Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Masukin Foto ke Twibbon, Mudah 1 Menit Selesai!

twibbon

Bagaimana cara masukin foto ke twibbon? Sebenarnya ada berbagai aplikasi yang menyediakan fitur untuk membantumu membuat twibbon yang menarik.

Fitur Twibbon sering digunakan banyak orang untuk upload foto ke sosial media saat event tertentu seperti saat perayaan hari-hari besar.

Bagi kamu yang belum mengetahui, twibbon dapat dikatakan sebagai frame, dan kemudian kamu dapat memasukkan foto dalam frame tersebut. Caranya gimana? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Cara Masukin Foto ke Twibbon

Manfaat dari dibuatnya Twibbon ini adalah untuk memperindah foto yang kamu unggah. Selain itu, biasanya Twibbon dibuat untuk media promosi tertentu.

Seperti misalnya untuk promosi produk tertentu, social campaign, hingga event tertentu. Jadi para kreator akan membuat Twibbon sesuai tujuan acara maupun sesuai keinginan mereka.

Nantinya di dalam frame tersebut akan diberikan ruang kosong untuk kamu memasukkan foto yang akan diunggah. Nah meskipun terkesan sederhana, tapi tidak mudah untuk memasukan foto kedalam frame ini.

Kamu tidak dapat memasukkan foto dengan cara crop atau memotong foto agar sesuai dengan frame manual. Jadi kamu dapat mengetahui cara masukin foto ke Twibbon dengan mengikut beberapa cara berikut ini.

Twibbon Memperingati Hari Pahlawan 10 November

1. Menggunakan Tool Online Twibbonize 

Kamu dapat mengunduh aplikasi Twibbonize melalui smartphone, atau membuka websitenya yaitu twibbonize.com. Kemudian kamu dapat melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. 

Jika telah memiliki akun, kamu dapat langsung login dan nantinya kamu dapat menerapkan beberapa langkah ini:

  1. Setelah login, layar akan otomatis menampilkan bagian halaman depan Twibbonize. Cari frame yang kamu inginkan.
  2. Kemudian setelah kamu memilih frame tersebut, akan muncul design beserta informasi pembuatnya. Pilih opsi untuk mengunggah foto yang terdapat di bawah frame Twibbon pilihanmu.
  3. Pilih foto yang akan kamu unggah. Kamu juga dapat mengatur terlebih dahulu posisi foto, seperti menggeser ke bagian kiri, kanan, atas atau bawah hingga pas. Setelah itu pilih opsi “Selanjutnya”
  4. Setelah foto berhasil diupload, kamu dapat mengunduh foto Twibbon tersebut. Dari Twibbonize, kamu dapat langsung share foto tersebut ke berbagai akun sosial media milikmu.

2. Pakai Canva Online

Website satu ini dapat menjadi andalan kamu yang membutuhkan pembuatan desain apapun secara digital. Mulai dari undangan, poster, cover buku, banner, hingga Twibbon.

Cara masukin foto ke Twibbon melalui Canva yaitu:

  1. Kunjungi situs canva.com dan lakukan login jika kamu sudah memiliki akun, atau jika belum kamu dapat mendaftar terlebih dahulu
  2. Kemudian kamu akan diarahkan pada halaman utama. Pada kolom pencarian yang terdapat di bagian atas, tuliskan “Template Twibbon”, sehingga kamu bisa mendapatkan berbagai pilihan frame Twibbon
  3. Jika kamu ingin mengedit frame, kamu dapat melakukannya, seperti menambahkan tulisan ataupun berkreasi dengan bebas
  4. Lalu kamu dapat mengupload foto dengan cara drag and drop ke hingga ke bagian template Twibbon. 
  5. Jika kamu rasa posisi foto sudah pas, kamu dapat langsung menyimpan foto dengan kualitas terbaik ke dalam format PNG maupun JPG
Cara Membuat Twibbon Sendiri di Canva - Step 01

3. Gunakan Photopea

Tidak perlu mengunduh, kamu dapat langsung mengakses situs photopea.com untuk mengedit foto, video, hingga membuat Twibbon disini.

Cara kerjanya hampir mirip dengan Photoshop, sehingga jika kamu familiar dengan situs tersebut maka menggunakan Photopea bukan hal yang sulit.

