Cara Hacker Bobol Kamar Hotel

Indri Penulis

Biasanya libur panjang misal seperti libur lebaran atau libur semester dijadikan momen yang pas buat pergi ke luar kota. Nah tidak jarang bagi yang berduit bisa jalan-jalan ke luar negeri. Tentu saat berlibur perlu memilih hotel terbaik supaya liburan jadi lebih berkesan. Betul kan?

Perkembangan teknologi yang kian pesat saat ini memang tidak bisa dipungkiri mempunyai peran besar dalam peradaban manusia. Seolah-olah hidup manusia saat ini benar-benar bergantung dengan teknologi. Nah, belum lama ini ternyata ada hasil riset yang cukup mencengangkan.

Yang mana, hasil riset itu mengungkapkan bahwa banyak keamanan dalam fasilitas umum yang telah dibobol. Salah satu yang paling mudah dibobol adalah kamar hotel.

Kini ada sebuah perangkat yang disebut dengan ‘master key’. Jadi si master key ini biasa digunakan hacker untuk membuka sistem keamanan semua kamar hotel. Bahkan walaupun terkadang hanya menggunakan perangkat yang sangat sederhana, mereka bisa dengan lihai menyusup ke kamar hotel yang mungkin saat itu tengah ditinggal tamu pergi keluar untuk wisata. Biasanya yang jadi sasaran si hacker ini adalah barang berharga yang ditinggal di tamu di kamar hotel.

Jadi hal tersebut bisa terjadi bukan tanpa sebab. Pasalnya saat ini sudah banyak kamar hotel yang justru beralih menggunakan kunci elektronik, alih-alih memberikan kunci konvensional seperti sebelumnya.

Walaupun lebih praktis karena hanya tinggal menempelkan kunci di tempat sensor, dan terkesan lebih canggih. Tapi justru hal ini yang kemudian jadi celah hacker untuk melancarkan aksinya. Biasanya hacker akan memanfaatkan identifikasi frekuensi radio atau yang sering disebut dengan RFID. RFID sebenarnya mempunyai banyak kelemahan lho. Setidaknya begitulah dimata hacker saat ini.

[irp posts=”53529″ name=”5 Cara Melindungi Android dari Hacker”]

Nah pasti sekarang kalian penasaran bukan, bagaimana sih cara hacker bisa melakukan hal jahat seperti itu?

Biasanya mereka akan memulai aksinya ini dengan berburu keycard hotel. Jadi yang perlu kalian ingat adalah, walaupun keycard dari hotel yang hacker temukan itu sudah expired alias kadaluarsa, namun ternyata itu masih bisa digunakan untuk nge-hack kamar lho.

Biasanya semua data yang ada di dalam keycard ini akan melewati proses scanning, setelah itu data akan disalin ke perangkat yang baru. Selanjutnya dengan sedikit keterampilan, si hacker ini akan memoles dan memberikan sedikit finishing touch pada master key expired. Sehingga master key expired ini dapat digunakan lagi untuk membuka kamar hotel.

Setelah berhasil membuka kamar hotel, biasanya mereka akan berlagak seperti tamu hotel biasa. Tanpa membuat orang lain curiga, mereka kemudian masuk ke kamar hotel dengan menggunakan master key expired. Hacker kemudian menggasak semua barang berharga yang ada di dalam kamar hotel tersebut. Setelah selesai, mereka langsung pergi tanpa membuat orang di sekitar merasa curiga, kalau sebenarnya mereka adalah hacker.

Nah itulah sedikit informasi yang sebaiknya kalian ketahui soal bagaimana cara hacker dalam membobol kamar hotel.

Jadi sekali lagi, kita semua seharusnya selalu waspada saat pergi liburan. Usahakan jangan sampai meninggalkan barang berharga pada saat keluar untuk berwisata. Untuk antisipasi saja, semisal hacker berhasil membobol kamar hotel kalian. Kalian tidak akan kehilangan barang berharga.

Selain itu, kenali juga berbagai tanda mencurigakan yang mungkin menunjukkan kalau kamar hotel kalian punya potensi rentan dibobol. Sekian dan semoga bermanfaat.

    %d blogger menyukai ini: