Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

6 Cara Monetisasi YouTube Dengan Adsense & Tanpa Adsense, Terlengkap!

cara monetisasi youtube
Sumber: United News Bangladesh
Indri Penulis

Ada banyak cara monetisasi YouTube baik dengan Adsense atau tidak. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang monetisasi YouTube!

Mencari penghasilan dari YouTube sudah menjadi aktivitas banyak orang sejak bertahun-tahun lalu. Yah, kalau istilah kerennya sihmengais cuan dengan jadi YouTuber.’

Menariknya sekarang mendapatkan uang dari YouTube tidak hanya bisa mengandalkan iklan Google Adsense. Ada juga cara monetisasi YouTube tanpa Adsense yang bisa kamu coba.

Nah kalau kamu tertarik ingin mendapatkan uang dari YouTube, artikel ini dijamin berguna banget untuk kamu. Artikel ini akan membahas cara monetisasi YouTube dengan Adsense atau tanpa Adsense.

Cara Monetisasi YouTube dengan Adsense / Tanpa Adsense

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memonetisasi YouTube. Yakni bisa lewat layanan Google Adsense, atau tanpa Google Adsense.

Kalau mau memonetisasi YouTube pakai Adsense kamu bisa lewat iklan di video, monetisasi YouTube Shorts, monetisasi YouTube channel, dll. Kalau tanpa Adsense bisa lewat link affiliate, open endorsement, dll.

Nggak perlu khawatir, karena saya akan bahas semua caranya dalam ulasan di bawah ini!

1. Cara Monetisasi Video YouTube dengan Iklan Google Adsense

Supaya bisa memonetisasi video YouTube, kamu harus memasang iklan di video tersebut. Ada dua cara memasang iklan di video YouTube.

Pertama, kamu bisa pasang iklan untuk masing-masing video YouTube. Lalu yang kedua, kamu bisa pasang iklan di beberapa video. Tenang saja, saya akan kasih tau cara untuk kedua metode tersebut.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Iklan di YouTube, Cepat dan Mudah

a. Memasang Iklan di Satu Video YouTube

Kadang ada YouTuber yang cuma ingin memasang iklan di video-video tertentu. Nah, teknik yang pertama ini bisa kamu pakai untuk memasang iklan ke satu video YouTube saja.

cara monetisasi youtube
  • Di menu sebelah kiri, pilih “Content.”
  • Setelah itu pilih video yang ingin kamu pasangi iklan.
cara monetisasi youtube
  • Scroll ke bawah kemudian klik menu “Monetization” di menu sebelah kiri.
  • Selanjutnya pilih jenis iklan yang ingin kamu jalankan.
  • Kalau sudah, kamu bisa klik tombol “Save.”

b. Memasang Iklan Langsung di Beberapa Video YouTube

Nah kalau cara kedua ini berbeda. Cara ini bisa kamu coba untuk memasang iklan ke beberapa video YouTube sekaligus.

svg%3E
  • Selanjutnya di menu sebelah kiri, klik “Content.”
  • Pilih kotak berwarna abu-abu di sebelah kiri gambar mini video, untuk video yang ingin kamu monetisasi.
cara monetisasi youtube
  • Klik menu drop-downEdit” pada bilah hitam di atas daftar videomu.
  • Kemudian klik “Monetization.”
  • Selanjutnya klik “Activate” di menu drop-down.
  • [Opsional] Untuk mengubah setelah iklan secara massal, klik “Add edit.”
  • Klik “Update videos.”
  • Lalu centang kotak di samping label “I understand the consequences of this action.”
  • Terakhir, klik tombol “Update videos.”

2. Cara Monetisasi YouTube Tanpa Adsense

Panduan yang kedua ini beberapa tips monetisasi YouTube tanpa Adsense. Cara bisa beragam yakni bisa lewat berlangganan channel, monetisasi YouTube Shorts, dll.

a. Monetisasi YouTube Channel dengan Fitur Memberships

Supaya bisa memonetisasi YouTube Channel, kamu bisa mengaktifkan fitur berlangganan di channel. Untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut, kamu bisa melakukannya di komputer.

Baca Juga:  Keren, Rapat Google Meet Sekarang Bisa Sambil Live Stream YouTube

Begini cara monetisasi YouTube channel:

  • Di komputer, login ke Google Account-mu.
  • Setelah itu buka halaman Memberships.
  • Klik “Get Started” dan follow instruksi yang ada di layar.

Oya, tombol Get Started nggak bisa sembarang muncul ya. Kamu harus memenuhi syarat supaya channel-mu bisa dimonetisasi YouTube. Kalau belum memenuhi syarat, akan muncul tampilan seperti ini.

cara monetisasi youtube

Apa syarat monetisasi YouTube? YouTuber minimal harus punya 1000 subscriber, 4000 jam penayangan, verifikasi 2 langkah, dan tidak pernah melanggar pedoman komunitas YouTube.

b. Monetisasi YouTube Shorts, Dapat Cuan dengan Bahagia!

