Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Nonton YouTube Secara Offline di Android & iPhone dengan Mudah

Tonton Video Lucu & Menarik dengan Menggunakan Fitur Download YouTube Offline Biar Hemat Kuota Internet

Cara Nonton YouTube Secara Offline di Android & iPhone dengan Mudah
Febri Penulis

Bisa menonton YouTube offline akan sangat membantu kamu yang memiliki masalah dengan koneksi internet yang kurang stabil. Untuk kamu yang lagi fakir miskin kuota internet, saya sudah siapkan tutorial cara nonton YouTube secara offline di ponsel Android & iPhone.

Kamu bisa simak panduannya dengan cermat di dalam artikel ini karena akan saya buatkan panduan lengkapnya secara rinci dan mudah untuk dipahami nantinya. Sudah saya tulis step by step, kamu tinggal ikuti saja.

  • Solusi Cepat
    Cara nonton YouTube secara offline, bisa kamu lakukan dengan mengunduh video YouTube tersebut lebih dulu. Caranya buka video yang ingin diunduh > Tap ikon download > Lalu pilih resolusi video yang diinginkan > Tap menu unduh > Selesai, kamu sudah bisa menonton video tersebut secara offiline.

Apakah Bisa Menonton Video YouTube Secara Offline?

Apa maksudnya menonton YouTube offline? Artinya, kita bisa menyimpan video YouTube saat sedang memiliki akses internet atau WiFi, lalu kamu bisa menonton video YouTube yang diunduh tadi tanpa perlu membutuhkan koneksi internet, asik kan fitur YouTube offline ini?

Cara yang akan saya bahas di sini paling mudah. Karena aplikasi Youtube Android dan iPhone sudah memiliki fitur tersebut di versi paling mutakhirnya. Tapi fitur ini hanya tersedia untuk beberapa negara tertentu.

Kabar gembiranya, Indonesia ada di dalam daftar itu dan kita sendiri sudah bisa merasakan dan mencoba sendiri fitur download video YouTube offline.

Daftar Negara dengan Fitur YouTube offline

  1. Algeria
  2. Egypt
  3. Ghana
  4. India
  5. Indonesia
  6. Jordan
  7. Kenya
  8. Libya
  9. Malaysia
  10. Nigeria
  11. Pakistan
  12. Philippines
  13. South Africa
  14. Thailand
  15. Vietnam
  16. Yemen

Saat artikel ini diperbarui, jumlah negara yang terdaftar bisa mengunduh video dalam platform YouTube saat ini adalah enam belas negara termasuk Indonesia.

Jika saat kamu membaca artikel ini dan ternyata jumlah negara yang mendukung fitur download video YouTube offline bertambah lebih banyak, jangan sungkan untuk memberitahukannya ke saya langsung ya.

Baca Juga:  Keren, Rapat Google Meet Sekarang Bisa Sambil Live Stream YouTube

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Soal YouTube Offline

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini, selain masalah wilayah atau negara yang tidak bisa menggunakan fitur powerful dari YouTube ini.

  1. Menonton offline berarti harus download video YouTube terlebih dulu untuk ditonton nanti.
  2. Menonton offline video yang bersangkutan bisa dilakukan dalam waktu sampai 30 Hari (menurut YouTube).
  3. Kemungkinan ada beberapa video yang tidak mengijinkan hal ini (berhubungan dengan wilayah dan ketentuan pemilik akun YouTube).
  4. Atur pilihan download video YouTube agar sesuai dengan kapasitas kuota internet dan kapasitas memory handphone.
  5. Tidak semua video bisa diunduh untuk ditonton nanti secara offline, kamu harus berlangganan akun YouTube Premium untuk bisa mengunduh semua video YouTube.
  6. Video musik di YouTube tidak bisa di- download, hanya bisa diunduh melalui aplikasi YouTube Music dan juga berlangganan YouTube Premium.

Setelah mengetahui beberapa informasi tersebut, mari kita masuk ke pembahasan di aplikasi YouTube, tentang panduan cara nonton Youtube secara offline di Android & iPhone dengan mudah.

