Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Edit Host File di Windows 10, Ikuti Langkah Mudah Ini Ya!

Penyebab Windows 11 Lemot

Mengubah host file bisa dilakukan melalui berbagai sistem operasi, salah satunya di Windows 10. Cara edit host file di Windows 10 bisa dilakukan melalui beberapa langkah mudah berikut.

Umumnya, host file akan ditemui saat melakukan pemetaan nama domain tertentu ke alamat IP yang kamu pilih. Meski begitu, mengedit host file tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, proses memodifikasi host file yang tidak sesuai dapat merusak internet.

Nah, bagi kamu yang pengguna Windows 10 dan merasa masih lemot bisa cari tahu cara mempercepat Windows 10 dengan menggunakan cara yang simple dan praktis.


Apa yang Dimaksud dengan Host File?

Host file merupakan berkas lokal yang berisi nama domain serta IP Address yang cocok. Secara umum, keduanya akan ditemukan di sebagian besar sistem operasi, termasuk Windows 10. Sebab pada dasarnya, host file akan berperan sebagai peta yang mengidentifikasi sekaligus menemukan host di jaringan IP.

Disadari atau tidak, setiap kamu mengunjungi sebuah website, komputer atau laptop yang kamu gunakan akan memeriksa host file terlebih dahulu. Hal itu dilakukan agar perangkat bisa melihat IP Address mana saja yang terhubung dengannya.

Apabila informasi berkaitan dengan hal tersebut tidak tersedia, maka penyedia layanan internet akan mencari sumber DNS untuk tetap bisa memuat situs web yang dituju.

Nah apabila file yang ada miliki tidak bisa terhapus bisa membaca cara menghapus recent files windows 10 di explorer dengan praktis.

Apakah Penting Mengubah Host File?

Memodifikasi host file merupakan langkah yang umum dilakukan ketika seseorang baru saja membeli domain untuk situs web maupun ketika bermigrasi ke penyedia hosting lain. Proses itu biasanya mengharuskan domain website mengarah ke server yang baru.

Baca Juga:  3 Cara Melihat Versi Windows di Laptop, Terlengkap dan Akurat!

Bagi kamu yang belum tahu, proses perpindahan ke penyedia hosting yang baru umumnya akan memakan waktu mulai dari 24 jam hingga 48 jam. Saat proses tersebut berlangsung, kamu tak bisa mengakses situs web.

Kendala itulah yang menyebabkan sebagian orang melakukan pengeditan host file sekaligus menambahkan IP Address khusus yang mengarah ke domain website. Melalui cara ini, situs web bisa diakses.

Lebih dari itu, mengedit host file juga bisa dipraktikkan setelah kamu melakukan perpindahan hosting dan melihat tampilannya di server yang baru. Kamu juga dapat memetakan nama domain secara langsung ke server pengujian untuk memeriksa kinerjanya.

Cara Edit Host File di Windows 10

Host file dapat ditulis dalam format teks biasa. Karenanya, kamu bisa menggunakan tools editor teks apa pun untuk mengeditnya, misal Notepad. Akan tetapi, perlu diingat bahwa perubahan yang dilakukan akan memengaruhi sistem lokasi host file berada.

Sebelum mengedit host file di Windows 10, kamu memerlukan IP Address untuk domain. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Login ke hPanel terlebih dahulu.
  2. Lalu, temukan detail hosting plan, server, and IP Address di sisi kiri sidebar.
  3. Kemudian, salin server IP Address.

Setelah server IP Address telah disalin, kamu bisa langsung mengedit host file di Windows 10. Setidaknya ada dua metode praktis yang bisa kamu coba, yakni secara manual atau memanfaatkan Hosts File Editor Tool. 

Cara Edit Host File di Windows 10 Secara Manual

Bila kamu ingin memodifikasi host file secara manual, ikuti beberapa langkah mudahnya berikut ini.

  • Tekan tombol Start dan cari Notepad
svg%3E
  • Klik kanan dan pilih Run as administrator.
  • Saat Notepad terbuka, klik File dan pilih Open.
svg%3E
  • Kemudian, masukkan C:\Windows\System32\Drivers\etc pada kolom File name dan pastikan untuk mengatur opsi All Files untuk menemukan file Host.
  • Saat host file terbuka di Notepad, kamu bisa langsung mengeditnya.
  • Tambahkan IP Address yang telah kamu salin sebelumnya. Jangan lupa tambahkan spasi, lalu nama domain kamu.
svg%3E
  • Setelah edit host file selesai, simpan perubahan yang selesai dilakukan dengan mengeklik File dan pilih Save As.
  • Klik drop-down pada Save as type dan pilih All Files.
  • Beri nama file Notepad dengan hosts2 dan simpan di desktop.
  • Lalu, buka desktop Windows 10 kamu dan temukan shortcut host file yang baru saja disimpan.
svg%3E
  • Klik kanan dan pilih Rename dan ubah hapus angka 2 pada file tersebut.
  • Selanjutnya, salin file tersebut dan buka File Explorer.
  • Berikutnya, navigasikan ke lokasi asli host.
  • Setelah itu, tempelkan file yang telah disalin pada lokasi tersebut dan klik Replace the file in this destination 
  • File host yang sudah diedit siap untuk digunakan.
Baca Juga:  Cara Cek Seri VGA Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Edit Host File di Windows 10 Menggunakan Host File Editor

Mengubah host file di Windows 10 lebih mudah melalui Host File Editor. Berikut langkah-langkahnya.

  • Unduh dan pasang Host File Editor di laptop Windows 10 kamu.
  • Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut.
svg%3E
  • Isi dengan IP Address dan nama host pada kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya, simpan perubahan yang sudah dilakukan.

What’s Next

Sekarang kamu sudah mengetahui cara edit host file di Windows 10 melalui metode manual maupun dengan bantuan Host File Editor. Kamu juga bisa belajar cara mengganti nama user di Windows 10 dengan cepat.

Pastikan untuk melakukan langkah di atas secara urut agar host file bisa berfungsi dengan baik. Bagikan artikel ini bila kamu merasa informasi di dalamnya bermanfaat.


Bila kamu memiliki pertanyaan maupun topik lainnya yang ingin dibahas lebih lanjut, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah dan follow Google News Urban!