Fitur editnya cukup lengkap, kamu dapat mengaksesnya secara gratis. Untuk membuat Twibbon kamu dapat memilih tombol pencarian dan tuliskan template Twibbon.

Lalu edit dan Twibbon seperti apa yang kamu inginkan, kemudian upload foto kamu yang akan dimasukkan. Jangan lupa untuk menyimpan hasil gambar akan dapat dibagikan ke akun sosial media.

svg%3E

4. Pakai Tool Online PicsArt 

Aplikasi edit foto dan video yang memiliki fungsi serba guna yang dapat membuat desain banner, hingga Twibbon adalah PicsArt. PicsArt dapat kamu gunakan pada smartphone baik Android maupun iPhone.

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi PicsArt melalui Play Store maupun App Store
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut, dan tuliskan pada kolom pencarian “template twibbon”, maka PicsArt menampilkan berbagai pilihan Twibbon secara gratis. Kamu juga dapat klik tanda + untuk memasukkan frame Twibbon yang telah tersedia.
  3. jika kamu ingin membuat frame Twibbon dari awal, tekan tombol + pada bagian bawah tengah layar, dan scroll hingga paling bawah, lalu pilih “Drawings” dan tap Pick Canvas. Kamu dapat memilih ukuran kanvas dan edit sesuai keinginan
  4. Unggah foto yang ingin kamu masukkan ke dalam Twibbon. Kamu dapat mengedit foto tersebut seperti crop, kontras warna dan lain sebagainya. Kemudian unggah foto kamu ke akun sosial media.

5. Situs Twibbon.com

Layanan online satu ini dapat mempermudah kamu tanpa perlu repot mendesain ulang. Cara masukin foto ke Twibbon dari situs ini adalah:

  1. Buka website twibbon.com dan login untuk membuka akun kamu
  2. Kemudian pilih opsi “Find Campaign” untuk mencari frame Twibbon yang telah tersedia. Kamu juga dapat memilih opsi “Start a Campaign” untuk membuat frame Twibbon versi sendiri untuk kepentingan tertentu
  3. Jika membuat sendiri, kamu perlu memasukkan beberapa data yang dibutuhkan seperti email, nama, hingga deskripsi campaign
  4. Setelah selesai memilih atau membuat Twibbon, kamu dapat mengunggah foto dengan beberapa format, seperti PNG, atau GIF dengan ukuran 400 x 400 pixels dan memiliki transparansi background
  5. Kemudian pilih “I Am Happy and Continue”. Jika nantinya akan muncul halaman Upgrade Campaign, kamu tidak perlu khawatir untuk membayar. Cukup scroll hingga paling bawah dan kamu dapat pilih “No Thanks, just a free campaign
  6. Unggah foto frame kamu dan kamu dapat share link campaign yang telah kamu buat ke akun sosial media milikmu.
svg%3E

Tips Desain Twibbon yang Menarik 

Jika kamu ingin membuat, mengedit atau memilih frame Twibbon untuk nantinya diunggah ke media sosial, kamu membutuhkan tips desain Twibbon yang menarik, yaitu:

  1. Jangan terlalu memasukkan banyak objek. Cukup dua atau tiga warna agar terhindar dari kontras warna yang berlebihan
  2. Pilih foto dengan kualitas terbaik agar ketika diunduh, hasilnya tidak akan menjadi pecah
  3. Hindari memilih desain yang terkesan kaku. Banyak aplikasi maupun website yang menyediakan pilihan desain frame menarik dan unik yang dapat kamu gunakan secara gratis
  4. Kamu dapat menambahkan tulisan atau gambar berupa logo atau identitas brand produk yang digunakan untuk kampanye dengan Twibbon
  5. Cari referensi dari berbagai sumber agar hasil desain Twibbon menjadi lebih menarik, unik, dan disukai oleh banyak orang.

What’s Next (atau penutup) 

Cara masukin foto ke Twibbon sangat mudah dan dapat kamu lakukan menggunakan beberapa pilihan aplikasi di atas.

Jika memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin dibahas, tulis di bagian kolom komentar, ya. Nantinya kita bisa berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan kedepannya.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.