Setting Menu Download untuk YouTube Offline

  1. Buka aplikasi YouTube.
  2. Tap ikon profil di pojok kanan atas.
  3. Pilih menu setting.
  4. Pilih menu download.
  5. Atur semua pilihan yang ada dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu.
    • Kualitas download (video).
    • Downloadmelalui Wi-Fi Saja.
    • Rekomendasikan download.
    • Hapus semua hasil download.
  6. Selesai.

Di menu pengaturan menu download juga terdapat informasi berapa kapasitas yang bisa digunakan untuk menyimpan video YouTube.

Pastikan kamu mengatur resolusi video sesuai dengan jumlah atau kapasitas penyimpanan memori yang ada pada ponsel kamu.

Cara Download Video YouTube untuk Ditonton Offline

  1. Buka aplikasi YouTube.
  2. Cari video yang ingin di download (unduh).
  3. Setelah memilih video, kamu akan melihat ada ikon download di sebelah tombol share > Tap ikon download.
  4. Pilih resolusi video yang kamu inginkan.
  5. Tap menu download untuk menyimpan video tersebut ke dalam ponsel.
  6. Selesai, kamu telah berhasil mengunduh video YouTube untuk diputar secara offline (tanpa internet).
  • Info Penting
    Kalau koneksi internet terputus ketika proses download berlangsung, ya apa boleh buat, proses itu akan berlanjut secara otomatis saat koneksi internet sudah tersedia kembali.

Cara Nonton YouTube Secara Offline di Android & iPhone

  1. Buka aplikasi YouTube.
  2. Pada halaman awal kamu bisa lihat ada menu ikon Koleksi di pojok kanan bawah > Tap ikon Koleksi.
  3. Tap menu Hasil Download.
  4. Kamu akan lihat video YouTube yang sudah kamu Download (unduh), pilih video yang sudah di Download untuk ditonton secara offline.
  5. Selesai, kamu berhasil menonton video YouTube secara offline.

Dengan menonton video YouTube secara offline seperti ini, kamu bisa menghemat penggunaa kuota internet ponsel Android/iPhone milik kamu.

Baca Juga:  Cara Gampang Reset Network Setting di Ponsel Android dan iOS

Bahkan kamu bisa memutar ulang video yang sudah kamu unduh di YouTube tanpa perlu lagi khawatir bisa terhubung ke internet atau tidak.

Tips Memanfaatkan Fitur Download Video YouTube Offline

  • Gunakan WiFi saat ingin mengunduh video YouTube offline supaya kuota internet mobile kamu tetap utuh dan tidak terkuras habis.
  • Saat ponsel terhubung dengan WiFi, unduh semua video yang ingin kamu tonton. Dengan begitu kamu bisa menonton video tersebut kapan saja tanpa perlu akses internet lagi.
  • Pastikan menyediakan penyimpanan memori yang cukup, agar kamu bisa menyimpan video YouTube lebih banyak lagi.
  • Jika kamu kesulitan mengakses internet dan tetap ingin menonton video-video favorit kamu di YouTube, saran saya membeli atau berlangganan akun YouTube premium saja. Karena ini lebih worth it, jika kamu harus membeli kuota internet untuk ponsel.
  • Unduh video dalam resolusi FHD 1080p atau minimal 720p supaya hasil video tetap bagus dan nyaman untuk ditonton.

What’s Next: Video YouTube Apa yang Akan Kamu Tonton Secara Offline?

Kurang lebih seperti itu panduan lengkap cara nonton YouTube secara offline di ponsel, selain mengunduh video YouTube offline untuk ditonton nanti, kamu juga bisa mengunduh video YouTube menggunakan cara yang lain loh.

Seperti men- download video YouTube menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bertebaran di internet misalnya.

Kalau kamu suka menggunakan fitur YouTube offline untuk menonton video apa ya, coba sampaikan di kolom komentar. Kalau saya lebih sering mengunduh video-video tutorial, jadi ketika saya butuhkan, tinggal buka saja video tersebut tanpa perlu khawatir tidak ada internet lagi.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.