Cara Melihat RAM Laptop Windows dan Penggunaannya

cara melihat ram laptop windows

Ada saatnya ketika kita ingin mengetahui kapasitas RAM dan penggunaannya di komputer. Entah saat meminjam laptop teman, atau ketika laptop gebetan tiba-tiba lemot. Tidak ada salahnya melakukan cek kan? Nah, berikut ini cara melihat RAM laptop atau komputer Windows 10 beserta program yang menggunakannya.

Selain berguna saat ada kendala, mengetahui RAM laptop atau komputer juga berguna kalau kamu berniat melakukan upgrade. Sehingga kamu bisa memperkirakan kebutuhanmu.

Kalau ada kendala, misalnya laptop lemot, kamu bisa melihat jumlah total RAM dan bisa melihat program apa saja yang menggunakannya secara berlebihan. Jadi kamu bisa memutuskan apakah program itu perlu ditutup atau tidak.

Sebelum ini, kami pernah membahas soal cara melihat spesifikasi umum laptop. Kali ini kita coba melihat RAM laptop atau komputer secara lebih spesifik.

Melihat RAM Laptop/Komputer Melalui Task Manager
  1. Di desktop, tekan tombol keyboard Alt + Ctrl + Delete.
  2. Tekan pilihan Task Manager.
  3. Klik tab Performance yang ada di bawah Menu.
  4. Klik Memory yang ada di sidebar kiri.
  5. Kamu akan melihat informasi RAM
    • Jumlah total RAM: Di sebelah kanan atas dan di sidebar,
    • Jumlah RAM yang terpakai: Di sidebar dan di bawah grafik penggunaan.

melihat ram laptop task manager

Melihat Penggunaan RAM di Resource Monitor

Kalau kamu ingin mengetahui informasi lebih detil tentang program yang memakai RAM, kamu bisa melihatnya di Resource Manager.

Caranya, di Task Manager tadi, klik tombol Open Resource Manager di bagian bawah. Kalau kamu ada di desktop, bisa juga dengan tekan tombol keyboard Windows + R, lalu ketik Resmon.exe, dan tekan Enter. Kemudian pilih Memory dari tab di bawah Menu.

melihat ram di resource manager

Di bagian Processes, kamu bisa melihat berbagai program yang menggunakan RAM.

  • Image: Menunjukkan nama berkas yang melakukan proses.
  • PID: Menunjukkan nomor identitas unik (Process ID) dari program bersangkutan.
  • Hard Faults/Sec: Menunjukkan jumlah rata-rata penggunaan media penyimpanan (Page File/Virtual Memory) sebagai tambahan dari RAM (ketika program itu memakai RAM lebih dari seharusnya)
  • Commit: Menunjukkan Virtual Memory yang disediakan oleh Sistem untuk proses bersangkutan.
  • Working Set: Menunjukkan jumlah Physical Memory (RAM) yang dipakai dalam sebuah proses oleh sebuah program.
  • Sharable: Menunjukkan jumlah Physical Memory (RAM) yang digunakan oleh sebuah proses dan digunakan pula oleh proses lain.
  • Private: Jumlah Physical Memory (RAM) yang digunakan oleh sebuah proses dan tidak digunakan oleh proses lain.

Di bagian Grafik di sebelah kanan, kamu bisa melihat cerminan proses penggunaan RAM (Physical Memory), Commit, dan Hard Fault dari total tabel Process.

Grafik Physical Memory di bagian bawah menunjukkan pembagian penggunaan RAM.

  • Hardware Reserved: Menunjukkan jumlah RAM yang disediakan untuk memproses kinerja perangkat keras (hardware).
  • In Use: Menunjukkan jumlah RAM yang dipakai oleh sistem, driver, dan berbagai proses dari program. Bagian ini tampil dinamis bersama bagian Modified, Standby, dan Free.
  • Modified: Menunjukkan jumlah RAM yang berisi data yang berubah tapi belum diakses kembali. Jadi secara teknis tidak dipakai, tapi siap digunakan ketika dibutuhkan.
  • Standby: Menunjukkan jumlah RAM yang berisi data yang sudah dihapus dari proses, tapi masih terhubung dengan program bersangkutan.
  • Free: Menunjukkan jumlah RAM yang belum terpakai.

Nah, itulah cara melihat RAM laptop atau komputer Windows beserta penggunaannya. Harap diingat, ada kesalah pahaman soal kinerja RAM. RAM yang kosong berarti tidak berguna atau sistem tidak optimal. Karena RAM yang penuh berarti RAM siap memberikan data ketika dibutuhkan. Dengan begitu kinerja konputer lebih cepat.

Kinerja komputer bisa jadi lemot karena RAM terlalu penuh (ada program yang “memaksa” memakai berebihan) dan harus menggunakan Virtual Memory (Hard Fault). Proses transfer bolak balik dari RAM ke Virtual Memory (dan sebaliknya) inilah yang biasanya memperlambat konerja komputer.

Jadi silakan perhatikan program yang tiba-tiba terlalu boros saat kamu melihat RAM laptop atau komputer. Kamu bisa menguji membuka program sebanyak mungkin dan melihat jumlah pemakaian RAM, lalu menutupnya satu demi satu untuk melihat perbedaannya. Semoga membantu.

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.