Shorts adalah fitur video vertikal mirip TikTok besutan YouTube. Nah untuk memberdayakan kreator Shorts, YouTube bikin program YouTube Shorts Fund.

cara monetisasi youtube
Sumber: YouTube Blog

Dalam program tersebut, YouTube akan menggaji kreator Shorts yang memenuhi syarat. Pertanyaannya, apa syarat monetisasi YouTube Shorts? Kita simak yuk!

  • Posting YouTube Shorts setiap 180 hari pakai fitur asli dari YouTube.
  • Berusia minimal 13 tahun (bisa berbeda tergantung kebijakan setiap negara).
  • Mematuhi Pedoman Komunitas YouTube dan kebijakan monetisasi.
  • Tinggal di negara yang memenuhi syarat.

Sekarang karena kamu sudah tahu persyaratannya, kamu tinggal bikin video YouTube Shorts saja. Kalau kamu belum paham caranya, kamu bisa baca tutorial membuat Youtube Shorts di sini.

c. Dapat Cuan dengan Mengaktifkan Pendapatan Premium

Di sini kamu tidak perlu melakukan apapun untuk meningkatkan pendapatan YouTube Premium. Tugasmu hanya mengaktifkan fitur pendapatan YouTube Premium.

cara monetisasi youtube
Sumber: Orami

Jadi nanti setiap kali ada pelanggan YouTube Premium menonton kontenmu, kamu akan dapat cuan. Uang yang kamu peroleh berasal dari sebagian biaya langganan YouTube premium mereka.

Tapi tidak semua video bisa mendapatkan cuan dari pendapatan YouTube Premium. Hanya video yang memenuhi Pedoman Komunitas saja yang bisa mendapatkan cuan.

d. Mengaktifkan Fitur Super Chat dan Super Stickers YouTube

Super Chat dan Super Stickers ada dua fitur yang bisa kamu temukan di live stream dan Premiere. Pengguna bisa Super Chat agar komentar mereka terlihat mencolok (biar gampang di-notice streamer). Atau beli Super Stickers untuk mendapat gambar animasi yang muncul di live chat.

cara monetisasi youtube
Sumber: YouTube Blog

Begini cara mengaktifkan fitur Super Chat dan Super Sticker untuk channel-mu:

  • Masuk ke YouTube Studio.
  • Di menu sebelah kiri, pilih “Monetization.”
  • Lalu klik “Live chat > Start” di bagian atas dasbor utama.
  • Selanjutnya ikuti saja petunjuk yang ada di layar.
Baca Juga:  Cara Nonton YouTube Secara Offline di Android & iPhone dengan Mudah

Setelah menyelesaikan semua petunjuk, kamu akan melihat “Super Chat status is on” atau “Super Sticker status is on” di samping toggle biru.

Akhir Kata

Berapa Subscriber Agar Bisa Monetisasi?

Dilansir dari laman resmi Google, dibutuhkan minimal 1000 subscriber supaya channel YouTube bisa dimonetisasi. Atau kamu harus memiliki Official Artist Channel agar bisa melakukan monetisasi.

Okay Urban People, itu dia beberapa cara monetisasi YouTube yang bisa kamu coba. Walaupun pekerjaan sebagai YouTuber sudah ada dari dulu, tapi nggak ada kata terlambat untukmu yang baru memulainya saat ini. Tetap semangat, sabar dan konsisten ya!

Jika kamu ingin kasih masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar tutorial, media sosial, game, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • Cara Monetisasi Video YouTube dengan Iklan Google Adsense – https://support.google.com/youtube/answer/94522?hl=en#zippy=%2Cturn-on-memberships-for-your-channel%2Cturn-on-ads-for-individual-videos%2Cturn-on-ads-for-multiple-videos%2Cturn-on-shopping-for-your-channel
  • Cara Monetisasi YouTube Channel – https://support.google.com/youtube/answer/94522?hl=en#zippy=%2Cturn-on-memberships-for-your-channel%2Cturn-on-ads-for-individual-videos%2Cturn-on-ads-for-multiple-videos%2Cturn-on-shopping-for-your-channel
  • Cara Monetisasi YouTube Shorts – https://vidiq.com/blog/post/youtube-shorts-monetization/
  • Dapat Cuan dengan Mengaktifkan Pendapatan Premium – https://support.google.com/youtube/answer/94522?hl=en#zippy=%2Cturn-on-memberships-for-your-channel%2Cturn-on-ads-for-individual-videos%2Cturn-on-ads-for-multiple-videos%2Cturn-on-shopping-for-your-channel%2Cturn-on-super-chat-super-stickers-for-your-channel
  • Mengaktifkan Fitur Super Chat dan Super Stickers YouTube – https://support.google.com/youtube/answer/94522?hl=en#zippy=%2Cturn-on-memberships-for-your-channel%2Cturn-on-ads-for-individual-videos%2Cturn-on-ads-for-multiple-videos%2Cturn-on-shopping-for-your-channel%2Cturn-on-super-chat-super-stickers-for-your-channel
  • Berapa Subscriber Agar Bisa Monetisasi? – https://support.google.com/youtube/answer/72857?hl=en