Cara “Kultwit” Atau Tweet Bersambung (Thread) di Twitter Yang Benar

aplikasi twitter android

Sekarang Twitter sudah mendukung membuat thread di timeline. Nah, kami akan membahas cara kultwit atau membuat tweet bersambung di Twitter.

Salah satu hal yang sering dilakukan orang di Twitter adalah menulis kultwit atau tweet bersambung. Dulu, pengguna Twitter menggunakan trik masing-masing untuk melakukannya.

Sebelumnya, mari kita bahas dulu artinya. Kultwit adalah kependekan dari kuliah lewat twitter atau kuliah twit. Disebut begitu karena kultwit biasanya merupakan rangkaian tweet dengan satu topik tertentu. Di luar negeri, hal ini disebut “tweetstorm“.

Walau Twitter sudah menambah jumlah karakter cuitan menjadi 280, tetap saja, kalau mau membahas sebuah topik tertentu, kadang itu tidak cukup. Menggunakan hashtag tertentu juga belum tentu efisien. Bisa terganggu pengguna lain yang pakai hashtag sama, atau pengguna lain tidak tahu hashtag tersebut.

Twitter kemudian membuat fitur kultwit atau tweetstorm ini menjadi fitur resmi. Mereka menyebutnya: Threading. Thread berarti benang. Jadi mudahnya adalah konten yang memiliki benang merah alias berhubungan.

Cara membuat kultwit atau tweet bersambung (Thread)

cara kultwit

Berikut langkah yang kamu lakukan untuk membuat kultwit (bisa juga lihat video di bawah).

  1. Buka aplikasi Twitter.
    — Kalau belum punya, bisa download untuk Android atau untuk iPhone.
  2. Tekan tombol untuk membuat tweet baru (di Android di kanan bawah, di iPhone di kanan atas).
    Kamu bisa menambah foto, video, dll.
  3. Tekan tombol + untuk membuat tweet tambahan.
  4. Lanjutkan sampai semua pesan tertulis.
  5. Tekan tombol Tweet All di pojok kanan atas.
  6. Semua tweet bersambung akan terkirim.

Kamu juga bisa menambah kultwit yang sudah terkirim dengan cuitan baru. Tinggal tekan tombol Add another tweet di cuitan itu.

Nah, yang menguntungkan dari fitur tweet bersambung dari Twitter ini adalah kita bisa dengan mudah mengikuti semua tweet tersebut. Hal ini berbeda dengan cara kultwit jadul. Fitur ini akan menunjukkan tanda Show this thread di Timeline.

kultwit di twitter

Twitter saat ini mungkin sudah tidak sepopuler Instagram. Tapi media sosial ini masih berguna untuk melihat atau membahas sesuatu yang aktual atau kekinian.

Cara kultwit atau tweet bersambung dari Twitter ini tentu saja memudahkan penggunaan. Apakah nantinya banyak yang menggunakan? Yah, kita lihat saja. Saat artikel ini ditulis, proses rilis fitur ini sedang berjalan. Mungkin ada yang sudah dapat, dan mungkin ada yang belum. Silakan cek aplikasi Twitter kalian.