Cara Download Video Online Tanpa Software Seperti IDM

nonton video online

Menonton video online di YouTube tentu akan memakan kuota internet. Kalau kamu ingin tahu cara download video online yang mudah dan tanpa software (misalnya IDM), berikut triknya.

Sebenarnya kalau dibilang tanpa software juga tidak tepat. Karena bagaimanapun kita tetap akan menggunakan browser untuk mengunjungi website. Tapi minimal kamu tidak perlu download program atau install aplikasi.

Seperti kita ketahui bersama, ada berbagai video di YouTube. Ada tutorial, trailer film, talkshow, bahkan klip lagu tanpa video (hanya audio saja). Kadang kita membutuhkan video atau audio itu supaya bisa dilihat tanpa koneksi internet.

Ya, memang sudah fitur offline di aplikasi YouTube. Tapi bisa jadi itu bukan pilihan tepat untuk situasi yang kita hadapi. Jadi kita pun mencari bagaimana cara download video online tersebut, dan tanpa software tambahan seperti IDM.

Cara ini mungkin lebih cocok kalau kamu menggunakan PC. Bukannya dengan handphone tidak bisa. Tapi lebih enak kalau pakai komputer desktop.

Ada banyak website yang memberikan sarana untuk itu. Di sini kami memberi contoh tiga buah website.

  1. Yout — Convert ke mp4 dan mp3
  2. CONV. — Convert ke mp4, mp3, dan GIF
  3. Freedsound — Convert ke mp4 dan mp3

Ketiga website itu cukup enak dilihat dan mudah digunakan. Kamu tidak akan bingung menggunakannya.

Situs Yout

Cara download video online

  1. Buka browser, kunjungi YouTube dan pilih salah satu video.
  2. Buka tab browser baru, dan kunjungi salah satu website di atas.
  3. Salin alamat URL video yang kamu pilih dari address bar browser.
  4. Letakkan alamat URL tadi di kolom isian yang ada di website yang kamu pilih.
  5. Tekan Enter ↡ atau klik Convert (tergantung website yang kamu pilih).
  6. Setelah proses selesai, kamu bisa download video YouTube tersebut.

Begitulah hanya dengan menggunakan browser kamu sudah bisa download video YouTube favoritmu. Tanpa aplikasi tambahan dan sangat mudah.Tentu saja kamu juga harus ingat bahwa kualitas video atau audio yang ada tergantung pada video bersangkutan. Jangan kecewa kalau hasilnya kurang bagus. Istilahnya, resiko ditanggung penumpang.

Bagaimana kalau pakai software?

Ya bisa saja. Salah satu keuntungan dari penggunaan software alias aplikasi adalah kita tahu letaknya dengan pasti. Kalau website, bisa saja mereka berganti alamat atau menghilang begitu saja. Kalau software, ya ada di komputer kita.

Ada cukup banyak juga pilihan untuk itu. Tapi kalau kamu belum punya referensi atau ingin mencoba aplikasi selain IDM, kamu boleh coba dua aplikasi berikut ini.

5Kplayer

Aplikasi ini bisa memutar secara streaming dari berbagai situs video online. Selain itu, bisa juga mengunduh dan melakukan convert video tersebut ke MP3 atau AAC.

Download

WinX HD Video Converter Deluxe

Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi menarik. Misalnya sebagai video UHD converter, online video downloader, bahkan video editor. Karena itu pula, aplikasi ini mendukung banyak format video. Mulai dari H.264, HEVC, MKV, MP4, dll. Selain itu, aplikasi ini juga banyak pilihan profil perangkat (berhubungan dengan rasio dan resolusi) sebagai tujuan konversi.

Download


ARTIKEL TERKAIT