Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Gamer Wajib Tahu! Inilah Cara Melapor Jika Terkena Penipuan Online

Di era serba canggih seperti saat ini, penipuan seolah menjadi hal yang mudah dilakukan siapa dan dimana pun itu. Tidak peduli penipuan itu mengakibatkan kerugian moneter maupun moril.

Siapa pun tentu tidak ingin merasa ditipu. Terlebih kini banyak transaksi yang dilakukan secara online. Memang tidak bisa dipungkiri jika transaksi online memberikan kemudahan, serta penawaran harga murah yang tidak kalah menarik.

Terutama bagi gamer yang biasanya memberi part komputer, game-game digital/fisik favorit, hingga item in-game dengan harga murah tentu selalu menarik perhatian.

Namun dibalik itu semua ada banyak resiko mengintai, terutama resiko penipuan. Lalu apa yang harus dilakukan saat hal itu terjadi? Dan kemana kita harus melapor?

Berikut ini beberapa cara melapor jika kalian terkena penipuan online game:

Sumber Gambar : Kosngosan

Lapor Secara Online Menggunakan Website

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk melapor saat tertipu transaksi online adalah, memanfaatkan beberapa website berikut ini:

Lapor.go.id

Melalui website ini, gamer yang bertransaksi online bisa mendapat arahan jelas. Selain itu, gamer juga bisa mendapat track laporan yang telah masuk.

Melalui Lapor.go.id, kasus kalian nanti akan dibantu oleh kementrian-kementrian terkait. Cukup masukkan kronologi kejadian, kemudian jangan lupa sertakan bukti-bukti secara jelas.

Cekrekening.co.id

Website resmi milik Kemkominfo ini dapat kalian gunakan, untuk menanggulangi penipuan di dunia maya. Website ini mempunyai konsep bisa memeriksa status rekening terduga maupun pelaku penipuan.

Jika selama ini pelaku pernah bermasalah dengan orang lain, mungkin kejadian itu akan tercatat dalam website tersebut.

Bagi kalian yang ingin melaporkan pelaku, maka ceritakan kronologi kejadian dan jangan lupa untuk menyertakan bukti-bukti secara jelas.

[irp posts=”62191″ name=”Inilah 4 Modus Penipuan yang Wajib Diketahui Oleh Gamer”]

Lapor Secara Offline

Melaporkan kasus penipuan secara online memang mudah. Namun jika nominal yang hilang sangat besar, maka kami rasa perlu untuk melapor ke pihak berwajib.

Untuk hal ini kalian bisa lapor ke kantor polisi secara langsung. Selain dapat memberi efek jera, melapor ke pihak berwajib juga tidak akan merugikan kalian. Namun untuk melapor langsung ke pihak berwajib, kerugian nominal harus lebih dari satu juga.

Melapor ke bank pelaku juga dapat menjadi cara jitu bagi kalian yang tertimpa penipuan. Selain akan ditindak secara efektif, rekening pelaku juga bisa langsung diblokir.

Saat rekening diblokir, mereka tidak akan bisa menikmati uang hasil kejahatan. Prosedur yang dimiliki setiap bank berbeda-beda.

Namun pastikan kalian menghubungi call center bank pelaku. Kemudian tanyakan prosedur sehingga dapat mempersiapkan bukti-bukti.

Bawa bukti dari kepolisian, sehingga pihak bank semakin yakin untuk membantu kalian. Walau mungkin uang kalian tidak akan kembali, namun setidaknya ini bisa memberi efek jera terhadap pelaku.

Lapor Melalui CS Platform

Kini ada banyak toko online yang mempermudah kita dalam bertransaksi. Walau tidak jarang, di beberapa toko online itu masih terjadi kasus penipuan.

Berdasarkan komentar di Facebook, ada salah satu user yang pernah tertipu modus semacam ini. Seseorang menjual VGA PC yang berharga mahal.

Dan penjual itu memasukkan kata-kata ‘hanya gambar saja’ di dalam deskripsi. Hal ini menyebabkan pembeli yang kurang teliti akan terkecoh.

Dalam deskripsi sang penjual bahkan secara detail memampangkan spesifikasi dari VGA itu, tanpa adanya maksud yang jelas.

Dan satu-satunya solusi dalam kasus ini adalah, dengan meyakinkan CS bahwa hal tersebut merupakan tindak penipuan konsumen.

Biasanya pihak platform jual beli akan berpihak terhadap konsumen yang dirugikan. Namun tentu melihat konteks dan juga jenis kasus terlebih dahulu.

More Stories
ASUS StudioBook 180 derajat
ASUS Studiobook S: Layar 17 Inci di Bodi Laptop 15 Inci