Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

8 Cara Jitu Buat Dapat Uang dari YouTube, Dijamin Cuan Terus!

Indri Penulis

Gimana sih cara dapat uang dari YouTube? Banyak kok caranya! Mungkin kamu bisa coba beberapa metode yang saya bagikan ini.

Sudah bukan rahasia lagi kalau YouTube nggak cuma tempatnya orang streaming video. Lebih dari itu, platform ini juga telah lama menjadi tempatnya orang untuk mengais peruntungan.

popculture.id

Kalau dulu YouTube mungkin cuma mengandalkan iklan untuk membayar kreatornya, sekarang berbeda. Seiring berkembangnya waktu, YouTube telah meluncurkan berbagai layanan dan fitur baru yang memungkinkan YouTuber mendapat ‘uang jajan tambahan.’

Nah buatmu yang masih bingung soal gimana cara dapat uang dari YouTube, mudah banget. Kali ini saya akan bocorkan beberapa tips cuan dari YouTube. Yuk langsung saja simak caranya!

YouTube Ads

YouTube Ads adalah cara paling tradisional menghasilkan cuan dari YouTube. Metode ini memanfaatkan iklan yang muncul sebelum atau selama video-mu diputar.

Kalau kamu sudah join dengan YouTube Partner Program (YPP), kamu bisa langsung mengaktifkan monetisasi iklan buat satu atau beberapa video di channel-mu. Oya, pastikan video-mu sudah memenuhi pedoman konten yang cocok buat pengiklan YouTube supaya bisa jalanin iklan ya.

Pakai Fitur Super!

Pernah nonton live streaming di YouTube? Kalau iya, kamu mungkin pernah melihat ada beberapa pesan chat yang terlihat menonjol atau seolah-olah lebih disorot daripada yang lain kan? Nah seperti itulah contoh fitur monetisasi YouTube Chat di live chat.

Hal tersebut terjadi karena YouTube telah mengaktifkan fitur Super Chat di live streaming dan premiere mereka. Fitur monetisasi ini memungkinkan audiens membayar sejumlah uang supaya pesan mereka lebih disorot selama sesi live streaming.

Selain itu, coba juga untuk mengaktifkan Super Sticker. Lewat fitur tersebut, akan ada audiens yang rela membayar uang agar bisa mengirimkan stiker-stiker menarik selama siaran langsung.

Terakhir manfaatkan juga fitur Super Thanks. Fitur ini memungkinkan penonton menunjukkan apresiasi mereka ke kamu dengan cara menggelontorkan sejumlah uang yang nanti disalurkan langsung ke kreator.

Paid Sponsorship / Sponsor Berbayar

Sesuai namanya, sponsor berbayar adalah ketika ada suatu brand atau bisnis yang mau membayar / mensponsori YouTuber untuk membayar, menggunakan atau mendemonstrasikan produk mereka dalam sebuah video.

Yah walaupun sponsor dikasih oleh brand ke si YouTuber, tapi sebenarnya metode ini bakal menguntungkan kedua belah pihak lho.

Tapi perlu kamu pahami, sponsor ini sangat sulit didapat. Biasanya pemberi sponsor cuma mau memberikan sponsor ke YouTuber kelas kakap yang subscriber dan viewer-nya nggak kaleng-kaleng. Untuk mendapat sponsor, kamu bisa coba tunjukkan kepada pemberi sponsor tentang pekerjaanmu sebelumnya, hasil YouTube Analytics, dan juga tingkat engagement.

Affiliate

Gimana cara kerja program affiliate / afiliasi? Sederhana sih. Jadi ketka kamu sudah bergabung dengan program pemasaran afiliasi, kamu akan mengarahkan audiens-mu ke produk merek atau halaman arahan lewat tautan afiliasi yang ada di video. Nah nanti setiap kali audiens melakukan pembelian lewat tautan afiliasi yang kamu pasang, kamu bakal mendapat komisi dari setiap penjualan tersebut.

Channel Membership

Apa itu YouTube Channel Membership? Jadi ini adalah langganan bulanan dengan imbalan keuntungan eksklusif. YouTuber bisa memberikan penawaran eksklusif supaya orang mau ikut membership seperti diskon produk, live chat 1:1, video eksklusif, dll. Untuk biaya langganannya sendiri bebas ditentukan oleh si YouTuber.

Merchandise

Kalau kamu punya channel dengan lebih dari 10.000 subscriber, kabar bagus nih. Kamu bisa jual merchandise lewat galeri merchandise yang muncul di setiap halaman video. Pada dasarnya, fitur ini tergabung dalam fitur YouTube Shopping yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

YouTube Shorts Fund

Di bulan Mei 2021, YouTube telah menggelontorkan uang sebesar $100 juta khusus buat kreator Shorts. Uang tersebut bakal didistribusikan setiap bulan ke kreator YouTube Shorts selama tahun 2021 – 2022.

Karena tahun 2022 masih tersisa beberapa bulan, ini kesempatanmu. Dengan program ini, itu artinya YouTube bisa mengeluarkaan mulai dari $100 – $10.000 tergantung pada engagement dan jumlah penayangan pada video Shorts-mu. Tapi perlu kamu tahu, kelayakan video bakal diperbarui setiap bulannya. Jadi kalau kamu nggak memenuhi syarat di bulan ini, kamu bisa memenuhi syarat di bulan berikutnya atau sebaliknya.

YouTube Premium

YouTube Premium adalah layanan berlangganan yang ditawarkan oleh YouTube. Anggota bisa nonton konten bebas iklan, download video, mengaktifkan pemutaran di latar belakang, dll.

Terus gimana caranya YouTube Premium mempengaruhi monetisasi? Berdasarkan keterangan dari YouTube, ternyata YouTuber yang memonetisasi video-nya lewat iklan bakal tetap mendapat komisi dari layanan YouTube Premium.

Pembayaran pendapatan berlangganan bakal didistribusikan ke YouTube setiap awal bulan seperti halnya pembayaran pendapatan iklan. Jumlahnya tentu tergantung pada seberapa banyak anggota Premium nonton video tersebut.

Nah itu tadi beberapa cara dapat uang dari YouTube. Gampang kan? Jadi, selama ini kamu sudah coba metode yang nomor berapa nih?

    %d blogger menyukai ini: