Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

7 Cara Melihat Password Wifi di Windows 10, Sudah Pernah Coba? 

wifi laptop windows

Apa kamu pernah merasa bingung untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung pada laptop atau PC Windows 10 kamu? Berikut cara melihat password WiFi di Windows 10.

Terkadang kita akan seringkali lupa password apa yang digunakan pada WiFi yang telah terhubung pada laptop, PC maupun smartphone. Sehingga jika kamu ingin memasukkan password tersebut pada perangkat lain, kamu akan merasa bingung.

Saat ini kamu tidak perlu merasa bingung lagi, karena kamu bisa mencoba 7 cara yang ada di bawah ini dan tentukan cocok untuk perangkat wifi kamu.

Cara Melihat Password WiFi di Windows 10 

Dengan tampilan Windows 10 yang cukup berbeda dibandingkan Windows sebelumnya, membuat seakan cara untuk melihat password WiFi terlihat berbeda.

Sedangkan, cara melihat password WiFi di Windows 10 sama seperti cara kamu melihat password pada Windows 7 maupun 8, lho.

Karena tampilan user interface yang cukup berbeda dengan kedua versi Windows lainnya, hal yang wajar jika kamu akan merasa bingung.

1. Melalui Windows Setting

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah melalui halaman Pengaturan Windows. Langkah ini termasuk yang paling standar.

Untuk melihat password Wi-Fi di Pengaturan Windows 10:

  • Buka setting atau pengaturan yang terdapat di PC atau laptop Windows 10 kamu
  • Kemudian pilih menu opsi “Network & Internet
svg%3E
  • Lalu akan muncul berbagai pilihan. Di bagian panel kiri, kamu dapat menekan “Status”, lalu pilih opsi di bagian kanan, yaitu “Network and Sharing Center
svg%3E
  • Layar secara otomatis akan menampilkan informasi basic seputar jaringan WiFi yang kamu gunakan. Pada bagian bawah tulisan “Internet”, terdapat gambar sinyal beserta tulisan yang dapat kamu klik.
svg%3E
  • Kemudian akan muncul status WiFi secara general. Pilih pada kotak dialog yang tersedia opsi “Wireless Properties
svg%3E
  • Setelah itu kamu dapat memilih opsi “Security” yang terdapat pada kotak dialog paling atas
  • Pada opsi “Network security key” kamu dapat memberikan tanda centang pada opsi “Show characters” untuk menampilkan password agar terlihat.
svg%3E
  • Selesai, kamu telah melihat dan mengetahui password WiFi dari Windows 10.
Baca Juga:  Cara Reset Windows 10 ke Pengaturan Pabrik Paling Mudah

Perlu diingat bahwa cara di atas bisa digunakan untuk kamu yang suka cara yang praktis dan simple.

2. Pakai Control Panel

Selanjutnya kamu dapat menggunakan bantuan dari Control Panel. Selain untuk menghapus aplikasi atau melihat informasi seputar laptop atau PC kamu, control panel dapat memberikan informasi password WiFi yang sedang terhubung. Cara ini sangat mudah dan praktis, yaitu:

  • Buka Run pada kotak dialog pencarian, atau untuk langkah lebih mudah kamu dapat menekan logo Windows dan huruf R secara bersamaan dari keyboard.
svg%3E
  • Setelah muncul kotak kecil, pada kolom tulisan yang tersedia kamu dapat menuliskan “ncpa.cpl” dan pilih “OK”
svg%3E
  • Secara otomatis, layar PC atau laptop kamu akan beralih menampilkan jaringan WiFi yang kamu gunakan. Pilih nama WiFi yang sedang digunakan, kemudian klik kanan dan pilih opsi “Status”
svg%3E
  • Lalu tampilan informasi status WiFi akan muncul seperti cara sebelumnya. Kamu dapat memilih opsi “Wireless Properties
svg%3E
  • Lalu pada opsi di bagian atas kamu dapat memilih “Security” dan pilih kolom “Network security key”, kemudian centang kotak pada tulisan “Show characters” untuk menampilkan kata sandi WiFi yang sedang terhubung pada PC atau laptop Windows 10 kamu

Cara kedua ini juga bisa dilakukan dengan cepat dan praktis karena hanya perlu melewati control panel saja.

3. Menggunakan Powershell Command

Untuk cara lainnya, kamu dapat menggunakan perintah dari Powershell, yaitu Network Shell agar dapat mengetahui berbagai informasi detail seputar jaringan internet yang terhubung, seperti kata sandi WiFi yang digunakan.

Kamu juga dapat mengetahui seluruh kata sandi yang pernah terhubung dengan PC atau laptop kamu dengan menggunakan cara ini. Namun jika kamu telah menggunakan opsi “Lupakan” untuk melupakan detail jaringan maka cara ini tidak berfungsi.

  • Klik kanan pada logo Windows yang terdapat di layar PC atau laptop Windows 10 kamu, dan pilih opsi “Powershell Command
svg%3E
  • Kemudian tuliskan netsh wlan show profiles lalu klik enter untuk melihat seluruh jaringan WiFi yang pernah terhubung dengan laptop atau PC kamu
svg%3E
  • Pilih nama WiFi yang ingin kamu ketahui. Setelah itu kamu dapat menuliskan perintah netsh wlan show profile “name=wifiname” key=clear. Contoh perintah yang saya tulis adalah netsh wlan show profile “name=MY ASUS” key=clear lalu klik enter
svg%3E
  • Pada bagian key content, kamu akan menemukan password WiFi tersebut
svg%3E

Cara ketiga ini bisa kamu lakukan bila ingin melihat seluruh password yang pernah terhubung juga di laptop atau PC kamu.

Baca Juga:  Cara Menghapus Recent Files di Windows, Jaga Privasi Komputer Tetap Aman!

4. Memanfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga 

Kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga agar dapat melihat seluruh jaringan yang tersimpan beserta kata sandinya dalam satu tempat. 

Jika kamu sering membutuhkan kata sandi WiFi agar tidak lupa, maka kamu dapat menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Karena dengan satu kali klik, maka kamu dapat melihat seluruh data tersebut.

Salah satu rekomendasi aplikasi pihak ketiga adalah WirelessKeyView dari NirSoft. Nantinya software ini akan menghasilkan.file zip, sehingga kamu perlu mengekstrak file terlebih dahulu.

Kemudian setelah aplikasi terinstal, kamu dapat mencari jaringan WiFI beserta kata sandinya. Untuk melihat secara detail, klik dua kali pada jaringan yang ingin kamu ketahui.

5. Lewat Router Web Interface

Untuk cara ini, kamu perlu menggunakan alamat IP router untuk mengakses web interface agar dapat melihat kata sandi pada jaringan WiFi tersebut.

Namun setiap router memiliki alamat yang berbeda untuk mengakses web interface, sehingga tergantung pada produsen router.

Biasanya terdapat opsi untuk mengubah kata sandi dan melihat kata sandi. Kamu perlu untuk mencari pengaturan nirkabel atau opsi pengaturan WiFi. Kemudian di dalamnya tersedia opsi untuk kamu melihat kata sandi WiFi yang pernah terhubung.

6. Mengecek Bagian Bawah Router

Jika kamu tidak mengubah kata sandi pada WiFi yang digunakan, maka kemungkinan besar kata sandi default tersebut tersedia pada bagian belakang atau bawah router.

Kamu dapat mencari router dan melihat apakah ada kata sandi pada router tersebut. Biasanya kata sandi default memiliki 8 digit.

7. Reset Router 

Cara terakhir, kamu dapat mereset atau menyetel ulang router. Sehingga kata sandi WiFi pun akan ikut diatur ulang. Kamu dapat mencari tombol reset pada router, lalu menahan dan menekan tombol tersebut selama 5-10 detik.

Baca Juga:  Cara Memperbesar Suara Laptop Hingga di Atas 100% dengan Fitur Loudness Equalization

What’s Next 

Begitulah cara melihat password WiFi di Windows 10 yang bisa kamu coba. Setelah mengetahui cara di atas jangan lupa untuk berbagi dengan teman dan kerabatmu yaa, agar mereka juga tahu caranya.

Jika memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin dibahas, tulis di bagian kolom komentar, ya. Nantinya kita bisa berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan kedepannya.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.