreativitasmu.

Kesimpulan

Crop memang salah satu proses editing yang paling dasar. Namun, di sisi lain, crop juga merupakan salah satu tool yang paling berguna.

Karena Clipchamp sekarang jadi aplikasi editor video bawaan Windows, kemungkinan besar kamu tidak perlu mencari aplikasi lain. Dengan begitu, mengetahui fungsi dasarnya akan bermanfaat.

Nah, kalau kamu belum pernah memakai Clipchamp, silakan coba. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai platform dan juga bisa kamu pakai lewat browser.