Anti Berisik, Begini Cara Mudah Matikan Suara Charger Laptop MacBook

Suara charger MacBook terbaru terasa berisik? Tenang. Kalian bisa matikan suara charger laptop MacBook dengan cara berikut ini.

Charger MacBook terkenal berbeda dengan laptop lainnya. MacBook versi lama masih memakai konektor MagSafe. Sedangkan MacBook terbaru (MacBook 2016, MacBook Pro 2016, MacBook Pro 2018 dan yang lebih baru) sudah pakai konektor USB-C.

Kabel charger MagSafe memiliki lampu yang berubah oranye saat MacBook sedang mengisi daya. Lampu ini akan berubah hijau saat penuh. Namun kabel USB-C tidak punya fitur ini.

Sebagai gantinya, MacBook modern akan mengeluarkan saat dihubungkan ke USB-C. Ini adalah tanda kalau USB-C berhasil mengisi laptop dengan baik. Sayangnya beberapa orang suka terganggu dengan suara charger MacBook.

Sumber Gambar : Newegg

Cara Matikan Suara Charger MacBook

Terdengar mengganggu? Jangan bingung dulu. Karena sebenarnya ada cara untuk mematikan suara charger laptop MacBook. Itu pun tidak ribet.

  • Tekan shortcutcmd + space.’
  • Carilah ‘Terminal’ untuk membuka aplikasi ‘Spotlight.’
  • Tempelkan perintah di bawah ini
defaults write com.apple.PowerChime ChimeOnNoHardware -bool true;killall PowerChime

Kode di atas sebenarnya hanyalah perintah dasar. Kode tersebut akan memberi tahu MacBook untuk mematikan opsi yang membuat charger berbunyi saat dicolokkan ke laptop.

Sedangkan kode di bagian kedua (setelah tanda koma) berfungsi untuk menonaktifkan aplikasi PowerCrime. Aplikasi ini lah yang bertanggung jawab untuk memutar suara.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan kembali suara charger? Gampang. Kalian cukup melakukan langkah-langkah yang sama seperti di atas, namun kodenya diganti seperti yang ada di bawah ini:

defaults write com.apple.PowerChime ChimeOnAllHardware -bool true; open /System/Library/CoreServices/PowerChime.app &

Kode tersebut akan mengaktifkan lagi opsi suara sekaligus menjalankan aplikasi PowerCrime kembali. Bagaimana, caranya mudah kan? Kalau begitu selamat mencoba!

%d blogger menyukai ini: